KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#240 Waterskills, Mengajak Dunia Untuk Lebih Bersahabat Dengan Air

Leave a comment

Oleh Zunarsih 

Belanda dan air memang tidak dapat dipisahkan. Bahkan seperempat dari daratannya berada dibawah permukaan air, dengan titik terendah berada di 6.74m dibawah permukaan laut. Berbicara tentang pengeringan air untuk lahan, sudah pernah. Tentang pulau bautan, juga sudah. Nah, disini saya akan membahas tentang bagaimana Belanda juga mengajak dunia untuk bersahat dengan air.

Ya, Wetskills adalah sebuah program internasional untuk mempromosikan Belanda sebagai pusat air yang penting di dunia. Wetskills adalah bagian dari Human Capital Water & Delta proyek dan dikoordinasikan oleh the Netherland Water Partnership.

Wetskills, memberikan kesempatan kepada mahasiswa di Belanda untuk bertemu dan bekerja sama dengan mahasiswa internasional di berbagai negara untuk memecahkan masalah air yang sudah ada. Dalam program ini terdapat rangkaian acara yang dapat dilakukan oleh para peserta untuk menemukan ide atau inovasi-inovasi terbaru untuk memecahkan masalah sesuai tema yang telah ditentukan.

Para mahasiswa tersebut memiliki latar belakang pendidikan berbeda (namun tentunya masih berkaitan dengan air) yang memungkinkan mereka untuk saling bertukar ide dan informasi serta saling belajar satu sama lain.

Program ini tidak hanya diadakan di Belanda saja, namun di berbagai negara, seperti Cina, Maroko, Indonesia, Oman, Afrika Selatan dan Mesir, namun pesertanya datang dari banyak negara.

para peserta dalam Wetskills Indonesia

Untuk program yang di Indonesia sendiri, mereka bekerja sama dengan Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Program tersebut berlangsung pada November 2011 dan masalah yang diangkat adalah tentang perlindungan Jakarta dari banjir, sanitasi dan pembersihan saluran-saluran air.

Program Wetskills ini tentunya merupakan kesempatan berharga bagi untuk negara-negara lain untuk bekerja sama dengan sebuah negara yang memiliki banyak sekali ahli air dan dapat dikatakan sebagai kiblat bagi mereka yang ingin mempelajari secara mendalam tentang air, Belanda. Dan bukan tidak mungkin, aka nada banyak negara lagi yang akan disambangi dan diajak kerja sama oleh Belanda melalui program Wetskills ini.

para peserta Wetskills melakukan kunjungan ke gumuk pasir di Pantai Depok

Manfaat yang diterima oleh kedua negarapun tidak hanya berupa ilmu tentang air saja, tetapi juga dapat saling bertukar kebudayaan. Para mahasiswa dari Belanda tersebut dapat membagi cerita dan pengalaman mereka di Belanda, sedangkan mahasiswa tuan rumah dapat mengenalkan budaya lokal dan mengunjungi tempat-tempat wisata kepada para tamunya tersebut. Ilmu bertambah, pengalaman makin kaya, mengapa tidak??!

Referensi
http://www.dutchwatersector.com/web/wetskills
http://wetskillsindonesia.blogspot.com/2011_11_01_archive.html
http://www.dutchwatersector.com/web/sites/default/files/dws%20-%20wetskills%20indonesia%20college%20450px.jpg
http://www.dutchwatersector.com/web/sites/default/files/dws%20-%20wetskills%20indonesia450px.jpg

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s