KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#303 Smart Idea, Smart Highway

Leave a comment

Oleh Raisa Amelia

Inovasi di bidang teknologi semakin hari kian bertambah. Tidak hanya penemu-penemu yang sudah dianggap senior di bidangnya saja yang merancang dan menciptakan, namun juga penemu-penemu junior atau bisa dikatakan baru, mulai bermunculan. Merealisasikan ide-ide yang mereka miliki menjadi sebuah teknologi atau penemuan baru yang berguna bagi masyarakat. Daan Roosegaarde, seorang designeryang lahir di Nieuwkoop pada tahun 1979 yang merupakan owner dari Studio Roosegaarde. Dialah pioneer Belanda yang punya sebuah ide brilliant yang dia desain untuk kemudian dapat di aplikasikan pada jalan raya. Desain tersebut diberi nama Smart Highway.
Meningkatnya frekuensi kecelakaan di jalan raya menjadi sebuah permasalahan yang harus menjadi sebuah perhatian bagi kita semua. Apalagi kecelakaan di jalan raya yang terjadi pada saat cuaca tidak baik atau ketika sedang gelap rentan terjadi. Nah, ide dari Roosegaarde, Smart Highway adalah salah satu solusinya untuk setidaknya mengurangi frekuensi tingkat kecelakaan lalu lintas di Belanda.
Smart Highway merupakan konsep jalan raya yang akan bersinar di malam hari atau pada saat kondisi gelap, dan jalan raya yang juga dapat mengisi energi pada mobil listrik.
Tahun ini Smart Highway sudah akan mulai direalisasikan namun dilaksanakan secara bertahap. Dimulai dari pengerjaan marka jalan pada jalan raya di Belanda yang akan dibuat dengan menggunakan cat yang terbuat dari bubuk photo luminescent. Bubuk photo luminescent pada cat ini berfungsi untuk menyimpan energi matahari saat siang hari. Kemudian energi matahari yang tadi telah disimpan oleh marka jalan tersebut akan memancarkan cahaya dan tentunya dapat digunakan sebagai penerangan jalan pada malam hari atau keadaan gelap selama lebih dari 10 jam.
 
Pola kristal yang nampak pada jalan raya saat suhu udara di bawah nol derajat.
Selain marka jalan, pada lajur jalan raya akan diaplikasikan cat yang responsif terhadap suhu atau temperatur. Jadi, pada saat cuaca dingin atau saat suhu udara dibawah nol derajat, maka lajur jalan raya tersebut akan menampakkan pola kristal es yang dapat dilihat secara kasat mata. Pola Kristal es yang muncul tersebut menjadi peringatan bagi pengendara untuk menurunkan kecepatan dan juga berhati-hati. Karena ketika cuaca dingin atau suhu udara berada di bawah nol derajat, dapat memungkinkan lajur jalan raya menjadi licin.
 
Electric Priority Lane sebagai jalur pengisian daya kendaraan bertenaga listrik.
Dengan mengusung konsep ramah lingkungan, Smart Highway juga akan menyediakan Electric Priority Lane, yakni sebuah jalur khusus berlapis magnet yang berfungsi sebagai jalur pengisian daya kendaraan bertenaga listrik. Kendaraan bertenaga listrik akan terus mengisi ulang daya selama kendaraan berada pada jalur tersebut. Pengisian daya listrik mirip dengan proses pengisian daya listrik pada sikat gigi listrik.
 
Lampu di jalan raya akan menyala dengan menggunakan tenaga angin.
 
Lampu pada jalan raya akan menyala bila kendaraan mendekat, dan mati bila menjauh.
Selain itu adapula Interactive Light dan Wind Light. Interactive Light yang hanya memancarkan cahaya pada saat kendaraan melintas di dekatnya. Sedangkan Wind Light  menggunakan tenaga angin dan akan memancarkan cahaya karena hembusan angin yang dihasilkan pada saat kendaraan melintas.
Konsep sebuah jalan raya yang sangat brilliant, membantu para pengendara yang melintas pada saat gelap untuk tetap fokus pada jalanan dan juga ruas jalan yang disertai lajur untuk pengisian daya kendaraan listrik. Well, Belanda memang Negara yang hebat dan melahirkan penemu dan pencipta.
Sekarang pengguna jalan raya sudah tidak perlu khawatir lagi ya ketika berkendara pada saat gelap. Saya sudah tidak sabar nih melihat ide tersebut diterapkan pada jalan raya.
Referensi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s