KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#312 Belanda di Jakarta, Mungkinkah?

Leave a comment

Oleh Luphita Angelie

Saya yakin akan banyak kernyitan dahi yang muncul akibat membaca judul artikel ini. Ya, tepat sekali. Tidak mungkin sebuah negara nun jauh di Eropa akan berpindah ke ibukota negara Indonesia, Jakarta. Akan tetapi, hal yang diharapkan ‘berpindah’ dalam tulisan ini bukanlah negara Belanda secara de facto, melainkan ‘sisi positif’ dari sebuah negara yang dijuluki sebagai negara kincir angin Eropa.

Kondisi geografis Jakarta dan Belanda memiliki banyak kesamaan, diantaranya ketinggian daerah dari permukaan laut, batas wilayahnya dan jumlah populasi. Jakarta dan Belanda tergolong daerah yang bertanah rendah, yakni 7 meter di atas permukaan laut untuk Jakarta dan 1 meter di atas permukaan laut untuk Belanda. Terlebih lagi, kedua daerah ini memiliki beberapa lokasi yang letaknya berada di bawah permukaan laut. Jakarta dan Belanda sama-sama berbatasan langsung dengan laut, yakni Laut Jawa di utara Jakarta dan North Sea di utara Belanda. Kondisi perekonomian yang sangat berkembang di kedua daerah ini mengakibatkan Jakarta dan Belanda memiliki kepadatan penduduk yang sangat tinggi, bahkan dapat dikatakan tidak seimbang dengan luas wilayahnya. Ketiga kondisi geografis itulah yang menjadikan Jakarta memiliki permasalahan yang sejenis dengan Belanda. Yup, permasalahan itu tak lain dan tak bukan adalah banjir.

Pada tahun 1953, Belanda mengalami sebuah peristiwa yang sangat tragis sepanjang sejarahnya. Sebuah banjir besar datang dari North Sea dan menewaskan lebih dari 1000 orang penduduk. Peristiwa ini menjadikan pemerintah dan seluruh masyarakat Belanda memutar otak untuk mencari solusi dari permasalahan air tersebut. Ajaibnya, Belanda mampu mengubah peristiwa bencana itu menjadi sebuah berkah yang mengagumkan. Pemerintah Belanda mulai membangun banyak bendungan sepanjang North Sea demi menangkal datangnya air laut. Belanda tidak hanya mampu mempertahankan daerahnya dari kepungan air, tetapi juga mampu menciptakan label baru di dunia sebagai negara yang inovatif.

Bendungan kreatif Belanda

Cerita berbeda ditunjukkan oleh Jakarta. Setiap tahunnya, bencana banjir masih saja menjadi berita hangat di media massa. Pemerintah dan masyarakat sepertinya masih kurang kolaboratif saat menyelesaikan permasalahan ini. Ketika Belanda telah banyak berinovasi demi mempertahankan daerahnya, Jakarta sepertinya hanya pasrah menghadapi kenyataan. Padahal terdapat permasalahan besar lainnya yang telah siap menghampiri kedua daerah ini, yakni pemanasan global. Salah satu efek pemanasan global adalah mencairnya es di kutub utara yang mengakibatkan peningkatan ketinggian air laut di dunia. Jakarta dan Belanda diprediksi akan tenggelam pada beberapa tahun mendatang apabila tidak ada tindakan pencegahan yang dipraktikkan pada kedua daerah ini.

Kondisi banjir di Jakarta

Pada September tahun 2008, pemerintah Belanda telah mengambil langkah awal, yakni pengalokasian anggaran negara untuk pemutakhiran parit dan bendungan demi mencegah efek pemanasan global. Semua pihak berada dalam kondisi siaga dan berpartisipasi penuh dalam mengatasi masalah mendesak ini. Lain halnya dengan Jakarta yang masih sibuk dengan urusan banjir berkalanya. Kondisi geografis Belanda yang lebih memprihatinkan seharusnya menjadi batu loncatan bagi Jakarta untuk mengatasi permasalahan banjir dan pemanasan global. Akan menjadi hal yang bijak dan tepat apabila masyarakat Jakarta dapat meniru semangat juang masyarakat Belanda dalam menciptakan inovasi bagi kemajuan daerahnya. Ketika semua pihak -mulai dari pemerintah hingga masyarakat- bergerak dalam tujuan dan motif yang sama, saya teramat yakin Jakarta akan menjadi ‘saudara kembar’ Belanda yang berhasil mempertahankan daerahnya sendiri.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s