KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#265 Cahaya yang Mebuat Belanda Makin Bersinar & Bercahaya

Leave a comment

Oleh Nur Fitri Wulandari

Ayo, tebak siapa Raja baru Belanda? Yaps, benar Willem Alexander teman-teman, yang baru saja resmi dinobatkan sebagai raja Belanda pada tanggal 30 April 2013 lalu. Raja Willem Alexander adalah raja Belanda pertama yang menjabat setelah Raja Willem III, karena selama 123 tahun Belanda dikepalai oleh seorang Ratu. Nah, setelah kita sudah tahu Raja Belanda, mari kita beralih ke icon negeri Belanda.

willem alexander

Tau gak sih apa icon terkenal Belanda? Yups, benar kincir angin teman-teman. Kincir angin merupakan salah satu icon negeri Belanda. Negeri Koning Willem ini memanfaatkan kincir angin untuk mengatasi banjir dan mengatur air. Kincir angin di Belanda tercatat dalam World Heritage UNESCO sehingga menjadi magnet bagi ribuan turis asing. Tak khayal jika Belanda mendapat julukan negeri seribu kincir angin. Belanda terus berinovasi dengan kincir angin sehingga saat ini kincir angin di Belanda bisa dimanfaatkan sebagai alat pembangkit listrik. Di Belanda ada 1.897 kincir angin penghasil listrik didarat (onshore wind power) dengan total kapasitas mencapai 1.993 MW. Belanda juga membangun kincir angin penghasil listrik dilaut (offshore wind power). Kincir angin pembangkit listrik dimotori oleh Chris Westra. Pembangkit listrik tenaga angin ini juga merupakan penghasil energi alternatif ramah lingkungan. Hal tersebut menjadikan Belanda masuk ke dalam 10 besar negara yang menggunakan kincir angin untuk menghasilkan tenaga listrik.

Picture1

Energi alternatif ramah lingkungan terus dikembangkan oleh Belanda. Saat ini, Belanda telah berhasil mengubah sampah menjadi energi listrik ramah lingkungan. 1,4 juta sampah diubah menjadi listrik, panas dan menjadi bahan yang bermanfaat. Perusahaan terbesar pembangkit listrik berbasis sampah di Belanda adalah Afval Energie Bedrijf. Perusahaan tersebut kini menjadi perusahaan pengolahan sampah terbesar di dunia. Afval Energie Bedrijf mampu menghasilkan energi listrik untuk memenuhi 320.000 rumah tangga di seluruh Amsterdam. Tak hanya digunakan pada rumah tangga namun angkutan umum, seperti metro dan tram di Amsterdam pun menggunakan energi berbasis sampah. Tak hanya sampai disitu, energi listrik dari sampah ini juga mampu menerangi hampir seluruh jalan di Amsterdam.

Picture3

 Belanda memang menjadi pioner disegala bidang sampai-sampai jalan tol pun tak luput dari perhatiaannya. Kini Belanda tengah membuat inovasi pada jalan raya yang disebut “Smart Highways”. Belanda akan membuat perubahan futuristik dengan menyisipkan teknologi ramah lingkungan pada jalan tolnya. Dengan menggunakan photo-luminizing powder untuk mengganti marka jalan raya dan akan membuat marka tersebut bercahaya pada malam hari (Glow in The Dark). Selain itu, cat khusus juga ditambahkan untuk menggambar simbol salju dijalan tol. Ketika jalan tol licin karena salju, marka jalan itu juga akan memberikan petunjuk kepada pengemudi. Simbol tersebut juga akan berubah warna sesuai dengan derajat suhu. Smart Highways adalah hasil kolaborasi Roosegaarde dan Heijmans yang berhasil meraih penghargaan Best Future Concept dalam ajang Dutch Designer Awards.

Picture4

Sederet hal diatas menjadi bukti bahwa inovasi yang terus dikembangkan dengan kerja kerasdengan melihat yang ada disekitar kita akan menciptakan suatu yang cemerlang. Kini Belanda dapat menikmai cahaya-cahaya disekiling mereka, berkat para pioner Belanda yang makin membuat Belanda bersinar & berjaya.

Netherlands

Referensi

http://www.tempo.co/read/news/2013/05/01/117477036/Belanda-Miliki-Raja-Baru-Setelah-123-Tahun
http://singularityhub.com/2012/11/13/glow-in-the-dark-smart-highways-coming-to-the-netherlands-in-2013/
http://www.amsterdam.nl/afvalenergiebedrijf/
www.jaarverslag2008.afvalenergiebedrijf.nl/
http://listrikindonesia.com/pemanfaatan_energi_angin_di_belanda_belum_optimal_125.html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s