KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#340 The C-FACTOR, Sukses Membuat Belanda Juara di Tengah Paradoks

Leave a comment

Oleh Grace Maria Sininta Simorangkir

Gambar

Penelitian UNDP mengatakan bahwa Belanda terpilih sebagai enam tempat terbaik untuk tinggal atau the most desirable places to live. Selain itu, Belanda tidak pernah absen dalam menciptakan sesuatu yang baru di bidang ekonomi, seni, arsitektur, pendidikan, teknologi, lingkungan dan fashion.

Namun, yang kita semua tahu, Belanda adalah negara yang berada di bawah permukaan laut di mana hampir 55% dari wilayahnya berada di bawah air. Bagaimana mungkin negara yang bisa tenggelam sewaktu-waktu menjadi the most desirable places to live dan perintis hal baru dalam segala bidang?

Paradoks ini mungkin hanya bisa berbuahkan keberhasilan di Belanda karena Belanda punya C-Factor atau Creativity Factor.

C-Factor ini muncul karena rasa resah dan rasa bahagia yang muncul di saat bersamaan. Lagi-lagi muncul paradoks di sini. Keresahan karena keterbatasan geografis,yang membuat Belanda kerap kali dilanda banjir besar rupanya menuntun Belanda menciptakan solusi dan metode baru untuk mengatasi masalah ini, seperti tercermin dalam pengertian kreativitas berikut :

Creativity is an ability to produce something new through imaginative skill, whether a new solution to a problem, a new method or device or a new artistic object to form               

  -Merriam Webster Dictionary-

 

C-Factor ini pun tertuang dalam karya pertamanya yang belum pernah dilakukan negara lain di masa lampau. Pada tahun 1927 Belanda sudah berhasil membangun Bendungan Afsluitdjik, bendungan sepanjang 32 km, lebar 90 m, yang memiliki ketinggian 7,25 m dari permukaan laut. Bendungan ini berhasil menjadi jalan keluar dari masalah banjir besar yang melanda Belanda saat itu.  Bendungan ini pun sudah bisa dimanfaatkan sebagai jalan bebas hambatan dan jalur khusus sepeda

Gambar

Langkah Belanda dalam menaklukan air tak berhenti sampai  Afsluitdjik. Sekitar tahun 1950,dibangun Delta Work yang merupakan tanggul penahan gelombang laut yang terdiri dari 13 bendungan raksasa. Dengan perhitungan dan identifikasi yang tepat,Delta Work ini terbentuk dalam waktu 50 tahun dan berhasil melindungi Belanda dari masalah air sampai saat ini. Lagi-lagi tidak berhenti sampai di sini, di akhir tahun 1990-an, pemerintah kota Belanda membangun Maeslantkering, dua gerbang besar yang bisa dibuka tutup dengan total panjang 600 meter. Maeslantkering ini akan menutup secara otomatis jika tingkat air naik sekitar 3 meter di atas normal.

Gambar

Dari yang awalnya hanya mengatasi masalah geografis yang ada, dengan menciptakan tanggul dan polder, kreativitas Belanda pun meningkat yaitu dengan menciptakan sesuatu yang tadinya tidak ada menjadi ada seperti floating houses serta kanal-kanal yang berfungsi untuk irigasi dan sarana transportasi seperti Herengracht, Prinsengracht, danKeizersgracht.

Gambar

Kreativitas yang meningkat bukan semata-mata disebabkan oleh keresahan. Ada faktor rasa ”cukup” dan ”menerima” apa yang ada, dalam keresahan itu, yang membuat daya mencipta tidak berhenti di satu titik dan terus berjalan mengikuti perubahan keadaan zaman. Lihat saja bagaimana Gallup World Poll Survey tahun 2010 menyatakan bahwa Belanda menempati peringkat ke-5 dalam kategori The World’s Happiest Country.

                 Creativity requires the courage to let go of certainties

–Erich Fromm, 1,001 Pearls of Wisdom-

C-Factor bangsa Belanda ini sejalan dengan pemikiran Erich Fromm. Keresahan sekaligus kebahagiaan yang muncul pada saat bersamaan ini yang memicu dan memacu kreativitas Belanda sehingga menjadi semakin bertumbuh dari hari ke hari.

Referensi
http://www.dutchdailynews.com/the-netherlands-is-one-of-best-places-to-live/
http://property.okezone.com/read/2013/01/25/471/751638/bendungan-pertama-di-belanda-dibangun-1-000-tahun-lalu

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s