KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#322 Negeri Seribu Museum

Leave a comment

Oleh Ervanggis Minggar Kusumasari

Holland itulah namanya. Atau yang lebih dikenal dengan dengan sebutan Belanda. Negeri tulip ini memilki berjuta pesona pada setiap pengunjungnya. Apalagi tentang museumnya.
Siapa yang tak kenal van Gogh? Pelukis terkenal asal negeri kincir angin itu diabadikan namanya menjadi nama sebuah museum beserta mahakaryanya.
Bicara tentang museum di Belanda, tidak lengkap kalau tidak dibahas satu per satu. Ya, museum di Belanda sangatlah lengkap. Ada bermacam-macam kategori museum yang dapat dikunjungi sesuai selara dan kebutuhan.
Untuk pecinta seni, van Gogh museum dapat menjadi pilihan pertama. Museum ini menampilkan berbagai lukisan karya van Gogh yang terkenal. Museum ini juga menjadi museum nomor satu di Belanda dengan pengunjung terbanyak. Menurut dataNederlandse Museumvereniging (Asosiasi Museum Belanda) tahun 2012 museum ini memiliki 1.483.000 pengunjung. Pilihan berikutnya ada pada Rijksmuseum, museum nasional di Amsterdam yang kembali dibuka pada April lalu setelah direnovasi selama 9 tahun. Di museum ini pengunjung dapat menikmati  karya seni bernuansa Belanda. Museum ini tercatat sebagaimenempati peringkat ketiga dengan 965.000 pengunjung.
Untuk penggemar sejarah dapat mengunjungi Hermitage museum di Amsterdam, di sepanjang sungai Amstel. Museum ini menampilkan hubungan sejarah Rusia dan Belanda. Museum yang mengadakan pameran setiap 6 bulan ini menduduki peringkat 4 dengan jumlah pengunjung 569.000 orang. Yang tak kalah menarik adalah museum Anne Frank House yang menduduki peringkat kedua dengan 1,090,500 pengunjung. Museum ini menampilkan kisah dari diary seorang gadis yang hidup pada masa perang dunia kedua.
Bagi yang tertarik dengan dunia sains, Royal Eise Eisinga Planetarium menjadi pilihan tepat. Museum ini sangat cocok dengan pecinta astronomi. Ada juga Science Center NEMO yang menawarkan berbagai pameran sains yang tentu akan menambah ilmu pengetahuan bagi pengunjungnya. Ada juga Naturalis Biodiversity Center dan Corpus museum yang keduanya disulap menjadi tempat belajar yang menyenangkan, berwisata sekaligus tempat pembelajaran ilmu biologi pada manusia.
 The Netherlands Architecture Institute (NAI) merupakan museum dalam bidang arsitektur yang mempunyai koleksi terbanyak di dunia baik fotografi, sketsa, dan 35.000 buku.
 
Dalam dunia anak dan hiburan, museum Speelklok merupakan museum tempat mengajarkan kreativitas anak dalam dunia musik. Museum ini yang cocok untuk menambah keceriaan anak-anak.
Ada pula museum Madame Tussauds Amsterdam, di museum ini terdapat banyak patung lilin para selebritis dan tokoh terkenal dunia. Ada pula The National Maritime Museum menampilkan sejarah kemaritiman yag tentu akan menambah wawasan setiap pengunjungnya.
 
Museum yang tersebut di atas hanyalah sebagian kecil dari keselurtuhan museum yang ada di belanda yang jumlahnya hampir mencapai 1000 museum dan tersebar dari ujung utara sampai selatan negara ini. Demikian juga secara mengejutkan mayoritas museum yang mahsyur tersebar di ibukota negara, Amsterdam. Sebagai negara yang memiliki kepadatan museum tertinggi di dunia, tak heran jika Belanda menjadi pioneer pariwisata museum sekaligus menjadi daya tarik dalam studi ilmiah. Inilah yang menjadi keunikan Belanda, di mana banyak tempat untuk berwisata sekaligus belajar banyak hal yang bermanfaat. Belanda mampu mengemas sedemikian rupa aset wisatanya, menghadirkan pengalaman yang berbeda.

Referensi

Top 55 Museumbezoek 2012, Nederlandse Museumvereniging, 2012.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s