KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#332 Belanda Berteman Lama dengan Sepeda

Leave a comment

Oleh Irene Femi Rahardiani

Kalau bicara tentang Belanda, pasti nggak jauh-jauh dari sepeda. Begitu juga sebaliknya. Terang aja, keduanya memang dikenal telah berdampingan bersama sejak ratusan tahun yang lalu. Buktinya? Di tahun 1910 ada sekitar 450.000 warga Belanda yang memiliki sepeda. Bahkan, angka tersebut naik dua kali lipatnya sembilan tahun kemudian. Kepopuleran sepeda ini muncul karena sepeda dianggap sebagai alat transportasi yang kokoh dan dapat diandalkan pada masa itu. Sepeda juga digemari masyarakat dari berbagai kalangan. Mulai dari buruh, masyarakat kelas menengah sampai sang Ratu pun nggak gengsi menggunakannya.

Ditengah desakan mobil dan moda transportasi modern lainnya, sepeda justru makin digemari. Salah satu ikon Belanda ini pun kini memiliki penggemar yang mencapai 18 juta orang. WOW! Pengguna sepeda pun bermacam-macam, dari anak sekolah, tukang bangunan, hingga bankir pun mengendarai sepeda. Dari beragam latar belakang pengendara sepeda inilah lahir beragam kreasi sepeda dengan beragam fungsi pula.

Mulai dari sepeda yang dirancang menyerupai dan berfungsi sama dengan bus sekolah. Kemudian ada pula sepeda disertai kedai minuman. Unik-unik bukan? Semuanya asli temuan dan bikinan Belanda. Saking unik dan inovatifnya ide ini, sepeda-sepeda ini pun mengglobal. Jangan kaget kalau produk bikinan Belanda ini kita jumpai pula di berbagai belahan dunia.

cats

Lalu gimana bisa Belanda dan sepeda menjaga hubungan yang langgeng hingga kini? Bisa dibilang keduanya bagaikan dua mata rantai yang menjalin hubungan simbiosis mutualisme. Ciah… bahasanya, Biologi banget. Jadi gini, ketika sepeda telah menjadi alat transportasi yang ramah lingkungan. Maka, Belanda mendukungnya dengan menyediakan fasilitas yang nyaman bagi pengguna si roda dua ini.

Sejak era perang dunia pertama, pemerintah Belanda mulai membangun fasilitas-fasilitas pendukung bagi pengendara sepeda. Dari jalur khusus sepeda, jalur penyebrangan jalan, rambu-rambu, hingga jembatan, semuanya dibuat khusus untuk pengguna sepeda. Bahkan sejak tahun 20an, ditetapkan pula beberapa aturan seperti; tiap rumah yang baru dibangun harus memiliki semacam garasi sepeda; dan tiap rumah susun harus memiliki satu area parkir sepeda. Hingga kini fasilitas-fasilitas lain pun terus dikembangkan dan diperlengkap.

first-paddestoel

Baru-baru ini, Belanda berencana untuk kembali memperlengkap fasilitas bagi pengguna sepeda. Pertama, membuat garis marka jalan yang menyala dalam gelap. Ide yang brilian? Jelas! Para pengendara sepeda akan lebih mudah untuk melihat garis marka jalan di malam hari. Ide cerdas ini pun dilirik oleh negara-negara lain seperti Amerika dan India untuk dikembangkan dinegaranya.

_65144877_65144876

Nggak cuma sampai disitu, digagas pula ide untuk membuat penghangat jalan melalui bawah tanah. Aduh gimana lagi tuh? Dan untuk apa pula? Jadi, ketika musim salju tiba, kecelakaan seperti terpeleset, sering terjadi akibat dari jalanan yang licin oleh endapan es. Disinilah penghangat jalan ini bekerja dengan mencairkan salju atau es di jalan. Pastinya, para pengguna sepeda akan merasa aman dan nyaman untuk bersepeda selama musim salju.

f7e2d976f88a77735c9875b36d5eef831354553902Nggak heran kalau Belanda dijuluki rumahnya para biker. Fasilitas yang lengkap memanjakan para pengendara sepeda adalah bentuk apresiasi Belanda terhadap sepeda. Hal ini memang bikin Belanda layak disebut sebagai pionir fasilitas bersepeda kelas dunia.

Sepeda beragam, fasilitas lengkap. Pantas saja hubungan pertemanan Belanda dan sepeda kokoh hingga kini. Iri ya? Kalau gitu, yuk kita mulai membudayakan lagi bersepeda supaya banyak yang concern untuk membenahi fasilitasnya. Buruan… udahan bacanya!

Referensi

http://beta.fool.com/bamckenna/2012/12/17/glow-in-the-dark-smart-roads-netherlands-2013-indi/18775/
http://www.bbc.co.uk/news/world-europe-20041522
http://www.guideholland.com/histbike.html
http://www.mnn.com/green-tech/transportation/blogs/the-pedal-bus-carrying-the-party-faithful-and-party-hoppers-too
http://www.roadsafetygb.org.uk/news/2608.html
http://www.roadswerenotbuiltforcars.com/why-is-cycling-popular-in-the-netherlands-infrastructure-or-history/
http://www.thetimes.co.uk/tto/public/cyclesafety/article3394181.ece

Gambar  “Ratu Juliana dan Pangeran Benhard” : http://www.guideholland.com/histbike.html
Gambar “Sepeda ‘Bus’ Sekolah” : http://www.treehugger.com/bikes/netherlands-kids-take-bicycle-bus-school.html
Gambar “Sepeda Kedai Minuman” : http://www.mnn.com/green-tech/transportation/blogs/the-pedal-bus-carrying-the-party-faithful-and-party-hoppers-too
Gambar “Pemilihan bentuk rambu penunjuk arah bagi pengendara sepeda” :http://bicycledutch.wordpress.com/2011/10/27/cycling-through-the-heath/
Gambar “Garis Marka jalan yang menyala dalam gelap” : http://www.bbc.co.uk/news/world-europe-20942340
Gambar “Jalur sepeda yang licin oleh salju” : http://www.iamexpat.nl/read-and-discuss/expat-page/news/new-website-for-reporting-slippery-bike-paths

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s