KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#359 Belanda : Pioneer yang Kreatif

Leave a comment

Oleh Alfonsina Abat Amelenan Torimtubun
belandaBelanda (Koninkrijk der Nederlanden) berarti “Kerajaan Tanah-Tanah Rendah”. Sesuai namanya, daratan Belanda memang terletak di bawah permukaan air laut. Hal yang aneh ketika memikirkan bagaimana bisa negara berada di bawah permukaan air laut? Tapi inilah yang terjadi. Pengeringan danau di Beemster tahun 1612 merupakan contoh yang mengagumkan bagaimana bangsa Belanda mampu menciptakan sebagian besar lahan kering di bagian utaa, barat dan barat daya negara mereka. Sebuah bendungan sepanjang 38 km dibangun di sekeliling danau dan ditengah bendungan tersebut digali lingkaran kanal yang berfungsi untuk mengalirkan air sehingga air dapat tertampung di bendungan. Air ini berasal dari air danau yang dipompa oleh 43 kincir angin. Kincir angin tersebut dimanfaatkan untuk memompa air ke permukaan yang lebih tinggi, sehingga danau menjadi surut dan didapatkan daratan yang kering dari air. Tak heran bila lahan Beemster tercatat dalam Daftar Pusaka UNESCO.
15

Hal lain yang terkenal dari Belanda adalah bunga tulip. Negeri Belanda terkenal sebagai negeri bunga tulip. Tulip merupakan tumbuhan tahunan berumbi dengan tinggi antara 10 hingga 70 cm. Bunga yang bermekaran setiap bulan Mei ini, memiliki 6 mahkota dengan aneka warna yang indah.  Karena keindahannya, bunga tulip menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Belanda dan sempat menjadi barang keempat terbanyak yang diekspor Belanda pada tahun 1696. Pada tanggal 20 Maret hingga 20 Mei setiap tahunnya selalu diadakan festival bunga di Keukenhof, Lisse, Belanda. Lebih dari empat juta tulip dipamerkan di festival bunga ini. Festival bunga ini termasuk dalam lima festival terbaik di dunia versi CNNGO.

tulip

Walaupun Belanda terkenal sebagai negeri kincir angin dan negeri bunga tulip, tetapi kincir angin dan bunga tulip ternyata tidak berasal dari Belanda. Lalu darimana asal kedua benda tersebut? Kincir angin pertama kali ditemukan di Persia pada abad ke tujuh masehi dengan cara kerja yang masih relatif sederhana. Kincir angin pada jaman itu masih digunakan untuk membelah kayu, mengangkut air hingga menggiling jagung. Sedangkan bunga tulip berasal dari Turki. Tulip sendiri berasal dari bahasa Persia, delband, yang berarti turban karena bentuknya menyerupai turban.

Walaupun banyak orang terlebih dahulu menemukan sesuatu, tetapi seseorang yang kreatif dan berdaya juang keras memiliki kemampuan

antonimenganalisa dan mengatasi masalah dengan cara berbedalah yang akan menjadi pioneer. Sama halnya dengan Belanda. Belanda mampu membuat kincir angin yang semula hanya digunakan untuk membelah kayu, mengangkut air dan menggiling jagung menjadi tenaga penggerak untuk mengeringkan daratannya. Selain itu, kincir angin ini juga dimanfaatkan sebagai penghasil energi alternatif yang ramah lingkungan, seperti di Lelystad, Flevoland hingga Belanda mampu menduduki 10 negara terbesar penghasil energi terbarukan. Ada pula, Antoni van Leeuwenhoek yang menemukan mikroskop dengan kapasitas pembesaran 270 kali. Walaupun mikroskop telah ditemukan sebelumnya oleh ilmuwan Jerman, namun Antoni mampu mendobrak dunia mikrobiologi dengan banyak menemukan mikroorganisme yang tidak dapat diamati oleh mikroskop sebelumnya. Berkat jasa Antoni, ilmu pengetahuan semakin maju dan memunculkan berkembangnya ilmu-ilmu baru di bidang biologi. Begitu pula dengan tulip, walaupun dari Turki, Belanda mampu menjadikan tulip sebagai barang keempat terbesar yang diekspor Belanda. Belanda mampu mencitrakan dirinya dengan sesuatu yang bukan berasal dari negerinya sendiri. Inilah kelebihan Belanda. Kelebihan yang membuatnya menjadi pioneer.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s