KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#311 Berkat Rijksmuseum(Belanda), The Three Musketeers Menjadi Pionernya Seni Lukis

2 Comments

Oleh Yogi Tikna Putra

 

Negeri Belanda

Belanda adalah negara kecil yang mempunyai pesona keindahan. Itu terlihat dari bangunan-bangunannya yang memiliki sejarah dan nilai seni yang tinggi. Salah satu bangunan tersebut adalah Rijksmuseum. Museum ini dikenal sebagai Post-Masterpiece Place-nya para seniman Belanda. Oleh karena predikatnya itu, sepertinya museum ini hanya mau menerima karya-karya terbaik diantaranya Frans Hals, Johannes Jan Vermeer dan abangda Rembrandt Van Rijn Harmenszoon.

Rijksmuseum terletak dikota Amsterdam. Lokasinya yang berdekatan dengan Museum Van Gogh, Museum Stedelijk dan Concertgebouw membuat museum ini menjadi salah satu tempat yang paling ingin dikunjungi oleh para turis di Belanda. Beberapa menit lagi Anda akan dibuat terkagum-kagum oleh Trisula Artist in Golden Age yang dimiliki oleh Belanda dan menjadikannya pioner dalam seni melukis. Here we go…

 

Rijksmuseum in Amsterdam

Okay, yang pertama adalah seniman yang datang jauh-jauh dari Belanda bagian selatan, Antwerpen(sekarang Belgia). Dia adalah Frans Hals. Karena saat itu ditempatnya ada konflik, diapun pindah bersama keluarganya ke Harleem.

Pelukis yang satu ini memiliki khas dengan potret pribadi bersandar di sandaran kursi. Lukisan beliau juga mengandung unsur terang(siang hari) dan menonjolkan sisi dari warna keperakan.

 

Masterpiece of Frans Hals

Bakat brilian beliau diilhami dari Karel Van Mander. Sebagai pelukis, kita tahu bahwa future of an artist tidaklah semudah yang dibayangkan, dia juga pernah mengalami kesulitan hidup. Selain bakatnya menjadi pelukis, dia juga merupakan anggota Harleem Guild of Saint Luke. Setelah itu kehidupannya sedikit terbantu atas kontribusi beliau dari pemerintahnya.

 Pelukis kedua datang dari provinsi Delft, dialah Johannes Jan Vermeer. Sama halnya dengan Hals, menggunakan unsur terang. The Sphinx Delft ini seolah mendapat wangsit agar selalu melukis hal-hal yang berbau interior diantaranya furnitur dan dekorasi yang sangat artistik. Setelah menikahi gadis Katolik, diapun pernah melukis The Allegory of Faith yang melambungkan namanya saat itu.

 

Masterpiece of Johannes Jan Vermeer

Pelukis ketiga adalah Rembrandt van Rijn Harmenszoon. Berbeda dengan sejawatnya, unsur gelap dan warna keemasan agak dominan terlihat dalam lukisannya. Sejarah mengatakan bahwa beliau pernah belajar dari pelukis Pieter Lastman. Bakat pria asal Amsterdam ini ditemukan oleh Constantijn Huygens yang tak lain tak bukan, ayah kandung dari Christiaan Huygens. Semakin terbantu oleh datangnya Cosimo III de’Medici, Grand Duke of Tuscany yang bertandang kerumahnya di Amsterdam.

Penikmat lukisan abad ke-20 mengklaim bahwa Rembrandt telah menghasilkan lebih dari 600 lukisan. Lukisan pertama yang ia lukis The Night Watch seolah Tuhan menakdirkan dia menjadi salah satu pelukis fenomenal yang pernah ada dan menjadi pioner sebagai manusia yang mampu mencapai kreativitas seni moderen. Rijksmuseum menjadikan The Night Watch sebagai ikon kedigdayaan Rembrandt.

 

Masterpiece of Rembrandt van Rijn Harmenszoon

 

House of Rembrandt

 

Lukisan The Night Watch di Rijksmuseum

 

The Night Watch versi 3D

 

(parodi) The Night Watch 3D di malam hari

 

Karya Rembrandt yang dihargai 25 juta poundsterling

Jadi, mengenai kehidupan awal mula mengalami kesulitan The Three Musketeers ini seolah mengamini sebuah surat Al-Ahzab (QS : [16] 30) ayat suci Al-Quran disana Allah SWT berfirman,  Katakanlah (Muhammad), “Lari tidaklah berguna bagimu, jika kamu melarikan diri dari kematian atau pembunuhan, dan jika demikian (kamu terhindar dari kematian) kamu hanya akan mengecap kesenangan sebentar saja.” Artinya bahwa kesulitan tidak serta-merta merampok hidup kita. Dari surat yang sama bahwa Allah SWT dan Rasul menjanjikan “Kemenangan setelah mengalami kesukaran.”

Buat menghibur teman-teman semua, ini nih ada video Flash Mob-nya Rembrandt. Yuukkk dilihat…

Referensi 

Gambar Negeri Belanda : http://radityadika.com/sebelum-ke-belanda/

Gambar Rijksmuseum : http://lapajarerablog.com/2013/01/11/amsterdam-parte-iii/

Gambar Masterpiece of Frans Hals : http://www.themontrealreview.com/2009/Frans-Hals.php dan http://en.wikipedia.org/wiki/Frans_Hals

Gambar Masterpiece of Johannes Jan Vermeer : http://en.wikipedia.org/wiki/Johannes_Vermeer dan http://www.artble.com/artists/johannes_vermeer

Gambar Masterpiece of Rembrandt van Rijn Harmenszoon+House of Rembrandt : http://en.wikipedia.org/wiki/Rembrandt

Gambar Lukisan The Night Watch di Rijksmuseum : http://www.fameartist.com/Rembrandts%20Nightwatch%202nd.html

Gambar The Night Watch versi 3D : http://www.nightwatch3d.com/info/text3.htm

Gambar (parodi) The Night Watch di malam hari : http://commons.wikimedia.org/wiki/File:Rembrandtplein_-_The_Night_Watch.jpg

Gambar Karya Rembrandt yang dihargai 25 juta poundsterling :

http://www.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=aWebmJOca.qM

Video Flash Mob The Night Watch-Rembrandt : http://www.youtube.com/watch?v=y1ys2UCROU0

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

2 thoughts on “#311 Berkat Rijksmuseum(Belanda), The Three Musketeers Menjadi Pionernya Seni Lukis

  1. Ohh jadi The Three Musketeers-nya, mereka-mereka yaaa… Setelah melihat artikelnya aku jadi bisa bandingin pelukisnya…, dan lebih suka Rembrandt daripada Anne Frank.
    Great Article, Bro!

  2. Hahaaaa Anne Frank itu bukan pelukis Kawan But thanks udah kasih komentarnya ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s