KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#272 Belanda: Negeri Kecil yang Besar

Leave a comment

Oleh Defananda Amalia

Sesuai judulnya, Belanda bagi saya merupakan negara kecil yang besar. Bagaimana tidak? Negara yang tidak lebih luas dari Pulau Kalimantan di Indonesia ini mampu menjadi inspirasi dan merupakan salah satu negara termaju di dunia. Tidak hanya kehebatan di bidang teknologi, pendidikan, dan masih banyak lagi yang dimiliki oleh Belanda, negeri kincir angin ini sangat terkenal dengan keju buatannya. Ya,Belanda dikenal sebagai negara pembuat keju terlezat di dunia. Gouda dan Edam  merupakan nama dua kota yang dikenal sebagai kota penghasil keju di Belanda.

Jika berbicara soal Belanda, rasanya tidak lengkap jika tidak membahas hubungan Belanda dengan musuh bebuyutannya, apalagi kalau bukan air. Belanda yang dikenal permukaannya terletak di bawah laut, tidak menjadikan negara ini berada di dalam kesengsaraan, justru kebalikannya. Keadaan tersebut telah membuat negara ini menjadi negara yang besar akan ide krearif serta berbagai inovasi yang dilakukan oleh negara ini. Hal ini berawal dari banjir yang pertama kali terjadi di Belanda terjadi pada tahun 838 kemudian disusul dengan banjir St. Elizabeth pada 1404 dan 1421, banjir St. Felix (1530), banjir Semua Santa (1570), banjir Natal (1717), banjir Zuider Zee (1916) dan terakhir banjir 1953. Lalu dibuatlah deltaworks terbesar di dunia untuk membuat perlindungan dari ancaman banjir.

Seharusnya, kita (bangsa Indonesia) dapat meniru Belanda dari hasil kreativitas dan inovasi yang telah dilakukan negara tersebut. Tidak hanya dari segi kreativitas dan inovasi, tetapi juga dari segi pendidikan. Belanda terkenal dengan pendidikannya yang sangat bagus, salah satu universitas terkenal di Belanda, Utrecht masuk ke dalam 5 top universitas di Eropa menurut berbagai survey. Perkuliahan yang dirancang secara matang serta kualitas fasilitas dan dosen yang sudah tidak diragukan lagi, menjadikan pendidikan di Belanda merupakan salah satu pendidikan terbaik di dunia. Juga, mahasiswa dituntut secara aktif dan disiplin semasa pembelajaran.

Jadi, tunggu apalagi? Mari kita jadikan Belanda sebagai negara panutan karena berbagai inovasi yang telah dilakukannya!:)

Referensi

http://sejarah.kompasiana.com/2011/06/01/belanda-kekurangannya-menguatkannya-369307.html  
http://ollabicara.wordpress.com/2010/04/23/belanda-oh-indahnya/
https://www.google.com/search?um=1&biw=1280&bih=639&hl=id&tbm=isch&sa=1&q=utrecht+university&btnG=

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s