KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#297 Kelangkaan Sumber Energi? Siapa Takut!

Leave a comment

Oleh Vicky Apriandana 

Dunia dihadapkan pada tantangan kelangkaan energi di masa depan. Fosil sebagai sumber energi utama diprediksi akan habis dalam waktu kurang dari 50 tahun lagi. Saat energi fosil punah, masyarakat harus beralih pada sumber energi terbarukan (renewable energy) sebagai alternatif, salah satunya adalah energi angin (wind) dan energi panasbumi (geothermal).
Belanda dan Wind Energy 
Beberapa penelitian menyatakan bahwa angin dapat memenuhi kebutuhan 20% listrik dunia. Salah satu negara yang telah memanfaatkan angin sebagai sumber energi untuk membangkitkan listrik adalah Belanda. Negara yang identik dengan sebutan “negeri kincir angin” tersebut memiliki potensi angin yang cukup besar, khususnya di lepas pantai.
Pasca krisis energi dunia pada era 1970-an, Belanda yang dimotori oleh pakar energi angin, Chris Westra, mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTAngin) di sekitar wilayah Desa Kamperduin. Kemudian pengembangan berlanjut di Desa Kinderdijk melalui pembangunan empat unit PLTAngin lepas pantai pertama dengan kapasitas 1 MW (megawatt).
Hingga tahun 2012 telah terpasang lebih dari 1.800 turbin PLTAngin di Belanda, dengan kapasitas mencapai 2.391 MW. Rencananya hingga tahun 2020, Belanda menargetkan dapat membangun PLTAngin berkekuatan hingga 6.000 MW.
Sebagaimana fenomena menipisnya cadangan energi fosil dunia, Belanda pada tahun 2010 hanya memproduksi crude oil sebesar 7.760 barrel/hari, mengalami penurunan sekitar 90% dibandingkan produksi tahun 1980an. Namun di situlah justru karakter khas bangsa Belanda muncul dalam menghadapi tantangan kelangkaan energi masa depan, melalui pengembangan renewable energy,Belanda justru mampu meningkatkan ekspor listrik tahun 2011, 26 kali lebih besar dibandingkan tahun 2000, sekaligus mengurangi impor listrik sebesar 78% di tahun berikutnya. Kini turbin angin yang setengah abad silam dikembangkan Belanda, akan menjadi bagian dari salah satu penyuplai energi listrik utama di masa depan.
Indonesia dan Geothermal Energy
Saat ini 95% kebutuhan energi nasional masih bergantung pada energi fosil. Padahal tahun 2011 lalu Kementerian ESDM mengingatkan bahwa cadangan fosil kita hanya cukup untuk 23 tahun mendatang. Ketika energi fosil sang penggerak roda perekonomian bangsa sampai pada masa kepunahannya, maka energi terbarukan harus bersiap menjadi alternatif.
Indonesia memiliki potensi panasbumi yang cukup besar, 54.71% potensi panasbumi dunia ada di Indonesia. Pemanfaatan energi panasbumi untuk Pembangkit listrik di Indonesia pertama kali adalah inisiatif dari J.B. Van Dijk. Tahun 1918 seorang berkebangsaan Belanda yang menjadi pionir pengembangan panasbumi di Indonesia tersebut berhasil menemukan potensi panasbumi di gugusan Gunung Gajah Kamojang Bandung sebesar 300 MW. Hingga akhirnya beroperasi Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP) Kamojang sebagai PLTP pertama di Indonesia pada tahun 1982.
Penelitian dan pengembangan terus dilakukan hingga pada tahun 1983 ditemukan kembali potensi panasbumi di gugusan Gunung Papandayan Garut sebesar 250 MW dan Gunung Salak Bogor sebesar 400 MW.
Saat ini telah terpasang PLTP di Indonesia dengan kapasitas lebih dari 1000 MW, dari 27.357 MW total potensi panasbumi yang dimiliki Indonesia. Potensi yang sangat luar biasa karena mampu memenuhi kebutuhan listrik Indonesia di masa depan.
————————————————–
Potensi Renewable Energy yang dimiliki membuat Belanda tidak terjebak pada ketergantungan terhadap energi fosil. Belajar dari Belanda dalam menghadapi tantangan energi masa depan, Indonesia harus mampu mengoptimalkan pemanfaatan geothermal energy yang dimiliki. Jika Belanda terkenal sebagai “Negeri Kincir Angin”, maka seharusnya Indonesia pantas berpredikat “Negeri Panasbumi”.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s