KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#239 Internet A la Danny Mekic

Leave a comment

Oleh Zunarsih

Ketika kita punya koneksi internet, apa yang pertama kali dibuka??? Twitter atau Facebook? Tapi, lain halnya dengan Danny Mekic. Ingin tahu bagaimana kisahnya? Ini dia.
Danny Mekic, lahir di Amsterdam pada 12 Januari 1987. Sejak muda ia telah aktif menjadi relawan di beberapa tempat. Perkenalannya dengan computer dan internet dimulai saat ia berusia 12 tahun. Suatu ketika ayahnya pulang membawa computer. Tanpa sebgetahuan ayahnya, ia mengoperasikan benda tersebut hingga pada suatu waktu computer tersbeut mengalami kerusakan. Dengan bantuan buku yang ia pinjam dari perpustakaan, ia berusaha memperbaikinya.
Tak lama kemudian, tersambunglah computer dirumahnya tersebut dengan internet, mulai dari dial-up connection hingga The Net. Setelah adanya koneksi internet, ia muali berseluncur ria di dunia maya dan beragbung dengan Clubs.nl. Disananah ia belajar banyak tentang internet dan ia membuat web dan web application-nya sendiri.
Setelah itu, ia bekerja sama dengan temannya untuk membangun kembali web yang sebelumnya sudah ada. Mekic membantu dengan membuat database di latar belakang web tersebut sehingga memungkinkan temannya tersebut untuk menambahkan produk baru dengan online application ataupun mengeditnya.
Lambat laun, usahanya tersebut telah diketahui oleh orang tuanya. Danny memutuskan untuk berbicara dengan teman orang tuanya yang seorang akuntan tentang apa yang ia lakukan selama ini. Karena ia tidak datang dari keluarga pengusaha, seorang penjaga buku menertawakan perhatian orang tua Danny.
Ketika ia berusia 17 tahun, ia memutuskan untuk keluar dari SMA karena ingin bekerja penuh untuk perusahaan yang ia dirikan yang ia beri nama Domeinbalie.nl yang mengkhususkan  diri dalam pendaftaran nama-nama domain dan menawarkan webhosting serta jasa konsultasi.
Kemudian terbesit ide di benak Mekic untuk mendaftarkan web nya di sebuah jaringan bisnis,Chamber of Commerce. Pada 2002 ia menulis tentang perusahaannya dan ia menerima jasa konsultasi di web nya. Banyak yang meragukannya karena usianya yang masih sangat muda. Tapi beberapa orang lain melihatnya sebagai sebauah keuntungan. Pada awalnya banyak keluhan yang datang dari para klien tentang hosting provider, banyaknya downtime, mahal dan kurangnya pelayanan serta kurangnya komunikasi. Ia menawarkan solusi untuk para kliennya, yaitu dengan melakukan registrasi nama domain dan memastikan semuanya bekerja seperti seharusnya.
Pada 2004, ia membuat automated billing system yang dapat menyebarkan invoice pembayaran dan pengingatnya tanpa rasa khawatir. Semenjak itu, banyak telpon berdatangan, baik dari orang maupun perusahaan yang ingin bekerja sama. Mereka menemukan perusahaan Mekic melalui mesin pencari maupun mulut ke mulut para kliennya.
Ia memutuskan untuk belajar hukum di University of Amsterdam pada 2007. Sampai saat ini, ia aktif sebagai pembicara, investor, konsultan, pengajar di beberapa universitas dan sekolah tinggi. Dia dikenal sebagai satu dari sedikit nama ahli domain di dunia dan merupakan pemberi saran untuk beberapa pendaftar nama-nama domain dalam pelaksanaan teknis baru dan masalah-masalah hukum. Dan pada 2009, Mekic dinobatkan sebagai the most successful young entrepreneur in the Netherland versi Sprout, sebuah majalah bisnis. Saat ini, ia telah memiliki 10 karyawan.
Muda, bukan berarti tidak bisa apa-apa. Selagi muda, marilah kita wujudkan mimpi dengan semangat tonight you are the youngest person you ever be ala Danny Mekic!
Referensi

 

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s