KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#308 Ini Nyata: Bukan Sebuah Sci-Fi Film

Leave a comment

Oleh Maharani Nursyamsu
Sejenak saya termenung melihat deretan tinta kesuksesan yang ditorehkan Bangsa Belanda. Terlebih ketika Negeri Orange ini mampu melahirkan pionir-pionir di segala bentuk aspek kehidupan. Leluhur maupun anak cucu mana yang tidak bangga dengan itu semua. Segala sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin di mata mereka. Kekurangan di depan mata mereka ‘disulap’ menjadi kelebihan di mata dunia. Dan benar adanya juga quote dari Audrey Hepburn yang kira-kira seperti ini bunyinya, “Nothing is impossible, the word itself says ‘I’m possible’!” 

Smart Highway. Ya, bukan saja gadget yang bisa pintar (red: smartphone) ternyata jalan raya pun bisa. Tidak hanya dunia pendidikan, lalu lintas pun cukup diperhatikan bahkan dimanjakan oleh bangsa itu. Berbekal mental sebagai negara pioner di beberapa aspek kehidupan. Tak begitu mengherankan jika Negara Orange ini meluncurkan sebuah desain inovatif dalam penyematan teknologi jalur lalu lintas. Kesan pertama saya mengetahui informasi ini adalah wow like science fiction film! Namun, dugaanku salah. Ini benar-benar nyata. Dan konsep ini akan diaplikasikan pada pertengahan tahun 2013. It’s amazing! 

Dialah Daan Roosegaarde dan Helleen Herbert yang berhasil memalingkan perhatian dunia di tahun 2012. Kolaborasi dua desainer asal Belanda ini menghadirkan smart highway yang menciptakan jalan raya dengan berbagai kemampuan seperti, glow in the dark road, dynamic paints, interactive lights, induction priority lanes dan wind light. Diyakini jalan raya akan lebih aman, awet, sekaligus baik dari sisi pengendara kendaraan maupun konstruksi jalanan itu sendiri.
Glow in the dark road. Walaupun kondisi gelap bukan berarti pengemudi jalan tidak mendapat cahaya penerangan. Sekiranya seperti itulah tujuan dari konsep ini. Konsep ini menggunakan cat luminescent yang menyerap energi matahari pada pagi dan siang hari. Selanjutnya bersinar pada malam hari hingga 10 jam guna meingkatkan daya pandang pengemudi. Sehingga dapat mengurangi pengurangan lampu jalan konvensional.
 
Dynamic paint. Bukanlah sebuah merk cat berkelas dunia yang dibanjiri konsumen. Melainkan sebuah cat yang dapat memberikan informasi mengenai kondisi jalan. Mekanisme cat ini akan terlihat ketika terjadi fluktuasi suhu sehingga memancarkan informasi secara langsung kepada pengemudi. Seperti memperlihatkan kristal es sebagai peringatan bahwa jalan sedang licin dikarenakan suhu udara yang menurun.
 
Interactive lightsSecara interaktif, lampu ini didesain di pinggir jalan tol yang memadukan sensor untuk mendeteksi keberadaan mobil yang mendekat. Lampu akan bersinar semakin terang jika kendaraan melintas, begitupun sebaliknya. Untuk alasan berhemat, lampu ini tidak menyala jika jalan sedang kosong.
Induction priority lanes. Konsep ini lebih terfokus untuk kendaraan listrik. Karena fitur ini menyediakan fasilitas charger untuk kendaraan listrik dengan adanya induksi. Induksi kumparan yang tertanam di bawah aspal jalan tol
Wind light. Fitur pintar ini berbetuk kincir angin kertas yang menyala saat kendaraan lewat. Tak hanya itu, angin alami pun turut menggerakan fitur ini yang dinilai sebagai fitur bernilai estetika.

Sepertinya sekarang Belanda tidak akan hanya tersohor sebagai raja kincir angin. Bisa saja mereka akan merengkuh sebutan baru sebagai raja jalan raya. Betapa tidak. Mereka telah banyak menciptakan sesuatu yang belum terpikirkan oleh orang lain sebelumnya. Suatu saat bangsa ini akan menjadi poros atau pusat perkembangan teknologi selanjutnya. Melahirkan dan mencetak prestasi lainnya. Dan itulah yang dinamakan pionir.

Referensi 
http://www.talkmen.com/videos/watch/236/inovasi-jalan-tol-glow-in-the-dark-di-belanda/
http://www.jagatreview.com/2012/10/permukaan-jalan-raya-belanda-akan-glow-in-the-dark/
http://gadget.gopego.com/2012/10/konsep-jalan-raya-pintar-diterapkan-di-belanda-tahun-2013
http://mobil.otomotifnet.com/read/2012/11/12/336178/15/5/Ini-Dia-Jalan-Tol-Pintar-Untuk-Solusi-Aman-Berkendara

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s