KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#249 Delft, City of Blue, City of Vermeer and also… City of Pioneer

1 Comment

Oleh Nesa Tasya Asmarany

City of Blue dan City of Vermeer mungkin sudah sering kata tersebut digunakan sebagai julukan untuk kota Delft. Tapi kalau City of Pioneer? Yang satu itu saya yang menambahkannya sendiri. Delft tidak bisa dipandang sebelah mata dalam hal dunia kepioneer-an di negeri kincir angin ini meskipun Delft tidak setenar kota-kota tetangganya yaitu Rotterdam dan Den Haag.

Image

‘Nieuwe Kerk’ (New Church) Gereja Bersejarah di Jantung Kota Delft

Ketika mendengar kata Delft mungkin kebanyakan orang akan teringat dengan Delftware. Delftware, kerajinan keramik yang identik dengan warna biru ini sudah menjadi produk ekspor utama di Delft lebih dari 400 tahun lamanya. Awalnya Delftware diciptakan untuk menyaingi porceleyn China yang sedang marak di pasar Eropa. Delftware hampir mirip dengan porceleyn China tetapi dalam hal komposisi Delftware tidak menggunakan sepenuhnya tanah liat. Delftware menjadi sangat populer antara tahun 1600 – 1800. Para bangsawan berlomba-lomba memperlihatkan memamerkan Delftware miliknya seperti vas dan piring.

Image

Delftware by Royal Delft

Abad ke 17 dan 18 menjadi masa kejayaan Delftware yang membuat kota Delft penuhdengan pengrajin Delftware. Itulah sebabnya Delft disebut The City of Blue karena pada masa itu hampir di setiap sudut kota terlihat tembikar Delftware yang berwarna Biru sedang dibuat atau pun dipamerkan. Pabrik Delftware yang masih berdiri sejak abad ke 17 sampai sekarang adalah Royal Delft. Royal Delft berdiri pada tahun 1653 dan hingga sekarang Royal Delft masih menjaga kualitas Delftware dengan tetap menggunakan hand-painted untuk ukiran Delftware. Royal Delft juga memiliki museum tersendiri yang digunakan untuk menyimpan dan memamerkan karya Delftware yang indah dengan banyak ukuran dan bentuk.

 Image

Belajar membuat Delftware di Royal Delft

Setelah Delftware, ada lagi Johannes Vermeer yang terkenal sebagai icon kota Delft. The Vermeer Centrum Delft merupakan bentuk penghormatan Delft terhadap Vermeer. Saat memasuki bangunan yang didirikan di situs sejarah eks St. Lucas Guild ini kita seperti dibuat masuk kembali ke dunia Vermeer yang penuh dengan cerita dan lukisan. Seperti kita ketahui Johannes Vermeer adalah seorang pelukis kelahiran Delft tahun 1632 dan menghabiskan hampir seluruh hidupnya membuat karya lukisan berharga di kota Selatan Belanda ini. Vermeer menjadi salah satu seniman terbaik Belanda dari Golden Age. Tujuh dari karya-karyanya termasuk karyanya yang fenomenal Girl with a Pearl Earring masih disimpan di museum Belanda: Mauritshuis di Den Haag dan Rijksmuseum di Amsterdam.

Vermeer Centrum Delft

The Vermeer Centrum Delft

 Image

Girl with a Pearl Earring (1665)

Setelah City of Blue dan Vermeer, menurut saya masih ada satu lagi julukan bagi kota Delft yaitu The City of Pioneer. Mengapa? Karena potensi yang ditunjukkan Delft tak hanya terhenti pada kesuksesan Delftware dan Vermeer saja. TU Delft (Delft University of Technology) bisa dijadikan bukti. TU Delft dapat dikatakan sebagai mesin pencetak pioneer di Belanda. TU Delft sukses menjadi almamater dari orang-orang hebat sepertiRupert De Graaf, penggagas konsep futuristik floating city dan Koen Olthuis, arsitek ternama Belanda. Nuon Solar Team pemenang World Solar Challenge di Australia selama 4 kali berturut-turut juga berasal dari TU Delft. Dengan panduan dari Wubbo Ockels yang merupakan professor TU Delft dan mantan astronot, mereka menciptakanNunasolar vehicle dengan design aerodinamis dan kecepatan prima.

Image

Nuna 3, seri ke 3 Nuna (2005)

Terpukau, ya itulah perasaan saya saat membuat artikel ini. Selain Delft mungkin Belanda masih menyimpan potensi kepioneer-an lain di kota lainnya yang belum saya ketahui. Because, it’s always possible in Netherland.

Referensi

http://www.delft.nl
http://www.delft.nl/delften/Tourists/Discover_Delft/To_see/Vermeer/Vermeer_Centrum_Delft
http://www.delft.nl/delften/Tourists/History_of_Delft/Delftware/History_Delftware
http://www.delft.nl/delften/Tourists/Discover_Delft/To_see/Vermeer/Vermeer_Centrum_Delft
http://www.tudelft.nl
http://www.citg.tudelft.nl/index.php?id=19935&L=1
http://en.wikipedia.org
http://www.raileurope.com/blog/11004-top-cities-in-the-netherlands
http://www.holland.com/global/tourism/cities-in-holland/morecities/delft-1.htm

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

One thought on “#249 Delft, City of Blue, City of Vermeer and also… City of Pioneer

  1. Pingback: #249 Delft, City of Blue, City of Vermeer and also… City of Pioneer | l'inoubliable

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s