KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#302 Anne Frank, Belanda dan Sejarah.

Leave a comment

Oleh Rahmalia Arifin 

Sudah pernah mendengar nama Anne Frank? Atau justru sudah pernah membaca bukunya? Ya, Anne Frank adalah gadis cilik keturunan Yahudi yang terkenal akan catatan hariannya ketika ia bersembunyi dari NAZI Jerman yang menduduki belanda pada tahun 1940 dan hendak membantai seluruh keturunan Yahudi. Ketika Jerman datang ke Belanda, Anne Frank dan keluarganya yang memiliki keturunan Yahudi ini bersembunyi di sebuah rumah yang terletak di tepian kanal Prinsengracht,Amsterdam.Rumah yang menjadi tempat persembunyian Anne Frank dan keluarganya ini telah di jadikan sebuah tempat bersejarah sejarah yang di rawat sedemikian rupa dan terkenal seantero dunia. Dapat di lihat dari antrian panjang para pengunjung yang hendak masuk dan merasakan  pengunjung kadang harus kehabisan tiket untuk dapat melihat secara langsung Anne Frank House ini dan mencoba mendalami pengalaman Anne Frank ketika mendiami rumah tersebut. Ketika memasuki rumah persembunyian Anne Frank ini akan timbul perasaan emosional dan kengerian membayangkan keluarga dari gadis cilik ini yang harus hidup dalam ketakutan dan keterbatasan menghadapi genjata senjata Jerman yang keji. Setelah persembunyian mereka selama 2 tahun, keluarga ini mendapat pengkhianatan sehingga tertangkap oleh kelompok NAZI dan di bawa ke kamp konsentrasi yang menjadi akhir ajal bagi Anne Frank. Beruntungnya, Otto Frank ayah dari Anne Frank berhasil selamat dari peristiwa keji ini dan kembali ke Amsterdam dan mempublikasikan catatan harian anaknya yang memang ingin menjadi seorang penulis. Jika saja Otto Frank tidak selamat, tidak pernah akan ada cerita tentang Anne Frank dan gambaran peristiwa nyata dari peristiwa pembantaian itu. Jika sempat membaca buku catatan harian Anne Frank yang telah di publikasikan di di terjemahkan ke 60 bahasa ini akan terasa seperti berada di dalam situasi tersebut. Ketakutan, cinta, kekuatan, semangat, ketidakberdayaan dan harapan telah menjadi bumbu dalam peristiwa tersebut. Seorang gadis berumur 13 tahun yang mampu menulis sejarah dunia. Yang mampu membuat negara ini menemukan dirinya dalam sejarah. Penghargaan Belanda terhadap sejarah juga di buktikan dengan di bangunnya patung Anne Frank yang terletak di Amsterdam.

Buku Harian yang menjadi bukti peristiwa pembantaian keturunan Yahudi pada perang dunia ke 2

Patung Anne Frank di Amsterdam, Belanda.

Rumah persembunyian Anne Frank

Sejarah telah membentuk Belanda menjadi sebuah negara yang kuat dan berkarakter. Penghargaan Belanda atas Sejarah membuat negara ini di akui kekuatannya atas perannya membangun dunia. Karakter orang Belanda yang disiplin dan menghargai waktu juga tidak timbul begitu saja. Itu semua di bangun melalui sejarah. Orang Belanda benar-benar belajar dari sejarah. Pengalaman pahit dan menyakitkan dari sejarah tidak bisa di lupakan oleh orang Belanda. Maka dari itu mereka benar-benar belajar dari pengalaman yang tak terlupakan itu. Orang Eropa umumnya terkenal individualis. Mereka jarang tersenyum atau menatap orang yang tak di kenal di jalan. Apakah itu benar? Jika anda datang ke Belanda dan memulai pembicaraan. Orang Belanda tidak akan segan berbicara dengan ramah terhadap Anda. Apalagi jika mengaku orang Indonesia. Orang Belanda umumnya sangat paham dengan Indonesia. Makanan Indonesia telah menjadi makanan favorit orang Belanda.  Seperti yang kita ketahui melalui sejarah, Belanda pernah menjajah Indonesia. Maka tak heran jika banyak budaya Indonesia menjadi umum di kalangan masyarakat Belanda. Mereka benar-benar memanfaatkan sejarah menjadi sesuatu yang baik. Meski mereka pernah menjajah Indonesia, Masyarakat belanda amat sangat menghargai negara Indonesia. Kalau Belanda bisa bangkit dan berubah menjadi negara yang lebih baik. Mengapa Indonesia tidak bisa?

Referensi

nationalgeographic.co.id
annefrankguide.net

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s