KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#238 SolaRoad, dari Belanda Untuk Dunia

Leave a comment

Oleh Zunarsih

Bisa membayangkan bagaimana sebuah jalan bisa menghasilkan energi listrik??? Tidak perlu susah-susah untuk membayangkannya, lihat saja di Belanda, tepatnya di kota kecil Krommenie, utara Amsterdam.
Yups, di kota kecil tersebut sedang dibuat sebuah jalur sepeda yang dapat menghasilkan energi listrik hingga 50 kWh per meter persegi per tahunnya.
Bagaimana ceritanya???
Mari kita simak bersama.
Sebuah institusi penelitian Belanda yang bernama TNO memiliki ide yang sangat brilian, untuk memanfaatkan jalanan yang ada di Belanda supaya dapat menghasilkan energi listrik dengan teknologi ramah lingkungan. TNO bekerja sama dengan Ooms AVernhorn Groep, Imtech dan pemerintah Provinsi Belanda Utara mewujudkan keajaiban tersebut, keajaiban yang diberi nama SolaRoad. SolaRoad adalah sebuah teknologi yang diciptakan untuk mengunci panas matahari dengan solar panel dibawah kaca tebal disebuah jalan dan mengubahnya menjadi energi listrik.
SolaRoad ini dibuat dari bahan dasar beton setebal 1.5 sampai 2.5 meter. Diatas beton tersebut, akan dipasang silikon Kristal sel surya setebal 1 cm (atau sekitar 4 inch). Diatasnya, kemudian dipasang permukaan kaca yang sangat kuat. Saking tebalnya kaca tersebut, gag akan pecah walaupun dilewati truk diatasnya. Tapi, ini kan pakai kaca? Bagaimana ketika musim salju atau hujan? Bukankah akan sangat licin? Jalanan biasa saja, bisa sangat licin apalagi jalan yang dilapisi kaca.
Tenang, pemerintah Belanda punya jawabannya. Wakil Gubernur Belanda Utara, Bart Heller mengatakan bahwa  permukaan jalan ini terbuat dari sejenis kaca yang tebal yang akan tahan terhadap cuaca buruk dan tidak licin.
Aduuuh, lega sekali dengernya.
Proyek ini telah dimulai sejak tahun 2011 kemarin dan akan diluncurkan pada tahun 2013 ini. SolaRoad ini diharapkan mampu menghasilkan energi listrik hingga 50 kWh per meter persegi per tahunnya. Dengan rata-rata kebutuhan listrik untuk rumah tangga di Belanda adalah sebesar 3.500 kWh pertahunny dan membutuhkan 70m2. Belanda mempunyai jalan aspal sepanjang 137.000 kilometer dan 15.000 kilometer untuk jalur sepeda dan banyak lagi yang masih dalam perencanaan. Dengan perkiraan rata-rata lebar 5 meter saja, maka akan menjadi 685.000.000 atau dapat mencukupi kebutuhan listrik untuk 10.000.000 rumah, sedangkan di Belanda sendiri hanya ada 7.500.000 rumah. Sisa-sisa kan tuh listriknya ..
  
Tapi tenang saja, sisa energi tersebut bukannya tidak berguna. Karena energi listrik tersebut juga akan dimanfaatkan untuk penerangan jalan dan lampu lalu lintas. Energi listrik yang dihasilkan oleh solaRoad ini akan didistribusikan dengan smart ICT applications saat terdapat banyak sinar matahari. Hebatnya, aplikasi ini juga akan tetap bekerja mengatur distribusi listrik pada saat mendung dan malam hari. Dan hebatnya lagi, proses ini sangat ramah lingkungan sehingga tidak akan memberikan dampak negatif terhadap lingkungan.
Mengubah panas matahari menjadi energi listrik memang bukan sesuatu yang baru, tetapi Belanda mempunyai caranya tersendiri yang unik dan brilian. Teknologi ini adalah yang pertama kali diterapkan di Eropa, dan bukan tidak mungkin akan diterapkan diseluruh dunia sebagai jawaban atas kelangkaan sumber energi yang saat ini mulai melanda dunia.
Referensi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s