KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#235 Bangunan, Tanaman, atau Lukisan?

Leave a comment

Oleh M Ikhwan Putra

Apa yang ada di fikiran anda ketika melihat  judul di atas? Hmm, tentunya ada pertanyaan di Kepala anda bukan? Belanda memang memiliki ciri  desain arsitektur yang khas dan elegan, selain itu, konstruksi bangunan belanda pun juga sangat kokoh, Gaya desain arsitektur exterior dan interior Belanda, didominasi  gaya neo-klasik, yakni gaya yang berorientasi pada gaya arsitektur klasik Yunani dan Romawi,

Jika di amati, bentuk tata desain arsitektur bangunan dan bentuk penataan Tanaman, dari negeri kincir angin ini, bak hal seperti lukisan, Pernahkah anda berfikir seperti itu? para arsitek dari negeri kincir angin ini, bak dewa yang melukis di atas Bumi dengan pattern,desain yang khas,tanpa memiliki kekurangan sedikit pun. penampakan negeri kincir angin ini bak seperti lukisan, why? dikarenakan keunikannya yang menjadi perbincangan dunia. lihat saja pada foto tanaman serta bangunan di salah satu kota belanda ini dengan tata desain dan penempatan yang sangat berkelas membuat  tanaman dan bangunan ini terlihat seperti lukisan nyata’’ This photo is not painting’’

amazing bukan? Dan Lihat lah air di bawah jembatan pada photo di atas WOW!!!, Apabila kita melihat  diberbagai media Dunia yang menyediakan informasi mengenai Desain arsitektur, seperti majalah, buku, dll, akan sering kita jumpai bahwa kebanyakan dari media tersebut membahas mengenai arsitektur di Belanda, yang Seakan-akan telah ada anggapan bahwa  arsitektur Belanda telah dapat menjawab permasalahan arsitektur pada tingkatan lokal maupun global.

Bentuk desain bangunan dan penataan tanaman di belanda, memang terlihat  unik, sehingga muncul suatu ekspetasi mengira hal tersebut seperti lukisan, hal itu bisa di lihat dari penampakan seperti di foto, bahkan di kenyataan pun kita bisa merasakannya, mulai dari bentuk desain,pattern khas, yang mempunyai  unsur seni yang sangat tinggi (higth quality art), menjadikan bangunan dan tanaman ini sebagai sesuatu hal yang tak bisa hanya sekedar dilihat saja, melainkan  Sebagai hal yang membuat orang-orang bertanya-tanya tentang keindahan dari Bangunan dan tanaman yang berbentuk lukisan nyata ini, serta membuat orang  berfikir  dari mana datangnya inovasi- inovasi tersebut sehingga belanda mampu menciptakan sesuatu hal yang indah dan terlihat sangat sempurna.

Keunikan dan Keindahan negeri kincir angin ini memang tiada Dua nya,  seolah olah  negeri kincir angin ini terlahir sebagai Surga dunia, semua itu tak lepas dari tangan dingin para arsitek belanda yang membuat semua itu terlihat unik dan mengagumkan yaitu Albert Aalbers, hendrick lucaaz caedel, Herman Thomas karsten, Herman Hertzberger ,Henry Maclaine pont,Charles prosper wolff schoemaker, Neo-Gothik, Cuypers, Art Nouveau,Willem Kromhout, serta The  Empire Style yang dipopulerkan Daendels pada abad 19 yaitu penggabungan gaya eropa dan tradisi Indonesia.

Inovasi yang mereka lakukan memang sangat luar biasa, dimana dengan inovasi tersebut membuat Belanda menjadi lirikan dan pengakuan dunia salah satu contoh arsitek belanda yang menjadi pengakuan dunia yaitu Herman Hertzberger dianugrahi Royal Gold Medal, yang telah mengubah cara pandang orang tentang bangunan, baik sang arsitek maupun pengguna. Konsep yang di gunakannya ialah konsep ruang dan bentuk.

Itu lah Belanda, Negara yang kaya dengan inovasi,negara yang kaya dengan kreativitas, dan Negara  yang memiliki usaha dalam melakukan hal yang impossible menjadi possible, itu lah belanda Negara Hebat dengan sejuta pesona.

Referensi

Arsitekrut Belanda dan Tanaman Belanda, News Arsitektur Belanda

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s