KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#246 Serbuan Sepeda di Groningen

Leave a comment

Oleh Fuad Hasan

kring kring kring ada sepeda,

sepedaku roda dua, ku dapat dari ayah, karena rajin bekerja..

ada masih ingat dengan lagu itu? Mungkin Anda tidak akan menemukan lagu anak-anak seperti sekarang? yah, berkat lagu itu dari kecil hingga sekarang, saya hobi naik sepeda. serasa punya tunggangan baru di kampus, Sepeda lipat hitam siap menemani kemana saja, dan siap dipinjamkan ke temen ke siapa saja. Bike to campus!

Sebenarnya banyak manfaat jika bersepeda, seperti :

  • keliling kota kemana saja.

Ini memang identik dengan sepeda,keliling kota rasanya lebih afdol jika naik sepeda bisa menikmati setiap sudut kota dan gang yang tidak terjamah oleh motor atau mobil, sambil keliling kita olahraga dan cuci mata.

  • ·go green, karena ini sepeda jadi tidak ada polusi yang ditimbulkan.
  • ·murah (pasti).

Padahal jika dikelola dan digalakkan secara serius, sepeda bisa dijadikan transportasi yang menguntungkan sekaligus murah dan nyaman. Anda pernah mendengar kota Groningen di Belanda?

Groningen memegang reputasi sebagai kota dengan persentase penggunaan sepeda terbesar di dunia. Tahun  2010 menunjukkan, dari populasi 190.000 orang,57% perjalanan dalam kota dilakukan dengan sepeda. Jumlah jalur sepeda mencapai 46 buah, dilalui oleh 216.000 perjalanan setiap harinya.Data itulah yang membuat Groningen berjuluk Kota Sepeda Dunia.  bagaimana Groningen bisa melakukannya?

Kota ini memperlakukan pengendara SEPEDA sebagai RAJA,dengan segala respek. Rentetan kebijakan pemerintah memanjakan pengguna sepeda. Kebijakan itu berbasis pada dua pilar utama. Pertama, menciptakan tata kota yang nyaman untuk pengguna sepeda. Caranya, perluasan kota tidak sampai melebihi jarak nyaman untuk bersepeda. 80% penduduk kota tinggal dalam radius tiga kilometer dari kota. Perumahan terjauh berada enam kilometer dari kota.

Pilar kebijakan kedua adalah meningkatkan fasilitas pengguna sepeda.Dengan penyediaan infrastruktur dan kemudahan bagi pengguna, jumlah sepeda berkembang pesat dari tahun ke tahun. Investasi besar-besaran dikucurkan untuk makin membuat nyaman pengguna sepeda. Setiap ada pembangunan perumahan baru, infrastruktur nomor satu yang diutamakan adalah jalur sepeda. andaikan kota saya seperti ini….

*parkiran sepeda di Groningen, rapi bukan?

sekarang,perilaku yang merugikan pengguna sepeda di Indonesia.

  • ·dianggap remeh,

seringkali saya bersepeda, tiba-tiba mobil berlalu lalang hampir menabrak seakan tidak melihat adanya pesepeda di situ, padahal posisi saya ada di pinggir jalan. Seolah dia (motor & mobil) jadi RAJA di jalanan.

  • kaum minoritas.

sebagai kaum yang terpinggirkan, pesepeda adalah minoritas. mereka adalah kaum yang harus dibela di jalanan. beberapa kota sedikit menghormati sepeda dengan membuat Car Free Day setiap akhir pekan, jadi keluarlah semua para pemilik sepeda menyemuti tempat CFD. selain itu ada juga lajur khusus sepeda.  tapi sekalinya saya menemukan lajur khusus sepeda yang ada malah seperti ini

 

Tidak ada salahnya jika kita studi banding ke groningen untuk penataan sepeda menjadi mass transportation. Daripada kita studi banding tentang UU Santet, sepertinya saya bisa usul jika ada UU sepeda, bisa jalan-jalan ke Groningen.

Referensi

http://planologie.wordpress.com/2010/03/15/case-study-groningen-netherlands/
http://urbanplanning21stcentury.blog.com/2011/01/21/groningen-world%E2%80%99s-cycling-city/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s