KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#310 Dari Limbah Menjadi Berkah

Leave a comment

Oleh Luthfi Ramadhani

Kompetiblogger tau gak kalau saat ini Belanda adalah salah satu negara yang mampu mengolah  64 % limbahnya untuk dimanfaatkan menjadi produk lain. Hanya beberapa persen saja limbah yang terbuang di tempat pembuangan akhir. Mencegah terbentuknya limbah (prevention), mendaur ulang limbah (recycle), menghasilkan energi dari sampah (energy recovery) dan hanya membuang sedikit limbah (land filling), merupakan sistem manajemen limbah yang diterapkan oleh pemerintah Belanda. Sistem terpadu ini dikenal dengan sebutan Lansink Ladder. Hingga saat ini, sistem manajemen limbah ini mampu menghasilkan beberapa teknologi yang kreatif yang tidak hanya dipakai di Belanda tapi di seluruh dunia.

kr1

Jalan dari Styrofoam Bekas

Kompetiblogers, kalau kalian beli Laptop atau TV pasti di dalam kardusnya ada Styrofoam. Beberapa mungkin menyimpan Styrofoamnya dengan rapi dan sebagian yang lain mungkin dibuang ke tempat sampah atau bahkan dibakar. Berbeda dengan Belanda, mereka malah memanfaatkannya untuk mengganti pasir sebagai fondasi jalan. Adalah Sita, sebuah perusahaan pengolahan limbah, yang menggagas ide ini di Belanda. Mereka mengumpulkan Styrofoam dari perusahaan konstuksi dan juga perusahaan elektronik, lalu dihancurkan, kemudian dicampur dengan sedikit styrofoam baru lalu dicetak menjadi lempengan-lempengan yang selanjutnya dipasang untuk fondasi jalan. Menurut hasil penelitian, pemanfaatan 1000 kg styrofoam bekas  dapat mengurangi 5 kg CO2 dan ini sangat berpengaruh dalam mengurangi emisi gas rumah kaca.  Bagaimana kompetibloggers? keren kan?

jalan

Celana Jeans rusak bisa didaur ulang lho!

Kompetibloggers kalau punya celana jeans yang sudah rusak jangan dibuang ya, mendingdisumbangkan ke Dutchspirit aja. Mereka tuh mampu menyulap jeans yang sudah rusak menjadi jeans baru lho. Jadi ceritanya, beberapa perusahaan termasuk Dutchspirit asal Belanda telah berhasil menemukan sebuah proses untuk mengolah jeans lama yang sudah rusak dan tidak dipakai lagi menjadi jeans yang baru. Proses tersebut dipercaya mampu menghemat lebih dari 40 % bahan baku Denim (bahan baku untuk membuat jeans) yang terbuat dari tanaman kapas.  Disamping itu, proses tersebut mampu menghemat lebih dari 12.000 liter air yang dibutuhkan dalam pembuatan celana jeans. Jadi, menurutku mereka sudah berkontribusi untuk keberlangsungan hidup makhluk hidup juga lho. Kalau menurutmu gimana Kompetiblogger?

JEANS

Udara dipakai untuk misahin sampah?

Udara memang salah satu karunia Tuhan yang paling besar lho Kompetiblogger, Setuju gak? Buktinya Nihot, perusahaan pengolah limbah dari Belanda, bisa menggunakan udara untuk memilah berbagai jenis sampah. Jadi selain membuat produk dari sampah, Belanda memberi kemudahan dalam pemilahan sampah. Prinsipnya sih sama seperti mesin pengupas padi. Kulit padi yang ringan akan tertiup keluar oleh udara sedangkan beras yang lebih berat masuk ke bagian penyimpanan. Alat ciptaan Nihot ini memang luar biasa akurat lho, tingkat akurasinya aja bisa mencapai 98 %. Semua jenis sampah, mulai dari gelas sampai puing-puing keramik akan terpisah sesuai dengan berat dan ukurannya deh. Perlu ditiru nih Kompetibloger!

sampah

Magnet cair juga bisa misahin sampah lho

Saking gak mau kalah sama Nihot, perusahaan asal Belanda lainnya, Bakker Magnetics juga menciptakan teknologi pemilahan sampah juga lho Kompetiblogger. Kalau Nihot memakai udara, Bekker Magnetics menggunakan magnet cair untuk memilah sampah. Teknologi ini mampu memisahkan sampah campuran menjadi material dengan kemurnian hingga 95 %. Sampahnya bisa berupa campuran alumunium dan tembaga sampai dengan campuran plastik. Prinsipnya adalah dengan memanfaatkan berat jenis materialnya. Misalnya, kalau kompetiblogger memasukkan minyak dan pasir ke dalam air, maka minyak akan berada diatas karena berat jenisnya lebih ringan daripada air. Sementara pasir akan tenggelam karena berat jenisnya lebih besar daripada air. Tapi percaya gak, kalau kita bisa menaikkan berat jenis air, pasir-pasir itu bisa mengapung lhoNah melalui beberapa kali percobaan, Bakker Magnetics menemukan kalau sifat magnet cair itu bisa menaikkan berat jenis suatu cairan. Wow Super Kreatif ya!

magnet

Magnetic Density Separator dibuat oleh Bakker Magnetics untuk memisahkan berbagai macam material limbah

Referensi

http://www.nwmp.nl/
http://www.hollandtrade.com/media/news/?bstnum=4961
well.blogs.nytimes.com
www.shoestringmag.com
http://www.royalfoam.com

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s