KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#253 Sering Meng-zoom-in, Belanda Sukses Jadi Bangsa Pionir!

7 Comments

Oleh Dyah Sulistiowati

Mengubah hal kecil jadi sesuatu yang besar? Belanda biangnya! Sejak ribuan tahun silam, Belanda sering meng-zoom-in hal-hal biasa sehingga terlihat luar biasa di mata bangsa lain. Bahkan, kebiasaan ini mampu melahirkan para pionir sejati Belanda yang membuat bangsa tersebut dikenal dunia melalui sederet temuan dan inovasinya.

Ingat bagaimana Belanda membuat wilayahnya? Wilayah awal Belanda hanyalah 2/3 dari wilayahnya sekarang, yaitu yang berada di atas permukaan laut. Nah, nenek moyang Belanda yang kala itu adalah bangsa Roman, meng-zoom-in wilayahnya. Mereka mengeringkan sungai dan danau dengan cara membuat polder pada abad ke-11 M. Diyakini polder-polder mereka adalah polder pertama di dunia. Dengan kata lain, Belanda lah pionir pembuatan lahan untuk ditinggali.

Peta Belanda Sebelum dan Sesudah Reklamasi Lahan

 Meng-zoom-in lahan tentu membuat Belanda berurusan dengan air. Beberapa kali diterjang air bah membuatnya berinovasi secara intens di bidang pengelolaan air. Kini, Belanda memiliki sistem pengelolan air terhebat di dunia; The Delta Project. The Delta bahkan menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia bidang teknologi modern. Banyak peneliti air berdatangan untuk mempelajari teknologi pengelolaan air di Belanda. Bahkan, ahli-ahli pengelolaan air Belanda mendapatkan kepercayaan untuk memperbaiki sistem pengelolaan air di beberapa kota besar dunia seperti New Orleans, Venice, London, Dubai, St. Petersburg, dan Jakarta.

The Delta Project

Mundur ke abad 17 M, kita akan bertemu dengan warga Belanda yang berhasil menjadi pionir karena meng-zoom-in bakteria dan mikroorganisme lainnya melalui mikroskop ciptaannya.  Antonie Van Leeuwenhoek, Bapak Mikrobiologi, berhasil menyumbangkan ilmu dalam bidang mikrobiologi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat dunia. Beliau menginspirasi beberapa peneliti dunia untuk mengembangkan lebih dalam temuannya untuk kemajuan di bidang medis.

Van Leeuwenhoek dan Mikroskop Ciptaannya

Sampai sekarang bangsa Belanda masih sering meng-zoom-in. Jelte Van Abbema, seorang desainer muda Belanda, mencoba meng-zoom-in manfaat dari bakteri E. Coli yang mana statusnya adalah bakteri berbahaya. Ia membuat typeface dari E. Coli dengan cara mencap sel-sel hidup bakteri tersebut pada kertas yang sudah terdapat bentuk huruf A-Z. Selama beberapa hari, mereka dibiarkan tumbuh, membelah diri, dan mati sehingga menciptakan perubahan warna dan bentuk huruf yang menarik dan unik. Proyek yang dinamakan Symbiosis itu berhasil memenangkan Rado Prize senilai €10,000 dalam ajang Dutch Design Award 2009. Karyanya dinilai pionir dan inovatif karena berhasil menggunakan bakteri dalam desain tipografi.

Symbisos, Proyek Typeface Bakteria Karya Jan van Abbema

 Di bidang pendidikan, Belanda juga meng-zoom-in akses pelajar lokal dan internasional untuk mengenyam pendidikan di Belanda. Bagi pelajar lokal, pemerintah mengsubsidi biaya pendidikan mulai dari TK hingga universitas. Bagi pelajar internasional, sebanyak 1.150 program studi internasional dengan bahasa pengantar bahasa Inggris ditawarkan. Hal ini menjadikan Belanda sebagai negara pertama yang menawarkan prodi berbahasa Inggris terbanyak di Eropa. Tidak hanya itu, Belanda juga berada di peringkat tiga besar sebagai dengan kemampuan berbahasa Inggris terbaik menurut English Proficiency Index (EPI) tahun 2013.

Belanda kini tak hanya memiliki pionir-pionir saja, tapi juga kesuksesan. Tak sadar, kebiasaan meng-zoom-in membuat Belanda yang luasnya hanya 41,543 km2 bisa terlihat besar di mata dunia. Tak terbayang jika Indonesia yang luasnya sebesar 1,904,569 km2, meng-zoom-in dirinya dari berbagai sisi. Negara adidaya? Bisa jadi. Hal-hal kecil yg kita miliki pun bisa jadi sesuatu yang besar apabila kita mau meng-zoom-in potensi dalam diri kita. Dare to be a pioneer? Let’s zoom our potency in!

Referensi

http://civilization.wikia.com/wiki/Polder_%28Civ5%29
http://www.slate.com/blogs/moneybox/2012/08/27/historical_map_shows_land_reclamation_in_the_nertherlands.html
http://www.minbuza.nl/binaries/content/assets/minbuza/en/import/en/you_and_the_netherlands/bz-holland-brochure_engels.pdf
http://www.hollandtrade.com/sector-information/water/?bstnum=4887
http://en.wikipedia.org/wiki/Antonie_van_Leeuwenhoek
http://www.dezeen.com/2009/10/27/symbiosis-by-jelte-van-abbema/
http://www.dutchdailynews.com/netherlands-ranked-3rd-best-in-the-world-at-english/
http://foundationinfo.blogspot.com/2007/12/pendidikan-tinggi-di-belanda.html
http://www.nesoindonesia.or.id/mengapa-mengambil-studi-di-belanda/be-a-pioneer
http://edukasi.kompasiana.com/2013/03/04/anak-negara-belanda-539213.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Netherlands
http://en.wikipedia.org/wiki/Indonesia
http://farm2.staticflickr.com/1230/1417891488_83f0042c87_z.jpg?zz=1

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

7 thoughts on “#253 Sering Meng-zoom-in, Belanda Sukses Jadi Bangsa Pionir!

  1. Pingback: Finalis Kompetiblog 2013 | KOMPETIBLOG 2013

  2. Like this article…! Idenya sangat orisinil dan informatif sekali. Sukses Dyah.

  3. aku suka diksinya😀, meng-zoom-in hehe unik
    selamat ya kak Dyah
    salam kenal hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s