KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#341 Kapsul Kehidupan Luar Angkasa, Objek Wisata Planet Mars #NetherlandsPioneer

Leave a comment

Oleh Finatrie Yolanda Tarigan  

“we choose to go to the moon not because it is easy, because it is hard”Jhon F. Kennedy

Barangkali kalimat inilah yang menjadi motivasi “Mars One”, sebuah perusahaan nirlaba dari Belanda untuk membuat misi yang bisa dibilang “gila”. Ketika pendaratan manusia di Bulan sudah ditaklukkan, kini giliran planet merah yang menjadi sasaran utama para penjelajah luar angkasa ini.  Planet yang masih menyimpan misteri dan belum memilih manusia menjadi sahabatnya karena tentu ‘tidak mudah’ untuk menaklukkan hati si merah.  Belum pernah ada manusia yang pernah berkunjung ke Planet Mars. Namun, sepertinya hal itulah yang menjadi acuan tim “Mars One”, mengartikan kalimat motivasi  Jhon F. Kennedy tersebut  menjadi“we choose to go to the mars not because it is easy, because it is hard”.

Mars One, How is this possible?

Mars One merupakan perusahaan swasta yang menggeluti proyek penerbangan luar angkasa Belanda.  Mars one dipimpin oleh seorang entrepreneur Belanda, Bas Lansdorp M.Sc.  Lansdorp memperoleh gelar Master of Science in Mechanical Engineering dari Twente University pada 2003.  Lansdorp yang pernah bekerja di Delft University of Technology ini mempunyai misi untuk membentuk koloni manusia pertama penghuni Planet Mars.  Pemikiran Lansdorp tersebut tidak hanya menjadi mimpi semata, pada Maret 2011 Ia mulai membangun mimpinya dengan membentuk tim dan menyusun rancangan proyeknya, pada 2012 Mars One Team mengumumkan rencananya pada dunia tentang pembuatan kapsul kehidupan untuk koloni manusia yang akan hidup di Mars.  Ternyata… rencana ‘gila’ tersebutmendapat dukungan dari berbagai pihak seperti  ilmuwan, insinyur, pengusaha danperusahaan aeropace dari seluruh dunia.

“If you can dream it, you can do it – Walt Disney”

 

 

 ACT as if what you do makes a difference. It does – William James

Rancangan Misi Mars One:

(2013 : Replika pemukiman akan dibangun untuk tujuan pelatihan)

(2014: satelit komunikasi pertama akan diproduksi.  Juli 2015 proses seleksi astronot selesai)

(2016 : supply Mission akan diluncurkan ke Mars )

(2018 : Kendaraan explorasi diluncurkan untuk pemilihan lokasi yang ideal untuk pemukiman)

(2021 : Enam Dragon capsules (tempat bermukim) dan rover lain akanditempatkan di Mars)

(2022 : produksi air, oksigen, dan atmosfir di Mars sudah selesai, Pada september 2022 empat orang astronot akan diluncurkan dalam perjalanan ke Planet Mars)

  (2023 :Manusia pertama yang menginjakkan kaki di Mars! Wohooooooo!!!)

Nothing is impossible, the word itself says “I’m Possible” – Audrey Hepburn

Menjadi pionir dalam membuat pemukiman dalam kapsul kehidupan di planet merah ini dikemas sangat apik oleh Mars One Team dengan menghadirkan acara TV Reality Show ala Big Brother dimana pemenangnya tidak disuguhkan dengan uang tunai miliaran rupiah, kendaraan mewah, tempat tinggal elite ataupun paket wisata keliling dunia.  Mars One akan memberikan hadiah yang belum pernah diberikan acara TV manapun diseluruh dunia.  Empat orang pemenang reality show itulah yang akan menjadi astronot perjalanan wisata luar angkasa dan menetap di Planet Mars.  Bisa dibilang acara ini cukup tidak masuk akal, adakah yang berminat??? Ternyata..sudah ada 30.000 orang yang  menyatakan bahwa mereka siap menghuni Mars dan membangun koloni manusia pertama di sana. WOW! So, Anda merasa bosan dengan Bumi? you’ve got the answer   – Mars One Project

 #NufficNesoIndonesia #MarsOne #NetherlandsPioneer #Kompetiblog2013

Referensi

http://mars-one.com/en/mission/summary-of-the-plan
http://www.fimela.com/read/2013/05/02/reality-show-terbaru-dengan-hadiah-tinggal-di-mars-berminat
http://en.wikipedia.org/wiki/mars_one

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s