KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#248 Tong Tong Fair, Pioneer Kesenian Dan Budaya Di Belanda

Leave a comment

Oleh Evi Yuniati 

dok.www.parkhoteldenhaag.nl

Siapa pernah mendengar atau pernah datang ke acara Tong Tong Fair? Bagi saya ini kali pertama mendengar tentang Tong Tong Fair. Tong Tong Fair adalah suatu festival besar yang diadakan setahun sekali di Belanda dan paling besar untuk Eropa-Indonesia. Festival tersebut sudah mulai diselenggarakan sejak tahun 1959 dan ini merupakan salah satu festival tertua, festival paling besar ke-4 di Belanda.

Sejarah

Tong Tong Fair diinisiasi oleh sekelompok orang keturunan Eropa-Asia (Indos) yang dipulangkan ke Belanda, diikuti dengan berakhirnya masa kepemimpinan Belanda di Indonesia.

Di tahun 1950-an, seorang penulis dan intelektual keturunan Eropa-Asia (Indos) Tjalie Robinson membentuk sebuah organisasi yang menyelenggarakan kebudayaan Indo dan menjadikannya dikenal luas di Belanda. Kali pertama digelar tahun 1959, dikenal dengan nama Pasar Malam Besar, yang berasal dari bahasa Indonesia/Melayu. Pada tahun 2009 berubah nama menjadi Tong Tong Fair untuk menekankan adanya hubungan dengan Yayasan Tong Tong di mana yayasan ini mendorong budaya Hindia Eurasia dan untuk memperluas pemahaman sejarahnya. Budaya Hindia Eurasia adalah budaya berabad-abad, yang dimulai ketika pedagang Eropa berlayar ke kepulauan Indonesia dan mendirikan pos perdagangan mereka.

dok.www.flickr.com

Tentang Tong Tong Fair

Tong Tong Fair diadakan di lahan seluas 22.000 m2 dimana di dalamnya terdiri dari banyak stand-stand makanan dan minuman khas Indonesia, area seni pertunjukan, area bengkel, juga area perdagangan. Acara ini berlangsung selama 12 hari dengan ratusan pertunjukan.

Artis-artis dari Indonesia seperti Waljinah, Anggun, Balawan dan lain lain mengisi acara Tong Tong Fair 2013. Tidak hanya artis yang berasal dari Indonesia saja, tapi ada juga artis mancanegara yang bertambah beberapa tahun belakangan seperti musisi dan penari dari Amerika, Eropa, juga beberapa yang menjadi undangan di Tong Tong Fair. Sejak tahun 1970 Tong Tong Fair konsisten mengundang artis-artis Indonesia untuk meramaikan acara tersebut.

Tahun ini Tong Tong Fair digelar tanggal 22 Mei – 2 Juni 2013, mulai pukul 12.00-22.00 waktu setempat. Tong Tong Fair diselenggarakan di Malieveld, pusat kota Den Haag(Koningskade 1, 2596 AA Den Haag). Lima menit dengan berjalan kaki dari stasiun kereta api pusat di Den Haag, 30 menit dari bandara Schiphol dengan kereta atau mobil, dan dua jam dari Brussels.

Tak Sekedar Festival

Sejak Tong Tong Fair ini digelar, banyak menarik perhatian publik. Bahkan Ratu Beatrix pernah meresmikan permulaan festival ini di tahun 2008.

Putri dari Keraton Solo, anak dari Pakubuwono XII pernah menggelar pertunjukan khusus, yaitu Tari Serimpi di tahun 1985. Itu adalah pertama kali dalam sejarah bahwa tarian tersebut dibawakan di luar Keraton Solo. Selain itu juga ada pertunjukan wayang kulit, wayang orang, bahkan orang-orang asing yang bermain gamelan.

Tak hanya menggelar, memperkenalkan seni budaya dan kuliner dari negara-negara Asia Tenggara, Tong Tong Fair juga membantu pembangunan kembali Keraton Solo yang rusak karena kebakaran tahun 1985, juga membantu korban tsunami di Indonesia tahun 2004 dari keuntungan festival tersebut.

Saya jadi teringat dengan Pekan Raya Jakarta yang ada di Indonesia. Dimana pada acara itu juga terdapat stand-stand makanan dan minuman, area seni dan pertunjukan, juga area perdagangan. Hanya saja waktu penyelenggaraan acara lebih lama, yaitu satu bulan dan diadakan untuk memperingati HUT Jakarta.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s