KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#268 Keunikan Kayu Bagi Jan Gunneweg, Si Pioneer Sepeda Kayu

Leave a comment

Oleh Febrinita Ulfah

Apa yang ada dalam benak Anda saat kata ini disebutkan? B-E-L-A-N-D-A. Yah. Kota dengan ciri khas kicir angin dan perkebunan tulip pasti akan muncul dibenak Anda atau bagi Anda pecinta sepak bola, maka Tim Oranye inilah yang akan terlitas dipikiran anda.

“God created the world, but the Dutch created Holland”. Sebuah ungkapan kebanggan penduduk Negeri Ratu Beatrix ini. Dari ungkapan diatas kita sudah dapat menangkap sebuah arti bahwa Belanda memang bukanlah Negara yang bisa dipandang sebelah mata. Negara maju dan berkembang dengan baik ini sangat wajar bila hasil karyanya telah banyak diketahui orang luar.

Belanda tidak hanya kaya akan alam dan kebudayannya, tetapi Belanda juga memiliki ilmuan – ilmuan yang genius. Ilmuan yang bisa menjadi pioneer bagi penduduk Belanda. Salah satu hasil karya anak bangsa yang sangat popular di Negeri Kincir Angin ini, yaitu  sepeda yang berbahan dasar kayu karya Jan Gunneweg.

Jan Gunneweg merupakan seorang desainer industrial yang menyukai desain dan kayu. Bertempat tinggal di Amsterdam. Ia menjadikan kayu yang biasa digunakan sebagai bahan utama pembuatan rumah tetapi dengan ide – ide brilliant dan kesukaannya terhadap kayu, Ia menjadikan kayu tersebut sangat bermanfaat yaitu dengan menciptakan sebuah sepeda yang berbahan dasar kayu.

 

Sepeda kayau yang Ia ciptakan ini memang bukan yang pertama kalinya tetapi Ia sudah pernah menciptakan dua sepeda sebelumnya. Desain sepeda terbaru dari Jan Gunneweg berbahan dasar dari kayu walnut atau kenari. Ia memilih kayu tersebut karena memiliki karakter yang pejal dan memiliki frame yang kokoh untuk seat dan grip pada sepeda yang akan dia hasilkan. Gunneweg mengerjakannya dengan teliti dan baik, serta mencoba untuk meminimalisasikan penggunaan unsur logam dalam pembuatan sepeda ini. Secara visual, sepeda ini terliaht sempurna dan indah dengan desain dan penampilan warna yang elegant. Sepeda ini telah menjadi tunggangan yang ramah lingkungan dan mencuri hati para pecinta sepeda khususnya untuk masyarakat di Belanda.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s