KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#355 Dutch SMEs: Small Body, Big Role

Leave a comment

Oleh Edwin Akbar Lubis 

Ya, mungkin kalimat itulah yang sepertinya pantasdisematkan kepada sektor industri Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Bagaimana tidak,sektor ini telah terbukti survivedikala krisis ekonomi melanda. Contoh mudah saja apa yang dialami Indonesia,UKM tidak hanya mampu bertahan melainkan berubah menjadi sosok pahlawan yangmampu menopang perekonomian Indonesia dikala sedang melambaikan pertolongan.

And now we come to the question, how this industry works in the Netherlands? And whythe Netherlands?

Just read completely, i try to answer thosequestions. Berdasarkan data dari SmallBusiness Act Fact Sheetsyang dikeluarkan oleh European Commission [1]menunjukkan bahwa industri UKM terasa sangat spesial di Belanda. Data-data yangdikeluarkan memperlihatkan bahwa Belanda merupakan negara terdepan dalampengembangan industri UKM di Eropa. Bagaimana tidak, sebesar 99,7% dari totalseluruh perusahaan Belanda bergerak pada industri UKM, menampung sebanyak 65,4%dari seluruh tenaga kerja, serta menyumbang 63,2% dari Produk Domestik Bruto.Wow! angka-angka yang mampu melebihi rata-rata negara anggota European Union.

Di bawah ini saya akan coba rangkum beberapa faktormengapa UKM bisa sangat berperan dalam perekonomian Belanda.

1.    Entrepreneurial Spirit

Genius is 1% inspiration, and 99%perspiration – Thomas Edison

Saya gunakan kutipan diatas untuk menggambarkansemangat kewirausahaan masyarakat Belanda, dimana menjadi wirausaha merupakan first career choice mereka. Wirausahasebuah perintis pembaharuan, mereka tidak hanya menunggu datangnya insipirasimelainkan berpeluh untuk mendapatkan resolusi. Semangat kewirausahaan inilahyang terus dipelihara melalui keterlibatan langsung pengusaha dalam penelitiandan program pendidikan.

  

2.    Policy

Apalah arti semangat usaha yang tinggi tanpadidukung kebijakan pemerintah yang memadai. Pemerintah Belanda dengan sangatjeli memperhatikan kondisi ini. Kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah Belanda mempermudahsetiap pelaku UKM untuk tumbuh berkembang. Kesederhanaan beban administrasisampai dengan insentif pajak diberikan pemerintah Belanda guna mendukungkegiatan UKM. Tidak hanya itu, Pemerintah Belanda membuat gagasan denganmenyediakan dana sebesar 15 juta euro untuk menstimulasi para pelajar agarberwirausaha. Insentif berupa studentloan diberikan apabila usaha yang dirintis telah memperoleh profit sampaidengan akhir masa studi. Kebijakan yang dirintis oleh pemerintah Belandadititikberatkan kepada inovasi, dimana akan diberikan pembiayaan kepada usahayang mengedepankan penemuan dengan nilai komersial yang tinggi.

 

3.    Environment

The last but not least, apapun bentuknyaorganisasi usaha akan selalu dihadapkan pada lingkungan. Khusus mengenailingkungan eksternal, Belanda memiliki lingkungan usaha yang kondusif sertainfrastruktur yang memadai. Maka tidak heran mengapa Belanda memiliki reputasisebagai negara perdagangan. Akses yang dimiliki UKM untuk berpartisipasi dalamtender pengadaan barang dan jasa terbuka lebar. Pada tahun 2012, pemerintah Belandamembuat website mengenai pengadaan barang dan jasa pemerintah [2] sehingga informasi mengenai proyekpengadaan semakin mudah untuk diperoleh. Mudahnya pengurusan ekspor maupunimpor, membantu UKM Belanda untuk meraih pasar di luar negeri.

 

Dengan populasi yang hanya 1/15 dari populasi Indonesia,Belanda mampu menduduki peringkat ke-17 sebagai negara dengan perekonomiantebesar di dunia [3].Bagaikan sebuah peribahasa “berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”, UKMBelanda mampu memikul beban perekonomian yang berat sekalipun. Ternyata tidakdibutuhkan berbadan besar, melainkan badan yang kecil pun juga mampu hanyaapabila dilakukan bersama-sama. Bagaimana dengan Indonesia? Kini sudah sampai saatnya.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s