KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#282 Teknologi Penakluk Lautan Ala Holland

Leave a comment

Oleh Winny Alna Marlina

Banjir lagi, banjir lagi! Mungkin itulah sebagian opini yang dikeluarkan oleh sebagian besar masyarakat Jakarta. Hampir setiap tahunnya sebagian daerah di Jakarta digenangi air dikala musim hujan. Belum lagi banjir besar yang siap melanda Jakarta setiap 5 tahunan yang hingga saat ini masih menjadi misteri dan belum juga sanggup untuk ditanggulangi oleh masyarakat dan pemerintah.

Banjir Jakarta (Sumber Gambar: http://www.Merdeka.Com)

Menilik dari sejarahnya, sebenarnya banjir di Jakarta sudah terjadi jauh semasa era kerajaan Tarumanegara yang terukir jelas di prasasti tugu. Prasasti tersebut isinya menerangkan penggalian Sungai Candrabaga (Kali Bekasi) oleh Rajadirajaguru dan penggalian Sungai Gomati oleh Purnawarman pada tahun ke-22 masa pemerintahannya Abad Ke-5 Masehi. Penggalian sungai tersebut merupakan gagasan untuk menghindari bencana alam berupa banjir yang sering terjadi pada masa pemerintahan Purnawarman, dan kekeringan pada musim kemarau[1].

Pada masa Kolonial Belanda, permasalahan banjir di Batavia juga menjadi permasalahan yang telah dibahas dan digodok dengan serius pada saat itu. Bahkan cetak biru sistem kanal di Amsterdam dibawa ke Indonesia dan diterapkan di Jakarta. Bendungan Katulampa merupakan satu diantara bendungan yang dibangun oleh pemerintahan saat itu dengan menggunakan teknologi manajemen pengairan dari negeri Belanda. Ditambah lagi pembangunan kanal-kanal air dan pintu-pintu air di beberapa titik menjadi senjata untuk mengatasi banjir pada era itu. Namun hal ini tidak berlangsung lama dalam mengatasi banjir Jakarta. Pertumbuhan penduduk menjadi salah satu faktor yang juga ikut memicu banjir yang semakin tak terkendali.

Namun meskipun begitu, Water Management System dari negeri Belanda telah jadi pelopor dalam penanggulangan masalah banjir di Jakarta. Nyatanya hingga saat ini, bendungan katulampa masih beroperasi dan menjadi juru kunci ketika banjir datang menghampiri Jakarta pada awal 2013 ini.

Bendungan Katulampa (Sumber Gambar: http://www.Tempo.Co)

Bahkan hingga kini, Belanda telah menjadi pioneer sebagai negara yang berani untuk menaklukan lautan dengan melakukan inovasi terhadap teknologi bendungan yang dimilikinya. Hingga 100 tahun terakhir, tercatat dua buah Mega Proyek Bendungan yang telah berhasil dibuat dan dilakukan oleh “Negeri Seribu Bendungan” ini. Yang pertama tercatat sebelum perang dunia (antara tahun 1927 hingga 1933), Belanda sudah selesai melaksanakan proyek The Afsluitdijk. Sebuah Mega Proyek pembangunan bendungan yang membentang sepanjang 32 km dengan lebar mencapai 90 meter dan menghubungkan provinsi Belanda Utara (North Hollad Province) dengan Provinsi Friesland.

Gambar Afsluitdijk

Mega Proyek yang kedua adalah Deltawerken atau juga dikenal dengan Delta Wokrs. Sebuah Water Management System yang dibangun di barat daya Belanda. Tujuan awal dari proyek ini untuk melindungi lahan di sekitar Rhine-Meuse-Scheldt delta dari permasalahan banjir yang sering terjadi dimasa lalu, namun kini fungsinya telah melebihi dari yang diharapkan dan telah menjadi pioneer sebagai media pertahanan modern terhadap banjir. Bahkan karena kehebatannya, Delta Works telah dinyatakan sebagai salah satu dari “Tujuh Keajaiban Dunia Modern” oleh American Society of Civil Engineers.

DeltaWarken (Delta Works)Sumber Gambar: http://www.deltawerken.com

Bukan tidak mungkin, jika Water Management System dari negeri Belanda kembali kita adopsi dan aplikasikan di Jakarta untuk penanganan banjir ibukota. Memang kondisi topografi ibukota sedikit berbeda dengan negeri Belanda tetapi hal ini tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan Water Management System yang dibuat khusus untuk Jakarta berdasarkan apa yang sudah dicontohkan oleh Belanda. Kota-kota di Belanda dapat dijadikan percontohan dan acuan dalam membuat Water Management System untuk menangani permasalah banjir di Ibu Kota.

Referensi

http://en.wikipedia.org/wiki/Afsluitdijk
http://www.traildino.com/trace/continents-Europe/countries-Netherlands/trails-Friese_Kustpad
http://www.deltawerken.com/Deltaworks/23.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Delta_Works
http://www.hotelzierikzee.nl/content.php?language=nl&catid=start&pageid=32
http://www.afsluitdijk.net

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s