KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#232 Kecil Tapi Besar

Leave a comment

Oleh Shanti Yanuarini

Berawal dari seorang pembuat kacamata…

Belanda tahun 1590 : Meneer Hans Janssen dan Zacharias Janssen yang adalah pembuat kacamata, menemukan beberapa lensa dapat menjadikan benda terlihat jadi lebih besar dari aslinya. Penemuan Jansen berupa lensa tunggal dengan 9 kali perbesaran mikroskop optic. Ide ini muncul karena ia ingin membantu orang yang memiliki masalah penglihatan serius.

Antonie van Leeuwenhoek.

Dimulai dari kisah magang di sebuah toko dimana ia harus menggunakan kaca  pembesar untuk menghitung jumlah benang dalam kain, pada akhirnya hal inilah yang memicu ide untuk membuat sebuah alat yang akhirnya kita sebut sebagai mikroskop. Meneer Antonie van Leeunwenhoek namanya. Meneer Antonie  belajar untuk menggiling dan menggosok lensa kecil yang merupakan pengembangan dari lensa yang dibuat oleh Janssen. Alat yang dibuatnya mampu perbesaran hingga 270 diameter. Dengan kemampuan alat ini, pada akhirnya memungkinkannya untuk melihat benda-benda yang tak tampak oleh mata telanjang.

Meneer Antonie melakukan studi mandiri dan menjadi pelopor untuk meneliti berbagai jenis benda-benda kecil yang terdapat di air sungai, air hujan, bahkan di feses sekalipun.

Setiap hasil penelitiannya pada akhirnya dikirimkan ke Royal Society di London. Meneer Antonie, mendapat penghormatan dari Royal Society London karena penelitian-penelitian yang dilakukannya merupakah satu langkah maju dalam dunia biologi. Dapat dikatakan bahwa dialah orang pertama yang melihat dan menggambarkan berbagai bakteri, ragi tanaman, berbagai jenis kehidupan dalam sebuah tetesan air, serta sirkulasi darah dalam kapiler. Oleh karena itu tak salah jika dia disebut sebagai bapak pelopor ilmu mikrobiologi.

Yang menarik dari kisah hidup Antonie adalah fakta bahwa ia bukanlah orang yang menempuh pendidikan khusus di bidang Biologi. Ketertarikannya di bidang ini semata karena rasa ingintahunya terhadap benda yang teramat kecil itu. Sebagai informasi tambahan, satu-satunya bahasa yang dikuasainya hanyalah bahasa Belanda.

Salah satu kutipan yang terkenal yang diucapkan oleh meneer Antonie :

“…my work, which I’ve done for a long time, was not pursued in order to gain the praise I now enjoy, but chiefly from a craving after knowledge, which I notice resides in me more than in most other men. And therewithal, whenever I found out anything remarkable, I have thought it my duty to put down my discovery on paper, so that all ingenious people might be informed thereof.”

Antony van Leeuwenhoek. Letter of June 12, 1716

Demi kemajuan ilmu pengetahuan. Ia melakukan banyak sekali penelitian. Bahkan di saat saat terakhirnya sekalipun, ia masih saja menuliskan hasil penelitiannya. Apa yang dilakukannya itu besar sekali manfaatnya bagi banyak orang. Meneer Antonie ini memiliki banyak factor yang membuat ia dihormati oleh banyak orang. Selain karena kepandaian dan kreativitas, ada factor lain yang juga tidak kalah pentingnya. Factor itulah yang disebut kemauan. Kemauan memacu kita untuk dapat melakukan perubahan. Seperti kata Meneer Baruch Spinoza, salah seorang filsuf Belanda yang sejaman dengan meneer Antonie tadi “Desire is the very essence of man” (Baruch Spinoza). Jika kita mempunyai keinginan, pastilah ada jalan bagi kita.

“If you keep thinking about what you want to do or what you hope will happened, you don’t do it, and it wont happened” kutipan dari Desiderius Erasmus (1469-1536)

Referensi

http://www.ucmp.berkeley.edu/history/leeuwenhoek.html
http://thinkexist.com/quotes/top/nationality/dutch/3.html
http://inventors.about.com/od/mstartinventions/a/microscope.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Antonie_van_Leeuwenhoek
http://en.wikipedia.org/wiki/Zacharias_Janssen
http://www.quotesea.com/quotes/author-category/dutch-philosophers/2

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s