KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#267 Penemu Mahluk Halus Berasal dari Belanda

Leave a comment

Oleh Nawwar Mubarak

Bila anda melanjutkan atau sedang menempuh pendidikan tentang sains khususnya mikrobiologi anda pasti tidak asing dengan nama Anthony van leuwenhoek (1632-1723). Ya orang besar berkebangsaan belanda ini adalah seorang pioner dari cabang ilmu mikrobiologi. Ia disebut-sebut sebagai bapak mikrobiologi. Ia merupakan orang yang pertama kali melihat mahluk Halus (bukan setan atau jin yang biasa kita sebut-sebut itu, hehehe…) tetapi mahluk tersebut adalah bakteri dan protozoa.

Saya terkesan atas temuan bapak mikrobiologi ini. Bagaimana ia menemukan alat untuk melihat makhluk halus? Apa rahasia Sukses dari bapak mikrobiologi tersebut? Apa saja karya yang dihasilkan oleh bapak mikrobiologi tersebut? Mari kita mengenal beliau lebih dekat

Anthony van Leuwenhoek lahir di Delft, Belanda. Dia berasal dari keluarga menengah  dan hampir sepanjang hidupnya bekerja sebagai pegawai kotapraja dengan posisi yang tidak begitu penting. Penemuan besar Leeuwenhoek tak lain akibat hobinya mengintip lewat kaca mikroskop. Dikala itu, orang-orang belum mengenal mikroskop, karena itu Leeuwenhoek membuatnya sendiri. Dia bukan penggosok lensa profesional dan belum pernah belajar tentang hal tersebut. Meski begitu, ia tidak pernah menyerah, keahlian itu ia kembangkan sehinggah  jauh melampaui kebiasaan para profesional saat itu.

Walalupun perangkat mikroskop telah ditemukan sebelum Leeuwenhoek lahir, namun mereka tidak  menggunakan dan mengembangkannya. Sebaliknya, dengan cermat dan tepat dia menggosok lensa berukuran kecil. Leeuwenhoek mampu menghasilkan mikroskop yang mempunyai daya pengamatan yang jauh lebih baik dari mikroskop yang sudah ada. Salah satunya mampu menghasilkan perbesaran hinggah 270 kali, bahkan ada pertanda bahwa ia berhasil membuat lebih dari itu.

Leeuwenhoek adalah sosok yang sabar, tekun dan memiliki rasa penasaran yang tinggi. Dengan temuannya ia meneliti Benda-benda seperti rambut, sperma anjing, titik hujan, serat kulit tanaman, serangga, dll. Setelah meneliti ia kemudian merekamnya dalam catatan yang ia buat lengkap dengan sketsa terperinci dari pengamatannya.

Sejak  1673 dan seterusnya, Leeuwenhoek menjalin hubungan dengan “The Royal Society of England” suatu lembaga ilmiah terkemuka saat itu. Meskipun dia tak memiliki latar belakang pendidikan tinggi (Hanya SD dan cuma dan hanya bisa berbahasa Belanda), dia terpilih menjadi salah satu anggota lembaga ilmiah itu di tahun 1680. Ia juga jadi anggota Akademi Ilmu Pengetahuan di Paris.

Banyak temuan penting yang dilakukan oleh Leuwenhoek yaitu spermatozoa, sel, bakteri, kuman, dll. Penemuan terbesarnya muncul tahun 1674 tatkala ia membuat penelitian pertama kali terhadap kuman. Di dalam titik air kecil itu Leeuwenhock menemukan suatu dunia yang sama sekali barudan tak terduga oleh siapapun. Meski belum disadarinya,temuannya ini memiliki arti penting dalam kehidupan manusia. Sesungguhnya, “benda amat kecil mikroskopis” itu merupakan faktor kekuatan penting baik untuk kehidupan maupun kematian manusia. walau sudah ditelitinya, Leeuwenhoek sanggup menemukan kuman di dimana-mana. Di mulut, di usus menuju anus, di titik-titk air, di sumur, di kubangan, dll. Dia melukiskan bentuk bakteri, juga protozoa dan menghitung ukurannya. Aplikasi dari penemuannya itu mulai direalisasikan pada abad ke-19 hinngah kini.

Semua yang hasil temuan dan prestasi yang didapatkan oleh Anthony van leuwenhoek tak lain adalah hasil dari semangat, kerja keras, ketekunan dan kesabaran yang Ia miliki. Hal tersebutlah yang patut kita contoh dari seorang piooner belanda ini.

Referensi

http://www.sentra-edukasi.com/2011/06/sejarah-penemuan-sel.html
100 tokoh paling berpengaruh di dunia- Michael H Hearth
http://padmanaba.or.id/6-orang-tidak-sekolah-yang-merevolusi-ilmu-pengetahuan-modern/
http://ahli-biologi.blogspot.com/2012/02/konsep-sel-sejarah-penemuan-sel.html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s