KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#285 Van Houten : Bitter Sweet Chocolate

2 Comments

Oleh Zulaikha Siti Anisah

hot chocolate

Siapa yang tidak suka hot chocolate? Minuman manis dengan aroma cokelat yang lezat. Minuman sederhana ini juga dapat merubah suasana hati dengan seketika. Enak diminum selagi hangat untuk mengusir udara dingin di pagi hari maupun malam hari. Tapi..  coba saya tanya, darimana asalnya cokelat? Pasti jawaban  yang pertama kali terbenak di pikiran kita adalah BELGIAN CHOCOLATE dan SWISS CHOCOLATE, karena memang kedua negara tersebut terkenal akan kelezatan cokelatnya. Tapi siapa yang menyangka bahwa sebenarnya yang pertama kali menemukan teknik untuk menghilangkan rasa pahit dari biji cokelat dan membuat cokelat dapat larut ke dalam air adalah seorang kimiawan asal Belanda bernama Coenraad Johannes VanHouten.

Di Belanda, keluarga Van Houten memang dikenal akan kehebatannya dalam mengolah cokelat. Sebelumnya pada tahun 1828 ayah dari Coenraad Van Houten, Casparus Van Houten, berhasil mematenkan metode untuk mengurangi kadar lemak pada biji kakao, yaitu sampai sekitar 50 % dari isi “cocoa butter” yang terdapat pada pusan biji cokelat itu sendiri (‘nib’). Metode tersebut, diterapkan oleh beliau pada mesin yang diberi nama “Mesin Van Houten”, mesin yang menggunakan tekanan hidrolik. Siapa yang menyangka ternyata mesin ini sangat fenomenal. Tanya kenapa? Karena berkat mesin ini maka terciptalah suatu “Adonan” yang bisa ditumbuk menjadi bubuk kakao, yang merupakan cikal-bakal nya semua produk yang terbuat dari cokelat.

Cocoa nib

Dengan dihasilkannya bubuk kakao ini, semua jenis makanan yang berbahan baku cokelat jadi mudah untuk diproses. Dari bubuk kakao kita dapat membuat minuman cokelat dan juga memungkinkan untuk membuat cokelat padat dengan cara menggabungkan cokelat dengan gula yang  kemudian di-remix  dengan cocoa butter agar menjadi padat. Yah.. boleh dibilang bentuknya sudah sangat mirip dengan cokelat batang yang ada di pasaran saat ini.

Proses Mengolah Cokelat

Kalau sebelumnya cokelat hasil pengolahannya Mesin Van Houten buatan Casparus van Houten hanya dapat menghasilkan bubuk kakao, sang anak Coenraad Van Houten, ingin agar bubuk cacao tersebut dapat dengan mudah tercampur dengan air. Teknik yang ditemukan oleh Coenraad Van Houten ini disebut dengan teknik “Dutching”, dimana hasil akhir yang kita nikmati adalah cokelat Belanda yang berwarna gelap dan memiliki rasa yang “mild”.

“Actually, there’s nothing very Dutch about Dutch Processed Cocoa. It’s only called a Dutching process because the person who invented it”

Dutching”, yang merupakan solusi dari Van Houten ini, sebenarnya adalah suatu proses kimia yang sederhana. Langkah-nya pun hanya terdiri dari 4 langkah yang sederhana:
1.       Menurunkan keasaman
2.       Meningkatkan kelarutan
3.       Meningkatkan warna
4.       Menghaluskan rasa

Cukup simple ide yang mereka kembangkan tetapi sangat berarti untuk perkembangan di Industri Cokelat. Jadi patut kita acungi jempol bahwa “Dutching” berkombinasi dengan “Mesin Van Houten” maka dihasilkan bubuk cokelat yangsangat berkualitas. Berkat penuamuan kombinasi ayah dan anak Van Houten ini, pada abak ke-19 cokelat mulai diproduksi secara massal dan banyak orang yang menyebut bahwa masa itu adalah masa “Demokratisasi Cokelat “. Jadi sudah dapat dipastikan merekalah “CHOCOLATE PIONEER” dari Negeri Kincir, karena berkat mesin dan teknologi yang mereka ciptakan maka bermunculanlah para PIONEER lainnya di industri Cokelat, sebut saja John Cadburry, pemilik perusahaan cokelat terkemuka dari Inggris.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

2 thoughts on “#285 Van Houten : Bitter Sweet Chocolate

  1. Pingback: Finalis Kompetiblog 2013 | KOMPETIBLOG 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s