KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#353 Be A Different Pioneer By Doing More With Less

Leave a comment

Oleh Lorensia Berlian Br Brahmana

Tampil beda adalah starting point pertumbuhan ide-ide kreatif dan inovatif.

Tampil beda adalah turning point pendobrak keterbatasan.

Tampil beda adalah selling point perwujudan figur pioneer.

Ternyata, Belanda adalah sebuah negara kecil yang berpikiran besar. Keterbatasan wilayahnya menuntut negeri kincir angin tersebut untuk berani tampil beda dalam mewujudkan mimpi besarnya.

Doing more with less

Dengan keterbatasan wilayah, Belanda tampil beda dengan prinsip doing more with less. Menggunakan sedikit lahan dengan lebih efisien menjadikan Belanda unggul dalam bidang pertanian dan produksi pangan. Bayangkan, dengan luas wilayah hanya 41.526 km2, Belanda mampu mencetak prestasi sebagai negara exportir produk agri-food kedua terbesar di dunia. Prestasi gemilang lainnya diperoleh Amsterdam sebagai the largest cocoa port in the world.

‘Beeter’ adalah jenis makanan Belanda yang terbuat dari sayur-sayuran berprotein. Makanan ini tampil beda dari makanan berbahan sayur lainnya karena menghasilkan struktur dan rasa seperti daging ayam setelah diolah. Prinsip eat more protein with less meat telah membawa perusahaan yang mengolah ‘Beeter’ menjadi piooner yang mendapatkan SME Innovation Award.  

Dalam bidang teknologi Belanda merupakan piooner yang solutif terhadap permasalahan kelangkaan energi.

Nereda™ adalah sebuah teknologi pengolahan air yang digunakan untuk mengatur penggunaan air secara efisien. Teknologi ini dikembangkan oleh Delft University of Technology dan STOWA, sebuah institusi Belanda yang meneliti penggunaan air. Berbeda dengan teknologi pengendap konvensional, Nereda™ menggunakan footprint tidak lebih dari 25 % sehingga penggunaannya lebih simpel. Kombinasi pemisahan nitrogen dan posfat pada teknologi ini sangat dapat menghemat biaya karena tidak mengkonsumsi energi, bahan material, dan kimia yang terlalu banyak. More effectively waste water with less cost adalah manfaat utama dari teknologi ini.

Dalam dunia akademis, Belanda berdiri dengan tujuan more internationally with less misunderstanding. Belanda adalah negara yang berorientasi internasional dalam menemukan solusi inovatif terhadap permasalahan sehari-hari termasuk dalam dunia pendidikan. Kurangnya pemahaman akan suatu bahasa menjadikan hambatan dalam menggali makna ilmu pengetahuan secara lebih mendalam. Oleh karena itu, sejak tahun 1990 Belanda berani tampil beda sebagai pioneer pertama di benua Eropa yang menggunakan bahasa inggris di dunia pendidikan.

Belanda juga berada di garis depan dalam bidang kesenian dan budaya dengan menampilkan more events with less talk. Berbeda dari cara promosi pada umunya, event-event ini berbicara pada dunia bahwa Belanda telah menjadi pioner yang memberikan sumbangsih terhadap kebudayaan internasional. The Dak’Art biennial merupakan event internasional rintisan Belanda yang merupakan modal yang memperkaya kebudayaan Eropa. Dijkdoorbraak and the Dutch Chamber Music Meeting, sebuah event yang dilaksanakan oleh Muziek Centrum Nederland menjadikan kesenian musik Belanda sangat diperhitungkan dalam peta permusikan. Beberapa event lainnya yang menjadi selling point bagi reputasi Belanda adalah Holland Art City, Royal Concertgebouw Orchestra, Art Amsterdam, Holland Festival, dan Grachten festival. 

Prestasi dan inovasinya telah menjadikan Belanda sebagai negara pioneer dalam memberikan solusi terhadap pemenuhan kebutuhan pangan, kelangkaan sumber air dan energi, serta pengelolaan kebudayaan. Keberanian untuk tampil beda dan pengoptimalisasian apa yang ada adalah turning point Belanda dalam mendobrak keterbatasan untuk mencapai impiannya.

 Dare to be different, Dare to be Pioneer.

Referensi

EVD, Environmental Technology. 2006. Waste processing Soil Remediation water technology. Netherland: Ministry of Economic Affairs.
http://vorige.nrc.nl/article2187638.ece
http://www.artdaily.com/index.asp?int_sec=11&int_new=34948&int_modo=2#.UYOXHiHzno8
www.hollandtrade.com
http://vorige.nrc.nl/article2187638.ece
http://www.amsterdam.info/events/
www.rnw.nl/english/radioprogramme/live
http://www.artdaily.com/index.asp?int_sec=11&int_new=34948&int_modo=2#.UYOXHiHzno8
http://www.amsterdam.info/events/art-amsterdam/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s