KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#314 Being Attentive to Become Innovative

Leave a comment

Oleh Luphita Angelie

Para pembaca sekalian pasti akrab dengan sebuah kalimat bijak yang menyebutkan bahwa “Di balik pria yang sukses, terdapat wanita yang hebat”. Intinya adalah setiap manusia, apapun status dan peranannya, pasti memerlukan sesamanya di dunia. Manusia memerlukan orang lain yang tidak hanya mampu berada di sekitarnya, melainkan juga mampu mendukung dan memberikan semangat di kala manusia tersebut melakukan aktivitasnya. Kebutuhan inilah yang mendasari tercetusnya teori sosiologi terkait manusia sebagai makhluk sosial. Manusia tidak pernah lepas dari keberadaan manusia lainnya semenjak terlahir di dunia hingga saat menutup mata di usia senja.

Nah, sama seperti manusia, sebuah negara dapat maju dan eksis ketika ada negara lain yang mendukungnya. Inilah yang menjadi salah satu syarat terbentuknya sebuah negara, yakni pengakuan dari negara lain atau faktor de jure. Lebih dalam lagi, untuk mendapatkan pengakuan sebagai negara maju, pemerintah dan masyarakat harus bersama-sama menciptakan sebuah ‘terobosan’ baru dan positif yang unggul dari negara lainnya. Peran pemerintah sangat diperlukan dalam mendukung berbagai inovasi dan ide cemerlang yang muncul dari masyarakatnya.

Salah satu negara yang berhasil ‘unjuk gigi’ sebagai negara maju adalah Belanda. Negara ini terletak di benua Eropa dan dijuluki sebagai negara tanah rendah (=The Netherlands). Belanda menempati peringkat ke-9 dari 125 negara di dunia yang memiliki kemajuan ekonomi luar biasa versi Global Innovation Index (GII) tahun 2011. Prestasi ini bukanlah muncul secara ‘tiba-tiba dari langit’, melainkan dituai dari kerja keras seluruh stakeholders Belanda di berbagai bidang. Sejarah mencatat bahwa Belanda pernah mengalami jatuh-bangun pada abad ke-19 akibat ketergantungannya pada infrastruktur tanah dan air. Pada masa itu juga, Belanda ditaklukkan oleh Jerman, sehingga seluruh kekuasaannya dipegang penuh oleh Nazi. Akan tetapi, hal yang paling mencengangkan dan mengagumkan dari Belanda adalah bagaimana sebuah negara yang berada pada kondisi geografis ‘bawah laut’ dan mengalami keterlambatan industrialisasi saat itu dapat bangkit, memutarbalikkan kekurangan mereka dan meraih predikat sebagai negara superior di Eropa.

Keajaiban ini diciptakan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah dukungan. Pemerintah Belanda tak segan-segan mendukung berbagai inovasi dari masyarakatnya, baik melalui dukungan materiil maupun non materiil. Banyak sekali dana yang ‘dikucurkan’ pemerintah Belanda kepada siapapun yang berhasil menciptakan inovasi baru dan kreatif. Contohnya adalah SWT Grants, yakni bantuan dana bermilyar rupiah untuk inovasi bidang bisnis. Selain itu, dukungan pemerintah juga diwujudkan melalui pembentukan sebuah lembaga, yaitu Dewan Industri Kreatif Belanda (Dutch Creative Industries Council). Semua dukungan pemerintah ini berhasil memacu semangat masyarakat Belanda untuk menyumbangkan kreatifitasnya. Thousand thumbs to the Netherlands!

Saat ini, marilah bercermin dari keberhasilan Belanda membangun negaranya. Sejarah Belanda yang penuh perjuangan seharusnya menjadi cambukan bagi kita, bangsa berlimpah sumber daya, untuk lebih prestatif dibandingkan negara lainnya. Tentunya dukungan pemerintah merupakan faktor yang penting. Seringkali, pemerintah Indonesia kurang peka pada inovasi yang muncul dari masyarakatnya. Pemerintah hanya memberikan pujian sesaat tanpa mendukung inovasi tersebut secara berkelanjutan. Karena itulah, masyarakat Indonesia kurang termotivasi untuk ikut membangun negaranya. Semoga setiap individu dapat menyadari makna penting dari hubungan kolaboratif pemerintah dan masyarakat demi kemajuan negara. Pemerintah mendukung masyarakat dan masyarakat pun mendukung pemerintah. Karena seperti yang disebutkan di awal, “Di balik masyarakat yang innovative, terdapat pemerintah yang attentive”.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s