KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#281 Jas Merah Wajib Bagi Pionir Belanda

4 Comments

Oleh Masgustian

Kalau dilihat di peta nih, Belanda merupakan negara liliput di antara negara-negara tetangganya. Eh tapi jangan salah, Belanda merupakan peringkat ke-lima negara terinovatif di eropa. Nah penasaran dong, bagaimana Belanda bisa menghasilkan pionir-pionir inovasi bagi negaranya?

Yes! The answer is Jas Merah.

Pada bengong kan?

Jadi para pionir Belanda wajib mengenakan jas merah?

Jreng -jreng!! Kali ini kalian benar kawan-kawan. Namun jas merah yang dimaksud adalahJAngan Sekali-kali MElupakan sejaRAH. Ingat kan? jargonya bapak revolusi bangsa kita? Presiden Soekarno pernah berpesan pada generasi muda untuk tidak melupakan sejarah. Presiden Soekarno memang benar karena Belanda pun sukses gara-gara jas merah ini.

Kok bisa? Apa buktinya?

Oke deh langsung saja kita beber nih rahasia kesuksesan Belanda dalam mendidik generasi mudanya.

Sejarah. Sejarah merupakan aspek penting dalam kehidupan kita karena tanpa sejarah, tiada berarti apa-apa hari ini. Kita tidak bisa sampai pada titik perkembangan saat ini tanpa ada sejarah yang melatarbelakanginya. Kemudian apa hubungan Belanda dan sejarah? Yup, benar kawan-kawan, Belanda merupakan negeri yang memiliki banyak museum. Asal tau aja museum di Belanda hampir ada seribu loh. Bisa kalian bayangkan negara semungil itu dengan seribu museum di dalamnya.

Museum di Belanda sangat terawat sehingga memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Museum pun terus berinovasi untuk memperbaiki fasilitas, aksesibilitas, dan daya tarik tentunya. Salah satu contohnya adalah event tahunan Belanda yaitu MuseumWeekend.Ini merupakan acara pembukaan museum secara gratis atau diskon tiket di seluruh Belanda untuk masyarakat umum, biasanya acara ini digelar pada bulan April.Tentu saja MuseumWeekend menjadi sarana belajar yang rekreatif bagi masyarakat setempat sekaligus mengembangkan sektor pariswisata sejarah.

Kemudian di Belanda ada yang namanya Museumkaart yaitu semacam kartu akses museum yang memberi fasilitas lebih pada penggunanya, seperti potongan harga masuk museum dan fasilitas khusus pada event yang diselenggarakan museum. Oh ya pemerintah setempat juga memberi diskon khusus bagi pelajar yang ingin mengunjungi museum loh.

Tapi pertanyaanya apa hubungannya Sejarah, Museum, dan Peningkatan mutu genereasi muda di Belanda?

Museum merupakan tempat belajar dan mengenal sejarah, karena sejarah merupakan akumulasi rekam puncak-puncak pencapaian kehidupan manusia di masa lampau yang berguna untuk menapaki jejak masa depan. Museum dapat memberi inspirasi mozaik kejayaan leluhur yang dapat menjadi tonggak untuk merasakan bangganya menjadi bagian dari masa lalu yang luar biasa. Sikap nasionalisme dan inovatif bangsa belanda disemai melalui  lorong-lorong penghubung masa lalu dan masa depan yaitu museum.

Nampaknya bangsa belanda sadar betul bahwa sinerji sejarah, museum, dan masa depan adalah infestasi luar biasa yang akan diwariskan dari generasi kepada generasi berikutnya. Layaknya seorang yang terus tumbuh dewasa, sesekali kita harus menoleh kebelakang untuk medapatkan semangat dan inspirasi baru dari kenangan masa lalu sebagai bekal meniti puncak kematangan kedewasaan di masa depan.

Para pionir Belanda harus berkaca dari leluhur mereka karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa nenek moyang mereka. Museum bagi Belanda adalah nafas kehidupan yang terus melahirkan generasi-generasi luar bisa yang kelak juga akan dimuseumkan dan dikenang sebagai leluhur yang membanggakan.

Inilah Jas Merah yang dikenakan para pionir Belanda. Sudahkan kalian mengenakan Jas Merah ini? dan sudahkah kalian siap menjadi pionir yang akan menorehkan sejarah?

Referensi

http://www.hollandmuseum.org/dutchgalleries.asp

http://www.museumweekend.nl/

http://www.amsterdam-mamas.nl/stories/parenting/school-age/programme-for-international-schools-at-tropenmuseum

http://www.dutchdailynews.com/netherlands-ranks-5th-most-innovative-country-in-the-european-union/

http://www.holland.com/global/tourism/article/national-museum-weekend.htm

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

4 thoughts on “#281 Jas Merah Wajib Bagi Pionir Belanda

  1. Alhamdulillah akhirnya di publish juga, rasanya legaa banget, setelah 3 hari penantian😀
    semoga nomer 281 jadi hoki, amiiin
    makasih admin kompetiblog😀

  2. Pingback: Finalis Kompetiblog 2013 | KOMPETIBLOG 2013

  3. cieee selamat ya. kalo masuk jgn lupa bawa oleh2 dari Belanda.essay ny menarik kok…

    • makasih banyak kak wina,😀 kak wina juga berjuang ya!! kalo ada kesempatan lomba lagi harus ikut, kita berjuang bareng!! maksih sudah mau baca esay tian😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s