KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#236 Sepak Bola Sebagai Kunci Pengakuan Dunia Terhadap Belanda

Leave a comment

Oleh M Ikhwan Putra

Sepak bola?  Yeah  Sepak bola,

Siapa yang tidak kenal dengan sepak bola, Olah raga yang di mainkan oleh dua kelompok dengan sebelas  pemain, yang  masing-masing  kelompok berjuang memasukan bola ke gawang  kelompok lawan. Olah raga ini sangat buming sekali, mulai dari anak-anak sampai orang tua pun mengetahuinya,tentunya anda sebagai pembaca pun tau, Apa itu sepak bola.

Dunia sudah tahu bahwa belanda termasuk Negara yang  paling berpengaruh di bidang sepak bola, Bisa kita lihat, belanda telah mencetak pemain caliber dunia Salah satunya Van persie,serta telah mengikuti berbagai laga bergengsi baik itu piala dunia maupun piala eropa ,yang mulai di ikuti belanda  pada tahun 1934 (piala dunia) dan 1976 (piala eropa) dan beberapa torehan prestasi pun telah di torehkan belanda baik itu dari segi lingkup eropa maupun Dunia. Bicara soal prestasi, belanda telah memenangkan piala eropa Tahun 1988 dan semifinalis piala dunia Tahun 1998.

Club-club belanda pun telah menoreh kan sejumlah prestasi di liga UEFA champion yaitu Ajax Amsterdam juara 4 kali pada tahun (1970,1971,1972,1994) dan feyenord 1 kali  pada tahun (1969), Ajax Amsterdam (Amsterdam 73) pun pernah di nobatkan sebagai club terbaik dan mendapatkan penghargaan pelatih terbaik sepanjang masa

Pelatih bertangan dingin yang di nobat kan sebagai pelatih terbaik sepanjang masa yaitu Rinus michels dengan strategi ciptaannya total foot ball.

Bicara Akademi sepak bola Belanda yaitu De Toekomst, milik club sepak bola Ajax Amsterdam akademi ini telah melahirkan pemain-pemain caliber dunia sebut saja, ,Marco van Basten, Arjen Rooben, Clarence Seedorf, Wesley Sneijder, Dennis Bergkamp, Edgar Davids, Johan Cruyff, Zlatan Ibrahimovic (warga swedia)  yang telah bermain di liga elite eropa,

De Toekomst sudah terkenal sejak 1960-an dan terus konsisten melahirkan pemain kaliber dunia sampai sekarang. Tidak bisa dipungkiri  bahwa De Toekomst merupakan barometer akademi sepakbola dunia. Bahkan salah satu sekolah sepakbola terkenal yang ada di Indonesia pun belajar dari  De Toekomst, yaitu SSB Saint Primayang.

Bukti dari pengakuan dunia terhadap belanda bisa dilihat dari banyaknya pemain belanda yang bermain  di liga Elite eropa, sebut saja dari beberapa pemain kelas dunia di atas bermain di Manchester united, juventus dan Bayern munchen dan team-team besar lainnya, serta adanya sebuah pepatah, yang muncul dari orang-orang eropa yang di karenakan akademi ajax yaitu De Toekomst, Jika anda ingin menjadi pemain sepakbola yang hebat, maka datanglah ke negeri Belanda, ini bisa di buktikan dari Negara-negara penggiat sepakbola banyak menirukan tekhnik permainan belanda contoh nya saja barcelona menirukan tekhnik total football yaitu kerjasama satu-dua antar pemain atau yang akrab dikenal dengan “Tiki-Taka”. formasi yang melekat  dengan 4-4-2 menyerang dan bertahan dimana pun posisi berada, tekhnik ini ialah tekhnik yang di peruntungkan kepada pemain yang memiliki stamina yang kuat. Dikarenakan tekhnik ini digunakan dalam semua tekanan  saat pemain berada di lapangan, menyerang dan bertahan itu lah kuncinya.

Kabar dimana  Belanda akan mendatangi Indonesia pada 7 juni 2013 mendatang dengan tujuan Tak hanya ingin beruji coba tapi belanda juga ingin menularkan filosofi sepakbola ‘Negeri Kincir Angin’. Dari kabar tersebut bisa kita Lihat bahwa dunia telah mengakui Keberadaan belanda  dalam sepak bola.

Referensi

http://id.wikipedia.org/wiki/Liga_Champions_UEFA
http://en.wikipedia.org/wiki/UEFA_Champions_League
http://en.wikipedia.org/wiki/Feyenoord
http://id.wikipedia.org/wiki/Tim_nasional_sepak_bola_Belanda
http://id.wikipedia.org/wiki/Ajax_Amsterdam
http://www.tribunnews.com/2013/04/22/timnas-belanda-akan-ajarkan-indonesia-cara-bermain-bola
http://leftwingsoccer.com/bio-rinus-michels/
http://www.ajax.nl/De-Toekomst/Sportcomplex/Over-het-jeugdcomplex.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Total_Football
http://equaliserblog.wordpress.com/2010/10/15/3-michels/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s