KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#250 Let’s Go To Rijksmuseum

Leave a comment

Oleh Nesa Tasya Asmarany

Layaknya di Indonesia di Belanda juga terdapat banyak sekali museum dan tempat bersejarah. Khususnya di Amsterdam ada lebih dari 60 museum. Masing-masing museum menyimpan keindahan sejarah yang berbeda-beda. Satu dari Museum ternama di dunia juga berada di Amsterdam. Yaitu Rijksmuseum, rumah seni berharga di Belanda ini bisa menjadi destinasi utama bila anda berkunjung ke Amsterdam.

Museum ini didirikan tahun 1876 dan dibuka unrtuk umum pada tahun 1885. Rijksmuseum didesign langsung oleh arsitek kenamaan Belanda P.J.H Cuypers. Setelah 9 tahun renovasi dan pemugaran, pada tanggal 13 April 2013 kemarin, Rijksmuseum kembali dibuka dengan ruangan pameran yang lebih besar, bercahaya, taman, dan fasilitas yang memadai. Secara keseluruhan setelah pemugaran, terdapat 80 ruang menampilkan 8.000 karya seni dan sejarah.

 Image

Rijksmuseum, Amsterdam setelah renovasi

33413_fullimage_eregalerij1_560x350

Interior Rijksmuseum

Rijksmuseum menyimpan bukti sejarah dan budaya Belanda sejak tahun 1100 sampai sekarang. Hal itu membuat Rijksmuseum adalah museum seni terbesar di Belanda. Rijksmuseum diketahui menjadi tempat penyimpanan karya masterpiece milik seniman terbaik Belanda khususnya dari era Golden Age. Seniman-seniman tersebut sepertiFrans HalsJan SteenJohannes Vermeer dan Rembrandt van Rijn’.

The Night Watch (de Nachtwacht) contohnya. The Night Watch menjadi sorotan utama di Rijksmuseum dan sering disebut The eye of Rijksmuseum. Mahakarya Rembrandt van Rijn’ tersebut  tersimpan apik di Rijskmuseum dengan lampu LED disekitarnya membuat lukisan yang menceritakan tentang  kelompok milisi lokal Amsterdam ini semakin memukau. Lukisan ini dibuat pada tahun 1642 dan sampai sekarang lukisan ini masih sukses menjadi perhatian Rijksmuseum sebagai sumber penggambaran konflik, misteri dan analisis. Maka itu tak mengherankan setiap pengunjung Rijksmuseum pasti dibuat terpukau setelah melihat lukisan ini.

 Image

Rembrandt’s Night Watch (de Nachtwacht)

Selain The Night Watch, masih banyak karya masterpiece yang diabadikan di Rijksmuseum seperti Delftware berbentuk biola dari Royal Delft, Luxury Doll’s Houses, The Wedding Potrait (1622) dari Frans Hals, dan yang paling mencuri hati Winter Landscape with Skaters (1608) milik Hendrick Avercamp.

 Image

Delftware berebentuk biola

 Image

Luxury Doll’s Houses

 Image

The Wedding Portrait, Frans Hals (1622)

 Image

Landscape with Skaters, Hendrick Avercamp (1608)

Banyaknya bukti sejarah seni yang tersimpan di Rijksmuseum membuat setiap pengunjung yang datang seperti dibuat menyusuri kembali masa-masa keemasan seni di Belanda pada abad ke 17 dan 18. Bukti-bukti tersebut seakan cukup membuat kita mengalami apa yang telah dialami para seniman pengukir sejarah tersebut. Tentunya hal ini membuat kita lebih tahu dan lebih menghargai budaya Belanda yang sangat kaya. Juga pengetahuan akan kepioneeran Belanda dalam bidang seni juga tergambar jelas di Rijksmuseum. Jadi, yuk ke Rijksmuseum!

Referensi

http://www.iamsterdam.com/en-GB/Ndtrc/Rijksmuseum
http://edition.cnn.com/2013/04/11/world/europe/rijksmuseum-rembrandt-nightwatch-interactive
http://www.holland.com/global/tourism/cities-in-holland/amsterdam/museums-in-amsterdam-2/the-rijksmuseum-amsterdam.htm
https://www.rijksmuseum.nl/
http://www.ballofdirt.com/media/12365/159536/748300.html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s