KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#258 Warisan yang Mendunia karena Belanda

1 Comment

oleh Dwi Ardini Pratiwi

Klompen, Molen, dan Tulip.

 Apa sajakah simbol dari negeri Belanda yang sangat dikenal dunia? Tentu saja klompen, molen, dan tulip. Akan tetapi, tiga hal yang menyimbolkan negeri Willem van Oranje tersebut sesungguhnya bukan berasal dari Belanda. Klompen, molen, dan tulip tersebar hampir di seluruh dataran Eropa.

Bukan orang Belanda namanya jika tidak mampu mengubah sesuatu yang biasa menjadi luar biasa. Bakat bangsa Belanda sebagai pelopor tren memang sebuah keistimewaan.

Klompen-klompen dari abad XIV yang ditemukan di Oldenzaal dan Rotterdam berasal dari zaman Romawi. Ternyata klompen-klompen tersebut juga ditemukan di negara Eropa Barat lainnya namun Belandalah yang berhasil mengembangkannya. Di tahun 1915 Belanda pun membuat mesin klompen pertama yang sangat luar biasa di Groningen.  Jumlah pembuat klompen di Belanda pun meningkat dengan drastis. Salah satunya adalah Wietzes bersaudara yang berhasil menciptakan ribuan jenis model klompen hingga didirikan Internasional Klompenmuseum di Eelde, Groningen. Saat ini tiga miliar klompen dibuat setiap tahun untuk kebutuhan industri pariwisata Belanda dan ekspor ke seluruh Eropa.

Foto: International Klompenmuseum di Eelde, Groningen (www.panoramia.com)

Kinderdijk di provinsi Zuid-Holland merupakan pedesaan molen terbesar di Belanda. Sejak tahun 1997 Unesco menetapkan 19 molen ini sebagai salah satu warisan dunia. Molen yang menjadi simbol Belanda ini sebenarnya berasal dari Seistan, Iran. Belanda mulai menggunakannya di abad XI. Molen sangat terkenal di Belanda karena sangat bersahabat dalam memerangi air. Poldermolen, jenis molen yang digunakan untuk mengeringkan polder di abad XVI.

Foto: Molen di Kinderdijk ( http://www.flickr.com)

Sebuah penemuan besar di tahun 1972 oleh Henk Lagerweij, pionir asal Belanda yang menciptakan turbin terpintar di dunia. Molen pun mengalami revolusi dengan turbin yang ia ciptakan sehingga molen sukses diekspor ke hampir ke seluruh dunia.  Molen tersebut mampu menghasilkan energi  lebih banyak dari sebelumnya. Molen sangat penting untuk kemajuan Belanda sebelum mesin uap ditemukan. Sekarang sekitar 1.200 molen digunakan di Belanda. Belanda berhasil memelopori penggunaan molen sebagai sumber energi yang paling mutakhir hingga berkembang pesat di Eropa.

Foto: windmolen karya Henk Lagerweij (www.google.com)

Jika Willem van Oranje bukan berasal dari Belanda, begitu juga dengan bunga tulip. Bunga ini berasal dari Pegunungan Pamir, Iran. Pada abad XVI, Carolus Clusius, seorang ahli tanaman lulusan Leuven menanam umbi tulip pertama di Leiden. Saat Spanyol menguasai Belanda, umbi tulip pun tersebar ke Antwerpen, Brussel, dan Mechelen. Akan tetapi, Clusius berhasil menciptakan tulip berbagai warna yang ia kembangkan di Belanda, karena iklim Belanda sangat sesuai untuk pembudidayaan tulip.

Foto: Padang Tulip (www.flickr.com)

Tanaman hias, termasuk tulip, merupakan komoditas ekspor terpenting. Di tahun 2003, 2.500 perusahaan pembudidayaan umbi bunga dikembangbiakkan. Hal tersebut ditopang oleh Flora Holland, pelelangan bunga terbesar di dunia. Pembudi daya bunga di seluruh dunia juga menawarkan hasilnya ke Flora Holland. 100 tahun lebih Flora Holland berperan dalam sektor ini dengan 2.350 pelanggan di seluruh dunia. Kesuksesan Belanda dalam membudidayakan tulip dapat dikatakan sebagai pionir.

Belanda terbukti tidak hanya handal dalam menangani masalah air, namun juga pakar dalam membudidayakan dan mengembangkan warisan budaya Eropa. Berkat kejeniusan bangsanya, Belanda berhasil menjadi pionir dalam pembudidayaan bunga tulip dan pengembangan klompen dan molen dengan teknologi mutakhir yang mereka ciptakan. Belanda menjadi salah satu negara maju yang diperhitungkan oleh dunia. Perkembangan teknologinya didukung oleh keuletan dan  keingintahuan masyarakatnya yang besar. Sudah saatnya kita, sebagai negara berkembang, mengikuti jejak Belanda!

Referensi

van Istendael, Geert. 2005. Mijn Nederland. Amsterdam: Uitgeverij Atlas

http://klompenmuseum.nl/pdf/Geschiedenis.pdf
http://klompenmuseum.nl/algemeen.html
http://www.overwind.nl/artikelen/lagerweij
http://friesemolendagen.nl
http://www.molens.nl/site/geschiedenis.php
www.floraholland.com
Foto teratas klompen dan tulip www.tumblr.com, molen www.weheartit.com

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

One thought on “#258 Warisan yang Mendunia karena Belanda

  1. Pingback: Finalis Kompetiblog 2013 | KOMPETIBLOG 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s