KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#292 Ahli Waris Semangat Perintis Belanda Itu Sebuah Akronim

Leave a comment

Oleh Ika Indah Fitria

“Imagine: It’s Saturday afternoon, and all the barbecues are running,”Maas melanjutkan, “You can just reach out and give your upstairs neighbor a beer.”

Winy Maas adalah seorang arsitektur muda Belanda, yang bersama kedua rekannya sesama arsitektur, Jacob van Rijs dan Nathalie de Vries, sudah belasan tahun terakhir ini sedang merakit senjata untuk berperang melawan masalah urban sprawl and consumption. Senjata itu mereka namakan MVRDV, gabungan unik dari akronim nama mereka masing-masing.

MVRDV adalah amalgamasi dari kehebatan otak kiri dan otak kanan yang seimbang milik ketiga arsitektur asal Belanda ini. MVRDV sendiri terbentuk pada tahun 1993 dan tentunya berbasis di Belanda. Proyek terdahulu mereka seperti pembangunan kantor pusat perusahaan public broadcasting VPRO dan perumahan WoZoCo untuk para orang tua di Amsterdam telah menjadi kunci mereka untuk membuka mata dunia dan mendapatkan pengakuan Internasional.

image

VPRO Source: abduzeedo.com

image

WoZoCo Source: www.mimoa.eu

image

WoZoCo Source:http://detailsorientedbyshapepluspace.tumblr.com/post/31271695899/balconies

KM3 – Excursions on Capacities

image

Source: books.youworkforthem.com

Masalah global seperti tata perkotaan yang sangat berantakan dan pertumbuhan  populasi yang sangan pesat, serta banyaknya pembangunan horizontal, telah menyisakan sedikit ruang di permukaan bumi untuk mendirikan bangunan lainnya, yang seiring berkembangnya jaman, tentu dibutuhkan. MVRDV memiliki cara khas mereka untuk menghadapi masalah ini. Dalam buku mereka yang berjudul KM3-Excursions on Capacities, Maas, Rijs, dan Vries menuliskan analisis mereka tentang kota tiga dimensi. Kota pelarian dari kota dua dimensi yang tidak hanya melakukan pembangunan depan-belakang dan kiri-kanan, tetapi juga atas-bawah, layaknya bangun ruang yang pernah kita pelajari sewaktu smp. Tidak akan ada lagi istilah diatas permukaan dan bawah tanah, tidak akan ada lagi istilah zero ground levelStacking atau pembangunan susun alias vertikal menjadi ide utama KM3 dalam pemanfaatan ruang. Setelah meramu teori dan hipotesis mereka dalam KM3, Vertical Suburbsekarang sedang dalam proses pembangunan di Valencia, Spanyol.

“The ideal suburban plots are stacked into a high-rise residential tower, each home with its own hanging, cantilevered garden and a free standing tree.” MVRDV

Proyek dan Prestasi

Dengan diwarisi semangat perintis tanah airnya, MVRDV telah, sedang, dan akan mengerjakan banyak sekali proyek besar. Beberapa bahkan telah membawa mereka pada banyak penghargaan. Hingga saat ini, MVRDV sudah menjasai desain pembangunan beberapa proyek yang tersebar di 21 negara Asia dan Eropa serta Amerika Serikat. Pembangunan tersebut mencakup 16 tipologi bangunan seperti hotel, fasilitas kesehatan, dan fasilitas pendidikan. Butuh gulungan kertas panjang untuk menulis daftar penghargaanmaupun jajaran nominasi yang pernah diraih MVRDV. Penghargaan terakhir yang diraih MVRDV pada tahun ini adalah Red Dot Award 2013 atas karya mereka dalam pembangunan Book Mountain.

image

Book Mountain-Tumblr

Semangat itu hidup di dalam diri ketiga arsitek ini. Semangat untuk menyumbangkan anugerah yang menetap dan tinggal dalam diri mereka kepada masa depan seluruh kehidupan di bumi ini.

“We see the world changing, we monitor its development, and we react.”Jacob van Rijs

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s