KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#354 Indah, Inovasi tiada henti!

Leave a comment

Oleh Naskar 

Jika kita melirik benua Eropa, sangat sulit untuk mengedepankan satu negara tertentu dalam hal tertentu karena sepertinya negara-negara yang ada di eropa merupakan negara-negara yang maju. Namun, jika melihat lebih jauh kedalam negeri bunga tulip, Belanda, kita akan menemukan banyak sekali hal yang sulit dijumpai di negara-negara eropa lainnya, termasuk hal yang Belanda merupakan pemrakarsanya.
Sebut saja sistem transportasinya. Meskipun sepeda berasal dari Jerman, namun saat ini Belanda menduduki posisi pertama sebagai negara dengan jumlah pengguna sepeda terbanyak di dunia. Menyadari hal tersebut, pemerintah Belanda merespon positif untuk memberikan dukungan tidak hanya sekedar kata-kata tapi juga berupa dukungan fisik yaitu pembangunan infrastruktur yang berhubungan dengan kemudahan para pengguna sepeda. Lihat saja, teknologi glow in the dark yang sangat heboh. Sementara negara lain di dunia disibukkan dengan isu kemacetan yang tak kunjung usai, pemerintah Belanda justru fokus menemukan solusi praktis dari setiap tantangan yang dihadapi negaranya.
glow in the dark! Jalan di Belanda dilengkapi dengan penanda/pembatas yang memendar di malam hari.
Dalam Hak Asasi Manusia (HAM), adalah Belanda yang juga merupakan negara pertama yang melegalkan pernikahan sejenis tepatnya pada 31 Maret, 2000. Memang pernikahan sesame jenis adalah hal yang tabu alias tidak biasa di dunia ini namun alih-alih mempermasalahkan isu yang berhubungan dengan perasaan tersebut, lagi-lagi pemerintah Belanda memberikan hak penuh kepada setiap warganya bahkan warga negara lain untuk melakukan apapun yang menjadi keinginan mereka selama itu tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Ini bukan berarti dukungan untuk pernikahan sesama jenis tapi harusnya negara lain mengambil pelajaran dari Belanda tentang bagaimana menghormati hak-hak setiap warga negaranya.
Pernikahan sejenis! Belanda merupakan negara pertama yang melegalkan pernikahan sejenis. Meskipun menuai kontra, namun Belanda sukses dalam memberikan hak kepada setiap warganya.
 Banjir? Mungkin ketika mendengar kata banjir, ada satu negara yang selalu muncul di benak kita. Yah, betul sekali, negara kita sendiri. Rupanya, keadilan Tuhan benar-benar tampak dalam urusan air dan tetek bengeknya di Belanda. Bagaimana tidak? Hampir separuh dari Negara Belanda berada kurang dari 1 meter dpl. Namun, dari keterbatasan geografis tersebut, Belanda justru membuat inovasi di bidang penanggulangan banjir dan pembangunan bendungan. Reklamasi, yang disebut Polder, berhasil membuat daerah perairannya menjadi lebih bermanfaat bagi warganya. Tidak hanya itu, konsep rumah terapung pun juga berkembang sebagai integrasi dari reklamasi daerah rendah di Belanda. Konsep-konsep yang diterapkan di Belanda memang selalu holistik, mencakup semua bidang sampai yang sekecil-kecilnya. Bandingkan saja dengan negara lainnya yang merupakan sahabat sejati dari banjir, Indonesia misalnya. Warga di beberapa daerah bukannya menjadikan banjir itu sebagai sebuah masalah tapi justru menikmati dan menjadikannya sebagai sesuatu yang memang “harus” terjadi setiap tahunnya. Sungguh ironis jika dibandingkan dengan kondisi geografis Indonesia yang sangat menguntungkan.
Sistem Polder yang mengantarkan Belanda menjadi negara paling kreative dalam menangani masalah banjir dan daerah rendah.
 Di bidang antariksa? Well, sudah banyak negara yang melakukan penelitian tentang planet merah, Mars, namun belum ada yang nekat untuk mengirimkan awak manusia kesana. Salah satu kabar antariksa yang paling heboh saat ini adalah rencana seorang entrepreneur, Bas Lansdorp, 35 tahun, dari Belanda untuk mengirim sekelompok manusia ke Mars. Dia menamakan mega proyek ini dengan Mars One. Luar biasanya, calon astronotnya diseleksi secara globar seperti di reality show yang ada di tv. Meski banyak yang mengatakan bahwa Bas Lansdorp tidak mengerti permasalahan apa saja yang mungkin muncul dalam proyek ini, namun dia tetap optimis akan mewujudkannya pada tahun 2022.
Mega proyek Mars One yang rencananya akan diwujudkan pada 2022.

Belanda, benar-benar inovasi yang tidak pernah padam.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s