KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#286 Tiger Stone : Stone Carpet Machine

Leave a comment

Oleh Zulaikha Siti Anisah 

“Most of my ideas is not feasible”    by Henk van Kuijk      

Tiger Stone ternyata adalah sebuah mesin untuk membuat jalan secara instan. Mesin ini pertama kali dibuat oleh ilmuwan asal Belanda yang bernama Henk van Kuijk. Henk adalah seorang direktur dari perusahaan industry Belanda, Vanku.
Henk van Kuijk
Awalnya Henk berpikir bahwa pekerjaan membuat jalan merupakan suatu proyek besar yang akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Karena  menurut Henk bekerja sambil berlutut dan membuat jalan raya dengan tangan manusia adalah pekerjaan yang terlalu berat untuk dilakukan. Ditambah lagi harus melibatkan banyak pekerja untuk menyelesaikan pembangunan satu jalan saja. Dengan Tiger Stone-nya ini, Henk membuat mesin paving yang memanfaatkan gaya gravitasi dan sebuah motor listrik untuk mencetak batu jalan dan juga jalan.
Konstruksi dari Tiger Stone ini dibuat sedemikian rupa sehingga bentuk jalan dari paving block yang dihasilkan tetap terlihat tradisional. Karena mesin ini menggunakan tenaga listrik, kita masih tetap bisa mengaturnya secara manual dan yang pasti mesin ini tidak menimbulkan suara yang berisik.
Cara kerja dari Tiger Stone jika dirunut dari awal, adalah seperti berikut:
1. Letakkan paving block pada grid yang terdapat pada Tiger Stone sambil ditata sesuai dengan pola yang diinginkan.

Taruh paving blok pada grid

2. Secara otomatis sistem yang dirancang  menggunakan sistem berbasis  gravitasi ini akan  menggelincirkan paving block tersebut ke dalam pola yang terdapat pada Tiger Stone.
3. Setelah grid terisi penuh, maka akan muncullah “Karpet Batu” seutuhnya di atas permukaan tanah.

Karpet Batu

4. Setelah paving block  tersebut diletakkan di atas permukaan tanah, maka pekerja yang lain tinggal melintasi jalan tersebut dengan menggunakan kendaraan berat yang bertujuan untuk merekatkan dan memadatkan struktur jalan tersebut.

Proses merekatkan paving blok

Akhir-akhir ini memang jarang terlihat pembuatan jalan dengan menggunakanpaving block karena dirasa kurang efisien dan terlalu banyak menghabiskan waktu sehingga banyak perusahaan pengembang jalan raya yang menggunakan beton ataupun aspal. Tapi dengan adanya Tiger Stone dan berkat kerja keras dari Henk van Kuijk  membuat jalan raya dari  paving block hanya seperti menghamparkan karpet besar di jalan raya.Dengan menggunakan Tiger Stone, dua orang pekerja dapat menyelesaikan jalan sepanjang ratusan meter persegi dalam sehari. Coba bandingkan dengan cara tradisional, dengan cara tradisonal seorang pekerja hanya dapat menyelesaikan 75-100 meter persegi saja dalamsatu hari. Hasilnya cukup signifikan.
Tiger Stone membuat jalan hanya seperti menghamparkan kapet besar di jalan raya
Referensi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s