KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#326 Belanda: Dari Keterbatasan, Tercipta Para Pionir Hebat

Leave a comment

Oleh Novia Rizki Amalia

Belanda, dikenal sebagai negeri yang penuh dengan kreatifitas dan inovasi serta cakap diberbagai bidang. Bagaimana tidak? Bisa dikatakan bangsa ini adalah pelopor dalam segala hal. Tak usah jauh-jauh, kita dapat melihat contoh hasil kreatifitas dan inovasi bangsa Belanda yang begitu luar biasa dari peninggalan-peninggalannya kepada indonesia saat masa penjajahan. Tidak hanya arsitektur atau tata kota yang banyak dipelopori oleh Belanda, namun juga bidang pendidikan, ekonomi, industri, teknologi dan masih banyak yang lainnya.
Apa sih yang membuat bangsa ini menjadi bangsa yang dikenal sebagai pelopor negara-negara didunia?
Benar sekali, jawabannya adalah keterbatasan.
Netherland atau Nederland yang berarti dataran rendah. Sesuai dengan namanya, negara yang hanya memiliki luas 41,526 kmini mempunyai wilayah dengan kondisi separuh tanahnya berada 1 m dibawah permukaan laut, bahkan dataran terendahnya memiliki ketinggian 7 meter dibawah permukaan laut! Bayangkan saja bagaimana orang-orang dari negeri tulip ini harus memutar otaknya dengan keras agar dapat bertahan dalam kondisi ‘hampir tenggelam’. Tidak hanya itu, topografi belanda juga memungkinkan negara ini tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah.
Namun, sekarang tak dapat dipungkiri justru keterbatasan yang dimiliki negara inilah yang membuatnya menjadi salah satu negara maju yang menjadi pelopor bagi seluruh negara di dunia. Seperti ucapan yang dikatakan oleh Vincent Van Gogh, salah satu pelukis terbesar dalam sejarah Eropa asal belanda yang karyanya merupakan karya seni termahal didunia mengatakan:
” I am always doing what I cannot do yet, in order to learn how to do it.”
 
Yep, itulah mental bangsa Belanda. Pekerja keras dan selalu melihat peluang diantara ketidakmungkinan. Selalu belajar dari pengalaman di masa lalu dan berusaha menjadikan musuh menjdai sahabat. Hal inilah yang membuat Belanda disebut sebagai self-service country,negara mampu untuk mengatur dan mengurus dirinya sendiri, membuat masyarakatnya dikenal mandiri serta teratur. Orang-orang Belanda mempunyai prinsip “straightforward” atau keterbukaan akan ilmu pengetahuan dan inovasi yang begitu kuat. Inilah mengapa sistem pendidikan di Belanda begitu baik karena setiap siswanya dituntut untuk open minded, melihat visi yang jauh kedepan dan terus memberikan inovasi-inovasi terbaik, bukan hanya demi kemajuan negerinya sendiri namun juga untuk dunia.

Belanda, negeri kincir angin ini hebat disegala bidang bukan hanya karena orang-orang besar seperti Vincent Van Gogh, namun karena konstribusi setiap individu di negara ini yang terus berusaha untuk maju dan berinovasi.

Belanda yang ‘terbatas’ saja mampu untuk menutupi kekurangannya, bagaimana dengan Indonesia? Kita nantikan…
 

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s