KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#274 Belanda: Uni Eropa, Euro, dan Ekonomi

6 Comments

Oleh Putri Nurmala

Sistem perekonomian Belanda merupakan sistem ekonomi terbuka yang sangat bergantung pada perdagangan internasional. Dalam ekonomi internasional, Belanda merupakan negara perintis Uni Eropa saat pendirian organisasi itu pada 1992. Dimana Uni Eropa adalah sebuah organisasi antar-pemerintahan dan supra-nasional, yang terdiri dari negara-negara Eropa, yang sejak 1 Januari 2007 telah memiliki 27 negara anggota. Persatuan ini didirikan atas nama tersebut di bawah Perjanjian Uni Eropa (yang lebih dikenal dengan Perjanjian Maastricht) pada 1992. Organisasi internasional ini bekerja melalui gabungan sistem supranasional dan antarpemerintahan.

Dengan sifat perekonomian yang maju dan terbuka sejak awal tahun 1980-an Belanda menjadi salah satu Negara perintis euro, sejak Negara ini mengganti mata uang pertamanya Gulden pada tanggal 1 Januari 2002. Euro adalah mata uang yang dipakai di 17 negara anggota Uni Eropa. Wilayah pengguna mata uang ini disebut sebagai Zona Euro. Secara giral, mata uang ini mulai dipakai sejak tanggal 1 Januari 1999, tetapi secara fisik baru dipakai pada tanggal 1 Januari 2002.

 

Oleh karena itu, perdagangan internasional menjadi kunci bagi sistem perekonomian Belanda. Berlokasi di delta, di mana sejumlah sungai besar yang ada di Eropa mengalir ke Laut Utara, membuat Belanda menjadi tempat yang ideal bagi pusat perdagangan dan transportasi untuk seluruh wilayah Eropa Barat. Belanda membawa dan mendistribusikan hampir 90% dari barang-barang yang beredar di Eropa. Belanda merupakan negara dengan perekonomian terbesar ke-15 dan pengekspor terbesar ke-10 di dunia. Pada tahun 2007, Belanda menjadi negara pengekspor terbesar ke-3 setelah Jerman dan Perancis. Ekspor utama Belanda bergerak di bidang mesin, kimia dan pengolahan makanan. Mitra ekspor terbesar adalah Jerman, RRC, Belgia, Amerika Serikat dan Britania Raya.

Mengenai transportasi, Belanda juga memiliki peran penting dalam perekonomian di Eropa. Salah satunya adalah Rotterdam yang memiliki pelabuhan terbesar dan termodern di dunia sampai dengan tahun 2004 saat Shanghai mengambil alih posisi ini. Bandar udara Schiphol Amsterdam merupakan salah satu bandar utama di Eropa yang menangani hampir 48 juta penumpang pada tahun 2007. Perekonomian Belanda memiliki kekuatan terutama pada sektor-sektor industri jasa, produk makanan, bunga, dan industri kreatif.

       

Seiring berjalannya waktu, perekonomian Belanda beralih dari perekonomian berbasis produksi menjadi berorientasi pada jasa. Saat ini, lebih dari 80% aktivitas ekonomi Belanda berbasis pada jasa. Belanda juga merupakan basis dari beberapa bank internasional, termasuk ING dan Rabobank. Kedua bank tersebut termasuk dalam jajaran 20 bank teratas dunia.

Belanda berada di posisi keenam belas berdasarkan perolehan PDB. Ekonominya berkembang dengan sangat baik pada tahun 1998 – 2000, hampir 4%, lebih tinggi di atas rata-rata dibandingkan dengan negara Eropa lainnya. Namun, mengalami pertumbuhan pada tahun 2001 – 2005 karena perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia. Sedangkan pada tahun 2007, Belanda mengalami pertumbuhan tahunan yang dipercepat menjadi 4,2%. Semoga saja perekonomian Belanda bisa tetap bertahan, walaupun kebanyakan negara-negara Eropa saat ini sedang mengalami krisis.

Referensi

http://id.prmob.net/belanda/bank-dunia/ekonomi-belanda-270619.html

http://id.wikipedia.org/

http://kuliahinformatika.wordpress.com/2010/01/30/data-fakta-tentang-belanda-merek-belanda-terkemuka-kunci-utama-perekonomian-dan-industri-jasa/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

6 thoughts on “#274 Belanda: Uni Eropa, Euro, dan Ekonomi

  1. Bagus mom. Wkwkwkw. Tapi kurang

  2. banyak datanya yah nurma,,,
    dampaknya apa ke masyarakatnya aapa?

  3. bagus tapi gambarnya banyakin yang biar seruuu

  4. Pingback: Ekonomi Belanda | BERITA TEKNOLOGI TERBARU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s