KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#277 Air Sumber Inspirasi

Leave a comment

Oleh Digusia Nessa

Belanda gambaran nyata negara yang mempunyai historis panjang dengan air. Tentu kita masih ingat, kejayaan nenek moyang Belanda mengarungi lautan mendominasi perdagangan Eropa, Asia dan membentuk perserikatan dagang VOC yang menjadi pionir perusahaan multinasional di dunia yang mengenalkan sistem pembagian saham.

Sebagai negara yang setengah wilayahnya berada 1 meter dpl. Belanda menjadi langganan banjir, Nenek moyang Belanda mulai membangun bendungan,reklamasi dan drainase kanal yang unik UNESCO’ World Heritage melindungi daerah rendah.  Pembangunan ini melihatkan Belanda bangsa yang mandiri , teratur dan innovative dalam mencari solusi negaranya.

31 Januari 1953 banjir yang merusak tanggul dan membunuh 1.800 orang. Warisan teknology, ilmu pengetahuan, creativitas, dan kemandirian masa lalu. Menginspirasi Belanda untuk bangkit dari bencana dan mencari solusi creative. Delta works bendungan setinggi 13 M dan sepanjang 16.500 km. Bendungan ini menjadi  one of seven wonders of the modern world . Delta works tidak hanya sebagai penahan gelombang tetapi juga tidak merusak ekologi.

Tetapi Perubahan iklim menyebabkan kenaikan air laut. Bendungan, pompa air dan reklamasi belum membuat Belanda benar-benar kering. Air juga menjadi ancaman bagi negara lain. 2004, bencana tsunami dan gempayang membunuh jutaan orang di Aceh, thailand srilangka, 2011 terjadi jepang dan badai katrina di New Orleans. Belanda sebagai pionir water management selalu berpikir satu langkah lebih maju. Ini saatnya mengubah hubungan baru dengan air bukan menaklukan.

Rumah Masa Depan

Belanda menginspirasi kita, bencana bukan musibah tetapi peluang untuk berinovasi. Masyarakat Belanda sudah belajar untuk bersama-sama mencari solusi tidak hanya bergantung kepada pemerintah. Wilayah terbatas, ancaman banjir, dan jumlah penduduk yang meningkat masalah yang membutuhkan solusi. Perusahaan Dura Vermer berhasil menciptakan rumah anti banjir dan tidak membutuhkan tanah Floating house fleksibel karena bisa mengikuti ketinggian air, dibangun diatas air dan kalau sudah bosan kita juga bisa memindahkan ke tempat baru.

 

Floating house ini menginspirasi Koen Otheis dan Rudger der graaf arsitek muda Belanda membuat terobosan baru dengan mengembangkan perumahan diatas air atau floating town. Konsep ini bisa membantu menciptakan better life, better city, better world. Proyek ini juga bakal dikembangkan di beberapa negara.

 

Sebagai pionir dalam menciptakan rumah masa depan, Belanda juga memberikan solusi untuk warga dunia. Winy Maas dan Jo Coenen dari MVRDV mendapatkan penghargaan dari American Institute of Architects (AIA) rancangan rumah yang creative, tahan banjir dan ramah lingkungan untuk korban Katrina.

Air sumber inspirasi berinovasi kreatif dan learning by doing. Banjir dimasa lalu membuat masyarakatnya berinovasi mengembangkan “Polder models” masyarakat berbagai kelas social bekerja sama untuk berbagi biaya pemeliharaan sistem kincir angin dan tanggul yang melindungi mereka dari banjir dan berubah menjadi tanah pertanian rawa kering yang dikenal sebagai “polder.” Sistem ini juga diaplikasi dalam perekonomian.

Saat Negara lain dihantam krisis ekonomi, demo dan pemogokan buruh. Belanda santai menyingkapinya dengan system poldering partai politik, serikat buruh dan pejabat mereka focus mencari solusi bersama bukan berebut prinsip. Tantangan ini membuat bangsa Belanda bersatu dan juga pionir yang creative melihat peluang. Belanda tidak memiliki SDA tetapi dengan menjadi pionir diberbagai bidang  mereka bisa mengekspor pengetahuan. Semangat ini membuat mereka menjadi pionir sejati karena mereka mandiri dengan memanfaatkan sumber yang ada.

Referensi

http://www.britannica.com/EBchecked/topic/409956/Netherlands
http://green.blogs.nytimes.com/2009/10/27/as-sea-levels-rise-dutch-see-floating-cities/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s