KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#300 Triwarna Horizontal van Holland

Leave a comment

Oleh Griselda Octora Pratiwi Purba

Siapa yang tidak kenal dengan bendera pangeran? Bendera pangeran adalah julukan untuk Bendera Belanda atau dalam Bahasa Belanda yaitu Prinsenvlag. Pada 19 Februari 1937 Bendera Belanda awalnya dengan warna jingga tua, putih, dan biru dengan corak sembilan buah garis. Nama dan warna bendera ini terinspirasi dari warna pada lambang di lengan jubah Pangeran William of Orange (Prince van Oranje) salah satu pahlawan Belanda yang memimpin perang perjuangan kemerdekaan melawan pemerintah Spanyol pada tahun 1568.

Bendera ini kemudian diganti menjadi tiga bagian yang sama besar dengan desain triwarna horizontal  yaitu warna merah di bagian atas, putih di tengah, dan biru pada bagian bawah. Bendera ini pun diumumkan secara resmi sebagai bendera negara pada tahun 1769

Menurut tradisi Kuno dan Heraldik (ilmu tentang asal usul, perkembangan, atau makna lambang), warna menyiratkan berbagai simbol. Warna bendera Belanda menggambarkan tiga hal yaitu Merah: ketahanan, Putih: kedamaian, dan Biru: ketekunan. Mari kita selidiki tercerminnya tiga unsur ini di negara Belanda.

Kuatanya Sang Merah pun mendukung Sang Putih yaitu perdamaian. Angkatan laut, angkatan darat, angkatan udara dan gendarmerie Belanda telah berkomitmen untuk perdamaian dan keamanan di seluruh dunia. Pada tahun 2011 85 Tentara Belanda di Bosnia-Herzegovina telah berpartisipasi dalam pasukan penjaga perdamaian Eropa dengan mempertahankan perdamaian dan keamanan di negara tersebut. Kemudian selain itu juga Belanda mengambil bagian dalam pasukan perdamaian internasional (ISAF). Bukan hanya itu saja para tentara Belanda dari tahun 2006 bertanggung jawab atas perdamaian dan rekonstruksi provinsi selatan Uruzgan. Pada tahun 2007 Belanda mencapai kontribusi tertinggi karena melibatkan hampir 2.000 tentara!

Dibalik kesuksesan Sang Merah dan Putih ada sang Biru yang menyelimuti mereka yaitu ketekunan. Orang Belanda termasuk kelompok manusia yang sangat rajin, pintar, ulet, dan terbuka. Beberapa keunggulan Negara Kincir Angin ini adalah perusahaan Deltawork, Lampu Phillips, Mobil Terbang PAL-V, dan masih banyak lagi. Sampai sekarang, Belanda masih terus bertahan sebagai negara maju, seperti cita-cita para pendirinya. Simbol-simbol kepopuleran bangsa itu masih kokoh bertahan di antara kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Bahkan Netherland atau biasa disebutHolland,yang berasal dari dua nama teluk di bagian barat provinsi, Utara dan Selatan Belanda, merupakan bagian paling makmur dan berkembang yang memiliki sejarah paling berpengaruh di abad ke-17.

image

image

Bendera memiliki arti yang amat sangat penting bagi suatu negara dan juga dapat mencerminkan identitas bangsa. Telah kita lihat jelas masing-masing unsur dari tiga warna di bendera ini yang memiliki keterkaiatan yang kuat dan selaras satu dengan lainnya. JE MAINTIENDRAI!

Referensi

www.rijksoverheid.nl
www.google.co.oid
www.wikipedia.co.id

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s