KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#252 iLost, I Make Money!

14 Comments

Oleh Dyah Sulistiowati 

Pernah kehilangan barang di tempat umum? Jika ya, kemungkinan besar kita merasa bingung, galau, dan sedih. Makin runyam urusannya jika barang yang hilang itu adalah sesuatu yang penting seperti ponsel dan dompet. Jadilah kita sibuk menyalahkan kelalaian diri sendiri dan merangkai pengandaian “kalau saja”. Bahkan, saking depresinya tak jarang dari kita yang berharap barang-barang hilang tersebut bisa di-missedcall. Kehilangan barang penting juga pernah dialami oleh Hanneke Stegweg, seorang womantreprenur berkebangsaan Belanda. Alih-alih larut dalam kegalauan, Stegweg melihat peluang usaha dari kehilangannya itu. Baginya, I lost things, I make money! Hmm, bagaimana caranya ya?

Dilatarbelakangi oleh pengalamannya saat kehilangan kamera di gerbong kereta api, Stegweg berinisiatif mendirikan perusahaan startup; iLost B.V.. Seperti namanya, iLost memfokuskan bisnisnya pada jasa penemuan barang hilang secara online. Pengalaman kerja Stegweg di bidang logistik yang cukup lama memudahkan dirinya mendirikan iLost. Ia lalu bekerjasama dengan dua orang temannya yang ahli di bidang IT untuk membuat website dan aplikasi iLost. Menurutnya, usaha ini sangat dibutuhkan karena berdasarkan riset yang dilakukannya, ada sekitar 350 juta aktivitas pencarian barang hilang di Eropa. Peluang bisnis pun masih sangat besar mengingat iLost adalah perusahaan pionir dan satu-satunya di bidang jasa penemuan barang hilang di Belanda. iLost pun mulai dilirik para investor karena peluang bisnisnya yang menjanjikan.

Peta Lokasi Barang Hilang di iLost App

Demi menambah jumlah investor dan pengguna iLost, Stegweg mengikutsertakan perusahaannya dalam ajang kewirausahaan Startup Bootcamp Amsterdam dan berhasil menjadi finalis sembilan besar. Dalam demonya, ia mempresentasikan penggunaan iLost serta kegunaannya. Caranya mudah, individu, perusahaan, maupun institusi hanya perlu log in ke situs iLost baik melalui komputer ataupun iPhone/iPad tepat ketika mereka kehilangan barang atau menemukan barang yang hilang. Di sana, detail barang, tempat, dan waktu kehilangan/penemuan barang akan dicatat. Jika ada barang temuan yang cocok dengan yang kita cari, iLost akan mempertemukan si pencari dan si penemu untuk mengembalikan barang yang hilang. Melalui kartu keanggotaannya, sebesar €3 akan dikenakan kepada si pencari jika barang mereka berhasil dikembalikan. Semakin banyak individu, perusahaan, dan institusi yang terdaftar di iLost, semakin besar peluang pengembalian barang hilang secara cepat. Ini merupakan suatu solusi inovatif bagi permasalahan klasik seperti itu.

Dengan mendirikan iLost B.V. bulan Oktober 2012, Hanneke Stegwen berhasil mempraktekkan pepatah “sekali mendayung, dua, tiga pulau terlampaui”. Ia tak sekedar make money, tetapi juga menawarkan solusi, inovasi, serta menjunjung tinggi nilai kejujuran dan kepercayaan. Penilaian inilah yang mungkin membuat para juri The NextWomen Award memilihnya sebagai The Best Startup Pitch, Diamond To Be Award, dan The Audience Award Februari lalu.

Hanneke Stegwag pada The NextWomen Award

Stegwen kini tengah mengembangkan usahanya dari berbagai sisi. Ia menawarkan kerjasama dengan berbagai institusi dan perusahaan di Eropa, mengasuransikan pengiriman barang hilang, dan meningkatkan sistem keamanan serta kualitas aplikasi agar bisa digunakan di berbagai ponsel pintar. Dengan bertambahnya pengguna iLost, ia berharap masalah kehilangan barang tidak lagi merepotkan banyak orang.

Semangat kepeloporan dan wirausaha Stegwen dapat dijadikan inspirasi bagi kita yang ingin memulai berwirausaha. Peka terhadap situasi dan selalu melihat peluang yang ada dapat dijadikan dasar dalam berwirausaha. Bagi Stegwen, I lost things, I make money! Bagi kalian, I ……., I make money! (isi titik-titik sesuai yang kalian inginkan)

Referensi

http://www.thenextwomen.com/2013/02/18/best-startup-pitch-awarded-hanneke-stegweg-founder-ilost
http://thenextwomen100.nl/?page_id=215
http://www.ilost.nl/
http://www.sprout.nl/309/dossier/333/69392/startup-van-de-week/ilost-sloddervos-als-businessmodel.html?paged=1
http://www.sprout.nl/317/68811/champs/startupbootcamp-lichting-13-1.html?utm_source=nieuwsbrief-sprout&utm_medium=email&utm_campaign=de-winnaars-van-startupbootcamp-zzp-ers-riskeren-boete-van-36k-559
http://www.iphoneclub.nl/209442/ilost-nederlandse-app-voor-verloren-en-gevonden-voorwerpen/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

14 thoughts on “#252 iLost, I Make Money!

  1. great article!! good luck dyah!🙂

  2. eh nidaa. makasih. good luck for both of us!🙂

  3. Pingback: Finalis Kompetiblog 2013 | KOMPETIBLOG 2013

  4. Pingback: Pengumuman Pemenang Kompetiblog 2013 | KOMPETIBLOG 2013

  5. i travel, I make money…. Sangat menginspirasi dari cerita kehilangan dan uang mengikuti, KEREN!

  6. Pingback: #252 iLost, I Make Money! | BianCook: learn past, enjoying present, pursue future!

  7. I write, I win…ternyata artikel ini yg menang, tak kira yg satunya ‘zoom-in’. Selamat Dyah🙂

  8. Baru tahu kalo ternyata ada startup begini. BTW, selamat Dyah, sudah menangin kompetiblog 2013😀

  9. waaah, ini ya salah satu pemenangnya, congratz yaa Dyah😀 artikelnya emang mantep, suka banget sama penekanan di akhirnya ” I…, I make money”, dan untuk penulisnya, I wrote, I’ll go to Dutch, kyaaaaa envy :p

  10. baguus artikelnya..inspiratif teh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s