KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#357 Mengenal Belanda lewat Warna Oranye

Leave a comment

Oleh Endah Kartika Lestari 

Pasti banyak orang akan bertanya, why do the Dutch people have such a strong relationship with the colour Orange? Bukankah warna bendera Belanda itu merah, putih, dan biru? Yes. That’s true. Merah, putih, dan biru adalah warna bendera Belanda, tapi oranye merupakan warna nasional dari Belanda. Warna oranye dipilih sebagai tanda penghormatan kepadaWilliam IPrince of Orange yang merupakan pemimpin perjuangan kemerdekaan Belanda atas Spanyol tahun 1648 serta simbol kebanggaan dan kesatuan Belanda.
Gambar 1. Wiliiam of Orange ,www.artrenewal.org
Lihat saja, timnas sepak bola Belanda juga menggunakan baju warna orange sehingga mereka sering disebut tim ‘Oranje’, dan jika Anda sedang berada di Belanda pada tanggal 30 April,that’s the Queen’s Day, and all people dressed in Orange!

Gambar 2. Timnas Belanda,sportales.com
Gambar 3. Pendukung Timnas Belanda, http://www.netherland s.worldcupblog. org
Gambar 5.Perayaan Queen’s day di Amsterdam
Gambar 4.Perayaan Queen’s day,www.dutchamsterdam.nl
Ada lagi yang menarik dari warna oranye. Kita dapat mengenal karakter bangsa Belanda melalui warna kebanggaannya itu. Warna dapat mempengaruhi karakter manusia. Dalam psikologi warna, warna oranye dikenal memiliki tiga karakter yaitu : kreatif, ambisius, dandinamis. Ternyata karakter itu juga sesuai dengan bangsa Belanda. Nggak percaya? Ini dia faktanya.
Kreatif

Warna oranye dapat menstimulasi kreativitas seseorang. Bagaimana dengan Belanda? Belanda tidak pernah lepas dari kata kreatif. Dari dulu hingga sekarang berbagai penemuan mutakhir telah diciptakan oleh bangsa Belanda. Nama-nama seperti pelukis Vincent van Gogh, bapak Hukum Internasional Modern Hugo Grotius, duo perancang Viktor & Rolf, dan arsitek terkenal Rem Koolhaas merupakan pelopor di berbagai bidang yang berhasil membuktikan bahwa Belanda adalah bangsa yang kreatif. Baru-baru ini tim mahasiswa dari Belanda yang menang dalam kompetisi “World Solar Challenge” di Australia telah berhasil menerapkan teknologi sel surya terbaru dalam menciptakan mobil tercepat. Selain itu ada Moses Bridgekarya RO&AD Architecten yang berhasil menjadi pemenang Building of the Year Awards 2011kategori fasilitas publik. Masih banyak lagi penemuan terbaru yang dihasilkan bangsa Belanda yang tak terhitung jumlahnya. Hal ini membuktikan bahwa bangsa Belanda adalah bangsa yang gemar berinovasi. No doubt for it!

Gambar 6. Moses Bridge di Hlesteren
Gambar 7. World Solar Challenge,www.trendsupdates.com
 Ambisius

Orange, it seems, may be the best color choice for the competitive player”, Michael Patrick Shiels.

Selalu memiliki ambisi yang besar adalah ciri lain dari warna oranye. Belanda merupakan negara yang ambisius dalam segala hal. Mereka adalah bangsa yang pantang menyerah dan memiliki semangat tinggi dalam mencapai target kemajuan. Mengubah keterbatasan menjadi kelebihan merupakan ciri khas bangsa Belanda. Misalnya Delta Works sebagai solusi dari permasalahan Belanda yang hampir keseluruhan merupakan dataran rendah. Bendungan tersebut merupakan salah satu kontruksi tercanggih di dunia, sehingga menjadi daya tarik wisata bagi turis asing untuk berkunjung ke Belanda. Kalau kita bertemu dengan orang Belanda saat menemukan masalah, mereka pasti akan berkata “Make a move!”

Gambar 8.Beberapa bendungan dalam Delta Works
http://www.deltawerken.com/Deltaworks/23.html
Dinamis

Belanda selalu dapat menghadapi tantangan dan produktif dalam menciptakan hal-hal baru. Belanda juga merupakan bangsa yang terbuka. Terbukti saat ini ada sekitar 81.700 mahasiswa internasional yang tersebar di berbagai perguruan tinggi Belanda. Ini menunjukkan bahwa Belanda selalu menangkap peluang dan potensi yang dapat mendorong kemajuan agar tidak tertinggal dari negara-negara lainnya. 
Gambar 9. .www.iie.org/en/Services/Project-Atlas/Netherlands
Gambar 10. Mahasiswa Internasional di Belanda, http://www.iscnetherlands.nl
  Kreatif, ambisius, and dinamis merupakan karakter warna oranye yang juga mempengaruhi karakter bangsa Belanda. Ketiga karakter itu pula yang membuat Belanda dikenal sebagai negaranya para pelopor di berbagai bidang. So, what’s your colour?
Referensi
All about the Color Orange, http://www.sensationalcolor.com/color-messages-meanings/color- meaning-symbolism-psychology/all-about-the-color-orange.html
The Dutch and the color Orange : How Orange is Linked to the Netherlands ,
Fakta Menarik, http://www.nesoindonesia.or.id/sistem-pendidikan/fakta-menarik Building of the year awards 2011, http://www.archdaily.com/building-of-the-year/2011/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s