KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#313 Solusi Pemanasan Global yang Sehat

Leave a comment

Oleh Luphita Angelie 

Satu, merupakan sebuah alat. Dua, digunakan sebagai alat transportasi maupun alat olahraga. Tiga, tidak membutuhkan bahan bakar. Empat, beroda dua untuk dewasa dan beroda empat untuk anak-anak. Lima, cocok untuk segala usia. Apakah itu?

Great! That’s bicycle. Atau dalam bahasa Indonesia disebut sepeda. Dalam bahasa Belanda disebut sebagai fiets. Berbicara soal sepeda, terdapat beberapa negara di dunia yang telah memprioritaskan atau mengganti moda transportasi modernnya dengan moda transportasi sepeda. Salah satu negara tersebut adalah Belanda.

Konon, keberadaan sepeda sebagai alat transportasi utama di Belanda dimulai semenjak tahun 1972. Pada tahun-tahun ini, Belanda mengalami sebuah krisis yang mengancam keberadaan moda transportasi modern, yakni krisis bahan bakar minyak. Ternyata krisis ini tidak menjadikan pemerintah dan masyarakat Belanda bertopang dagu dan menyerah kepada nasib. Pemerintah Belanda mulai mengambil langkah besar untuk mengganti moda transportasi modern menjadi moda transportasi sepeda. Berbagai program diupayakan pemerintah Belanda demi mendifusikan sepeda menjadi alat transportasi utama masyarakat. Usaha pemerintah ini ternyata tidak sia-sia. Respon masyarakat sangat positif terhadap alat transportasi nan hemat dan sehat ini. Tercatat bahwa konsumsi masyarakat Belanda terhadap sepeda mencapai satu miliar Euro per tahunnya. Hal ini menjadikan Belanda terkenal sebagai negara pengguna sepeda tertinggi dibandingkan negara maju lainnya. Lebih lagi, Amsterdam juga mendapatkan julukan sebagai “Kota Sepeda” di dunia.

 

Belanda negara sejuta sepeda

Pusat urusan sepeda amsterdam

Kecintaan masyarakat Belanda pada sepeda berhasil menciptakan budaya baru. Pemerintah tak segan-segan memberikan dukungan terhadap budaya bersepeda ini. Dukungan tersebut diwujudkan melalui pembentukan organisasi formal yang dinamakan Pusat Urusan Sepeda Amsterdam (Amsterdam Fiets Afhandle Centrale-AFAC). Organisasi ini memberikan layanan publik kepada masyarakat terkait sepeda, misalnya ketika seseorang kehilangan sepedanya. Pengguna sepeda pun diberikan hak prerogratif saat berkendara di jalan raya. Terdapat lintasan khusus bagi para pengguna sepeda dan kebebasan mereka untuk berkomunikasi selama berkendara.

Transformasi alat transportasi modern ke sepeda yang digagas oleh pemerintah Belanda ternyata memberikan dampak positif hingga saat ini. Terlebih lagi ketika berkembangnya isu pemanasan global abad XXI. Bersepeda merupakan salah satu solusi pengurangan dampak negatif pemanasan global. Hal ini dikarenakan pemanasan global bersumber dari sisa-sisa pembakaran kendaraan bermotor atau polutan, sehingga penggunaan sepeda akan mengurangi polusi jalan raya.

Masalah pemanasan global ini memacu pemerintah dan masyarakat Belanda semakin giat mengembangkan budaya bersepeda mereka. Tidak hanya meningkatkan kuantitas penggunaan waktu bersepeda masyarakat, para inovator juga menciptakan berbagai jenis sepeda yang ditujukan kepada berbagai kalangan masyarakat. Misalnya saja, sepeda Taga Hybrid untuk para ibu rumah tangga yang ingin membawa anak-anaknya berpergian. Selain itu, terdapat sepeda Omafiets yang dikhususkan bagi penggunaan sepeda berkecepatan tinggi.

Beragam Varian Sepeda (Dari Kiri: Taga Hybrid, Omafiets, Penggunaan Omafiets)

Selain mengurangi dampak pemanasan global, bersepeda juga sangat baik bagi kesehatan. Bersepeda dapat mengurangi resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes. Dengan bersepeda pada kecepatan rata-rata, sebanyak 450 kalori dalam tubuh akan hilang per jamnya. Oleh karena itulah, perhatian pemerintah dan masyarakat Belanda terhadap bersepeda merupakan suatu teladan positif bagi Indonesia yang masih identik dengan kendaraan bermotor.

Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Sekali mengayuh sepeda, dua tiga manfaat akan digenggam. Yang terpenting adalah tidak perlu merasa kuatir mengalami bronkhitis saat menginjakkan kaki di Belanda ataupun mendapatkan pasangan di Belanda yang memiliki penyakit jantung.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s