KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#280 Lampu Ajaib dari Negeri Belanda

3 Comments

Oleh Masgustian

Siapa bilang kisah lampu ajaib hanya ada di negeri seribu satu malam, negeri Belanda juga punya loh.

Hehe, Pada bingung kan?

Layaknya lampu ajaib yang dimiliki Aladin, Belanda juga memiliki lampu ajaib.Meskipun sama-sama ajaib, kedua lampu ini berbeda. Jika lampu milik Aladin bisa mengeluarkan jin sakti maka lampu ajaib negeri Belanda ini dikatakan ajaib karena tidak perlu menggunakan listrik konvensional untuk menyalakannya.

Lhoalah kok bisa sih?

Lampu merupakan sumber cahaya di rumah kita yang menurut saya merupakan kebutuhan penting. Kenapa? karena lampu memberi cahaya terang dalam kegelapan. Tentu saja kalian tidak bisa membaca buku dimalam hari tanpa cahaya terang dari lampu kan? pasti repot jika kalian harus menyalakan lilin tiap kali membaca buku di malam hari, belum lagi efek hitam-hitam di hidung akibat asap lilin. Repot deh pokoknya kalo lampu tiba-tiba lenyap dari dunia.

Masalahnya sekarang adalah lampu dapat menyala karena ada listrik dan listrik ada dari sistem energi yang entah itu berasal dari nuklir, solar,gas bumi. Sumber energi kuno ini adalah sumber energi yang tak tebarukan alias akan habis suatu saat nanti, nah ini lah yang mendorong orang Belanda untuk menenukan lampu-lampu ajaib.

Oke untuk yang pertama, di negeri Belanda ada lampu ajaib yang namanya Latro. Latro adalah lampu ajaib dari ganggang yang bisa menyala tanpa listrik.

Adalah  Mike Thompson seorang saintis yang berdomisili di Belanda yang mengembangkan lampu ajaib ini. Cara kerja lampu ini yaitu ganggang  yang dapat bercahaya di kegelapan dengan reaksi karbondioksida, air, dan sinar matahari. Jadi jika kalian memiliki lampu ini cukup isi air, beri hembusan nafas, kemudian taruh dibawah sinar matahari, maka ganggang itu akan menyerap cahaya matahari dan karbondioksida, kemudian bereaksi hingga menimbulkan cahaya.  If you buy one of this lamp, all you need to make a light with this magic lamp is: algae, water, breath, and sunlight!!

Kemudian lampu ajaib berikutya adalah Bio-light yaitu konsep penerangan rumah menggunakan cahaya yang dihasilkan oleh bakteri.

Baru-baru ini Philips, perusahaan elektrik ternama asal Belanda mengembangkan lampu dari bakteri. Lampu ini didesain untuk kebutuhan rumah tangga, karena lampu ini terdiri dari tabung-tabung yang berisi bakteri yang terjalin oleh selang yang terhubung ke bagian yang terpisah yang berisi sampah rumah tangga yang menghasilkan semacam metana sehingga bakteri dalam tabung bereaksi dan bercahaya.

Satu lagi nih yang gak kalah brilian yaitu lampu yang  dapat menyala dari energi listrik tanaman.

Plant-Microbial Fuel Cell merupakan sebuah terobosan baru yang menggunakan energi listrik dari tanaman. Ternyata proses hidup tanaman menghasilkan energi listrik yaitu ketika tanaman berfotosintesis maka bakteri didalam tanah ikut mengurai dan melepasakan elektron yang dapat ditangkap oleh elektroda untuk menghasilkan listrik. Plant-Microbial Fuel Cell ini dikembangkan di Universitas Wageningen dan Penelitian di Belanda.

Negeri seribu satu malam memang memiliki banyak dongeng ajaib tetapi Belanda juga memiliki para pionir yang bisa menciptakan banyak keajaiban. Jika keajaiban dapat diciptakan, tentu tak ada hal yang mustahil di dunia ini, maka jangan takut bermimpi dan bertekatlah untuk menjadi pionir sebagai pencipta keajaiban berikutnya.

Be a pioneer, Make a magic, and Boom!! Future is in your hand

Referensi

http://www.designboom.com/design/mike-thompson-latro-algae-lamp/
http://www.gizmag.com/algae-power-light/15361/
http://www.gizmag.com/philips-bio-light-concept-taps-bioluminescence-for-home-use/20632/
http://www.gizmag.com/plant-microbial-fuel-cell/25163/
http://www.youtube.com/watch?v=Ku1-_MOzkTE
www.miket.co.uk/images/Latro.pdf‎

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

3 thoughts on “#280 Lampu Ajaib dari Negeri Belanda

  1. makasih admin kompetiblog, dan akhirnya tulisan saya dipublish😀
    legaaaaaaaaaaa😀

  2. suka cerita negeri satu malam,hohoho

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s