KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#231 Dr. Plesman Ciptakan The New Flying Dutchman

Leave a comment

Oleh Luthfi Ramadhani

Bagi anda penikmat film action Pirates of The Caribbeanpasti kenal dengan The Flying Dutchmandong, kapal laut terkutuknya Mr. Davy Jones. Menurut versi aslinyadiceritakan bahwa ada sebuah kapal yang dikapteni oleh seorang Belanda, Hendrick Vanderdecken, yang berlayar dari Amsterdam ke Batavia tahun 1680. Ketika di dalam perjalanan, kapal tersebut terkena badai yang ganas dan menyebabkan kapal beserta crew-nya tenggelam. Sang kapten yang sudah terlanjur bersumpah untuk menjaga kapal beserta crew, gagal memenuhi sumpahnya sehingga dia mendapat kutukan atas sumpahnya itu. Kapten Vanderdecken dikutuk untuk terus berlayar di dalam laut dengan kapalnya yang terkenal dengan sebutan, The Flying Dutchman.

Untitled

Tetapi seiring berjalannya waktu, pada awal abad 19 muncul The New Flying Dutchman bukan karena ditakdirkan untuk berlayar melainkan untuk terbang melintasi cakrawala dunia. The New Flying Dutchman ini lebih dikenal dengan panggilan KLM, pesawat terbang komersil asal Belanda. Sama seperti The Flying Dutchman yang lama, KLM mempunyai seorang captain yang berjasa dalam pembuatan dan pengembangannya, dan dia adalah Dr. Albert Plesman.

Pada tahun 1919, Dr. Albert Plesman, mendirikan maskapai penerbangan pertama di Belanda yang bernama Koninklijke Luchtvaart Maatschappij (Royal Dutch Airlines) atau lebih dikenal dengan sebutan KLM. Dr Plesman mulai berpikir kalau Belanda harus mempunyai maskapai penerbangan sendiri untuk berkembang. Satu tahun sebelum launching pertama KLM, Dr Plesman menarik simpati rakyat Belanda dengan mengadakan sebuah acara pameran pesawat terbang pertama di Amsterdam (ELTA, the First Air Traffic Exhibition). Para pengunjung yang berjumlah 4000 orang tidak hanya dapat melihat pesawat secara lebih dekat, namun juga berkesempatan menikmati joyflight dengan pesawat jenis Fokker. Pada akhirnya, antusiasme rakyat Belanda terhadap pesawat dijawab oleh Dr. Plesman dengan peresmian KLM dan dilanjutkan dengan first flight Amsterdam-London yang hanya membawa 2 awak pesawat dan 2 wartawan asal inggris.

Untitled1

Dalam pengembangannya, KLM banyak menghadapai masalah persaingan tidak sehat  dengan maskapai penerbangan negara lain. Mereka berkompetisi dengan berbagai negara seperti Inggris dengan British Airways-nya dan Perancis dengan Air France-nya. Sebelum tahun 1944, para pelaku industri penerbangan seluruh dunia, harus mengalami sulitnya proses perizinan terbang melintasi suatu negara. Mereka harus sudah mengantongi izin terlebih dahulu ketika melintasi wilayah suatu negara. Salah satu kejadian yang dialami oleh KLM adalah saat melakukan penerbangan dari Amsterdam ke Batavia pada tahun 1930. Mereka diharuskan untuk mengumpulkan 17 stampel izin dari negara-negara yang berada diantara rute Amsterdam-Batavia.

Sang Captain KLM, Dr Plesman pun tidak tinggal diam. Melalui Konvensi Chicago untuk anggotaInternational Civil Aviation Organization (ICAO), beliau menyampaikan aspirasinya bahwa persaingan antar maskapai harus secara sehat. ”Langit itu tiada batasnya, yang terbaik akan menang” kata Dr. Plesman. Beliau juga mengingatkan bahwa kebebasan di udara bukan merupakan ancaman tapi adalah kesempatan untuk berkembang. Setelah melalui perdebatan yang panjang dan sengit, akhirnya pada bulan Desember 1944, 52 negara menandatangani kesepakatan kebebasan penggunaan jalur udara.

Untitled2

Semenjak perjanjian tersebut, laju pertumbuhan pesawat komersil dunia sangat cepat. Dalam kurun waktu 15 tahun, jumlah penumpang pesawat mencapai 110 juta orang. Melihat peluang ini, Dr Plesman membuat sebuah konsep yang kreatif yaitu connecting international transport routes at its own home. Sebuah konsep yang bertujuan menghubungkan seluruh kota di dunia dengan Belanda sebagai pusatnya. Konsep ini berhasil diterapkan oleh KLM, terbukti dengan jumlah pesawat yang mencapai 114 buah, jarak tempuh terjauh mencapai 100 ribu mil dan sekitar 5 juta orang diketahui telah berpergian hampir ke seluruh kota di dunia dengan maskapai ini. Jaringan pelayanan juga terus tumbuh stabil selama 5 tahun terakhir dengan kisaran 900 sampai 1400 mil.

Untitled3

Sebuah kerja keras dari Dr. Albert Plesman akhirnya dapat bermanfaat bagi negaranya. Sudahkah anda memberi manfaat kepada negara anda?

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s