KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#233 Climbers, Campers and Quitters

2 Comments

Oleh Shanti Yanuarini

Ada tiga jenis manusia di dunia ini yang pertama disebut quitter, yang kedua disebut campers dan yang ketiga disebut climbers. Ketiga jenis itu dapat digambarkan secara lebih jelas dari cerita berikut :

Ada 3 anak yang diminta oleh ibu masing-masing untuk membeli minyak goreng. Di perjalanan, anak tersebut jatuh dan menumpahkan minyak mereka sehingga tinggal separuh.

Anak pertama datang pada ibunya dan melapor “Ibu, aku tadi terjatuh dan menumpahkan minyaknya separuh sehingga hampir habis, maafkan aku ibu” (quitter)

Anak kedua melapor pada ibunya dan berkata “Ibu aku tadi menumpahkan minyak tetapi masih ada separuh kok ibu” (campers)

Anak ketiga melapor pada ibunya dan berkata “Ibu, aku tadi menumpahkan minyak dan masih ada separuh. Sekarang aku akan mencari cara agar aku dapat mengembalikan minyak yang tadi terjatuh.” (climbers)

Tiga jenis itu ada pada diri masing-masing orang. Demikian pula dengan penduduk Belanda. Lalu apa yang membedakan mereka dengan kita? Mengapa mereka mampu menjadi negara yang maju dibandingkan dengan kita?

Itu tak lain karena hampir sebagian besar dari penduduk Belanda adalah seorang climbers. Tidak percaya? Coba kita lihat catatan sejarah warga Belanda. Jika kita searching info mengenai Belanda, kita akan tahu bahwa negeri ini kecil serta memiliki daratan yang lebih rendah daripada lautan. Seorang quitter akan berpikir “Okehlah… negaraku sudah seperti ini, aku tidak akan bisa berbuat apa-apa lagi”. Seorang campers memiliki pemikiran seperti ini “Daratan negeriku lebih rendah dari laut tapi aku cukup puas dengan keadaanku saat ini”. Namun untungnya negeri ini terdiri dari banyak climbers-climbers yang berpikiran bahwa “Kita membutuhkan sesuatu yang dapat memompa air dan mengeringkan daratan kita”.

Warga Belanda tidak berhenti untuk mencipta karena mereka bukan seorang yang mudah menyerah maupun orang yang cukup puas dengan keadaan diri mereka. Dapat kita lihat daftar penemuan-penemuan yang dipioneerkan oleh warga Belanda. Sebut saja Mercator Projection yang dibuat oleh Gerardus Mercator pada tahun 1569, selain itu atlas pertama di dunia diciptakan tahun 1564 oleh Abraham Ortelius.

Masih ingat dengan VOC alias perusahaan dagang milik Belanda? VOC ini adalah usaha multinasional pertama yang ada di dunia yang berdiri pada tahun 1602. VOC yang didirikan  oleh Cornelis de Houtman dan Jan Huyghenvan van Linschoten ini melihat adanya peluang untuk berdagang rempah-rempah di Indonesia dan menghasilkan keuntungan yang besar.

Dalam bidang kimia, kita juga dapat mencatat penemuan skala Fahrenheit oleh Daniel Gabriel Fahrenheit di tahun 1724. Selain itu ada juga penemuan mikroskop, ECG dan banyak penemuan lain yang dipioneerkan oleh warga Belanda. Dan inovasi terbarunya adalah membuat desain jalan yang aman untuk pengendara sepeda. Idenya adalah membuat penghangat jalan agar es cepat meleleh di musim salju, dan membuat jalan yang mengeluarkan cahaya (glow in the dark), karena pemerintah disana mematikan lampu jalan di waktu malam. Dengan adanya jalan yang glow in the dark maka pengendara tetap dapat melakukan perjalanan dengan aman.

Penemuan-penemuan itu hanyalah beberapa jenis dari banyaknya penemuan yang diciptakan oleh bangsa Belanda. Semangat, kerja keras, pantang menyerah dan selalu ingin maju, itulah yang menyebabkan negara ini maju.

 “To be a pioneer.. then you should be a climber” ~Shanti~

Referensi

http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Dutch_inventions_and_discoveries
http://www.bbc.co.uk/news/world-europe-20942340
http://www.youtube.com/watch?v=hobgiTPZ4TU

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

2 thoughts on “#233 Climbers, Campers and Quitters

  1. Pingback: Finalis Kompetiblog 2013 | KOMPETIBLOG 2013

  2. saya suka kisahnya😀
    unik, dan inspiratif, good luck

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s