KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#338 ABC

Leave a comment

Oleh Surya Gumilar
ABC. Eh awas lho, ini bukan iklan kecap ataupun baterai, ABC adalah tiga huruf yang dapat mewakili strategi suatu permainan yang dikembangkan dari negeri bunga tulip. Penasaran bukan!
A adalah sebuah huruf pertama dalam ejaan alphabet yang merupakan huruf pertama pula dari Ajax Amsterdam. Sebuah klub sepakbola yang bermarkas di kota Amsterdam. Dari kota ini lahir sebuah strategi permainan yang memanjakkan mata penikmat olah raga terpopuler sebumi yaituvoetball (sepakbola). B adalah huruf kedua dalam susunan alphabet yang dapat berarti pula huruf pertama untuk kata Barcelona. Sebuah kota di Spanyol  yang menjadi markas tim sepak bola Barcelona. Tim yang identik dengan strategi permainan “tiki-taka”. C tentunya huruf ketiga dalam alphabet setelah A dan B. Apakah huruf ini terkait dengan A dan B, tentunya iya. Cruyff adalah pemaian legendaris tim orange yang yang sangat populer kiprahnya di dalam perkembangan sepak bola dengan strategi yang tersohor. Apakah itu?
ABC tersebut terangkum dalam dua buah kata yaitu total football. Sebuah pioneer strategi permainan sepakbola yang menekankan pada proses bermain sepak bola yang sebenarnya. Berkembang tahun 1970an di Amsterdam yang diterapkan pertama kali di tim Ajax Amsterdam dan Tim Nasional Belanda. Dasar permainannya adalah tiki-taka seperti yang dapat dilihat pada permainan tim Barcelona sekarang. Johan Cruyyff adalah salah satu pemain pertama yang menjadi elemen penting dalam perkembangan total football. Cruyyff pula yang meletakkan strategi tiki-taka pertama kali di Barcelona semasa kepelatihannya.
Total football mempunyai prinsp mendasar yaitu setiap pemain semestinya dapat bermain dalam setiap posisi. Mereka harus berlari dan berdiri pada posisi yang tidak seharusnya.  Kerjasama tim adalah faktor utama dalam strategi ini.
Prinsip tersebut mengajarkan sebuah filosofi penting bagi setiap manusia yaitu proses. Proses yang tumbuh dari langkah yang terus bergerak untuk terus mencapai tujuan. Langkah-langkah kecil yang terus terbangun secara sistematis, bukan hasil sebuah trial and error. Proses yang menjadikan fokus tujuan sebagai sasaran utama. Proses yang meredam ego setiap individu dengan kebersamaan sebuah tim yang saling menguatkan.
Itulah filosofi yang mendasar dari total football ala negeri kincir angin. Sebuah negeri yang sedang menanti mengecap manisnya mahkota di Brazil 2014 sebagai penghargaan tertinggi untuk apa yang telah dikembangkannya di tahun 1970an.
                 
Totaalvoetbal pioneer strategi permainan yang membuat decak kagum setiap mata memandang.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s