KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#316 Biar Kecil, tapi Nyali Gedhe

1 Comment

Oleh Mustia Dewi

Siapa lagi kalau bukan Belanda.
Negara yang luasnya bahkan tak lebih besar dari Jawa tengah. Siapa yang menyangka, Belanda berani membangun lahan di atas laut. Yups, mereka membendung laut!
Hanya karena alasan kekurangan lahan, ide membangun lahan di atas laut benar-benar gebrakan yang luar biasa. Bahkan akhir-akhir ini sempat terdengar kabar bahwa Belanda ingin membuat pulau tulip.
Mereka terinisiatif dari Pulau Palm di Dubai yang kebetulan diprakarsai oleh orang Belanda, sehingga rencana pembuatan Pulau Tulip diharapkan bisa menarik banyak wisatawan. Bagiku hal menarik dari Belanda yaitu orange, warna khas Belanda yang biasanya dipakai pemain sepak bola asal Belanda untuk mendapatkan kemenangan.
 
Aku sendiri masih belum tahu kenapa Belanda memilih warna orange. Mungkin karena orange mampu memberi kesan aktif dan energik. Menggambarkan semangat mereka yang tak mau dikalahkan hanya dari keterbatasan lahan.
Justru dengan keterbatasan itu, membuat Belanda dikenal sebagai Negara paling teratur di muka bumi. Bagaimana tidak?
Mereka sangat berhati-hati dalam memanfaatkan lahan. Dengan sadar persoalan tanah mereka atur sangat disiplin dan ketat. Eksistensi Belanda bergantung pada cara merawat tanah yang tak seberapa mereka punya. Kanal, selokan air, bendungan kecil maupun besar, teratur rapi membelah setiap jengkal tanah yang ada. Belanda bahkan memiliki Amsterdam sebagai ibukota terindah di Eropa, dengan desain kota yang dipenuhi rumah warna-warni, kanal, dan jembatan.
Abad ke-16, Amsterdam mulai mengembangkan kawasan kotanya dengan hati-hati. Dengan mengkombinasikan elemen fungsional dan keindahan menjadikan Amsterdam tempat yang nyaman untuk ditinggali. Pada periode 1656-1662, kanal-kanal diperpanjang hingga melewati sungai Amstel, yang menciptakan bentuk pusat kota Amsterdam seperti sekarang.
Jika dilihat dari udara, kanal-kanal Amsterdam membentuk setengah lingkaran terdiri dari kanal Herengracht, Keizergracht dan Prinsengracht di tengah kota. Kanal-kanal ini dimanfaatkan untuk memanjakan turis menyusuri keindahan kota menggunakan water-bus. Keindahan kanal-kanal Amsterdam bahkan tercatatsebagai World Heritage UNESCO.
Tidak hanya Amsterdam, Belanda juga mendesain setiap sudut dari Negara mereka sedemikian rupa agar memiliki fungsi yang baik. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa Belanda tak mau menyia-nyiakan satu meter persegi pun dari lahan mereka. Itu jelas lantaran lahan yang mereka punya sangat terbatas.
Alasan inilah yang terus membuat Belanda melakukan gebrakan. Giethroon, adalah kota kecil yang sengaja didesain tanpa jalan raya. Bagi yang ingin berkunjung bisa berjalan kaki atau naik perahu.
Tak sampai disitu, Belanda juga menyajikan suasana kota yang lebih modern yakni Rotterdam. Kota ini menjadi pelopor dalam reklamasi tanah dari laut dengan membuat bendungan, pembangkit energi dan sistem anti banjir di laut. Gaya berani dan baru dalam membangun apartemen, gedung perkantoran dan fasilitas rekreasi menjadikan Rotterdam sebagai pusat bisnis. Salah satu proyek arsitektur mereka adalah Urban Cactus yang ada di bagian Vuurplaat dari Rotterdam. Rumah masa depan dengan desain unik yang memuat 98 unit tempat tinggal di 19 lantainya.
Begitulah Belanda. Dengan keterbatasannya justru mereka berani membuat gebrakan-gebrakan yang diluar pemikiran masyarakat pada umumnya. Apalagi untuk masyarakat  Indonesia yang sepertinya perlu berkaca dari Belanda. Mengingat Indonesia memiliki lahan dan lautan yang berpuluh kali lipat lebih besar dan lebih potensial dibanding Belanda. Semoga tulisan ini bisa menginspirasi masyarakat Indonesia☻

Referensi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

One thought on “#316 Biar Kecil, tapi Nyali Gedhe

  1. sungguh menginspirasi 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s