KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#223 All About Amsterdam

Leave a comment

Oleh Dini Nur Setyorini

Amsterdam. Siapa yang tak mengenal kota ini. Kota yang penuh dengan kenikmatan dunia yang seakan-akan kita benar-benar dimanja apabila sedang berkunjung ke kota ini. Mulai dari pemandangan alam yang bagus, bunga-bunga tulip yang bermekaran dengan indah, kincir angin yang dirancang dengan rapi, dan masih banyak lagi yang dapat kita nikmati di kota itu. Kita semua tahu bahwa Amsterdam merupakan ibukota Negara Belanda, yang dikenal sebagai Negara kincir angin. Selain terkenal dengan kincir anginnya, Belanda juga sangat terkenal dengan bunga tulipnya, keju edamnya, serta sepatu kayunya yang khas yang biasa kita sebut klompen.

klompen_original

Klompen merupakan sepatu kayu yang biasa dipakai ooeh penduduk Belanda pada zaman dulu. Saat ini klompen memang sudah jarang dipakai, dan fungsinya pun sekarang berubah menjadi souvenir para turis yang berkunjung ke Belanda. Dan proses pembuatannya pun dengan menggunakan sepotong kayu poplar yang kemudian dipahat menggunakan pisau pemotong kayu untuk membentuk bagian luarnya. Jika telah selesai, barulah dibentuk lubang dengan cara mencungkil bagian tengahnya untuk membuat bagian dalam sepatu. Pada zaman dulu pembuatan klompen ini dapat menghabiskan waktu sampai lima hari, namun jika menggunakan mesin pembuatan klompen hanya memakan waktu sekitar satu jam.

14.-Say-Cheese..-enak-juga-di-buat-Kaastengels

Dan hmm..coba bayangkan saja kita dapat menikmati keju sepuasnya lho jika berada di Amsterdam. Salah satu pabrik keju yang terkenal di Amsterdam adalah pabrik keju Volendam. Berbagai bentuk keju edam dapat kita jumpai di tempat ini. Dan bagi Anda pecinta keju, silahkan mampir ke sini dulu apabila sedang berkunjung ke kota Amsterdam.
Amsterdam terletak di provinsi Belanda bagian utara yang merupakan salah satu kota wisata yang sangat menarik ketika musim panas tiba. Kota ini juga merupakan kota terbesar di Belanda yang sangat majemuk karena telah dihuni oleh berbagai suku bangsa dari segala penjuru dunia. Pada awalnya Amsterdam hanya terkenal dengan wisata bagi orang dewasa di kawasan prostitusi, atau bisa dikatakan kota yang penuh dengan kebebasan bagi orang dewasa, seperti kedai kopi yang menjual ganja secara legal, serta pentas ekspresi segala seni. Kota yang juga mendapat julukan sebagai “the Venice of the North” juga banyak dilalui kanal-kanal (kali besar yang bisa dilalui perahu/kapal berukuran sedang), sehingga kita dapat menikmati suasana kota Amsterdam melalui kapal yang melintasi kanal tersebut. Kita juga masih bisa menikmati bangunan-bangunan kuno yang berumur ratusan tahun yang masih terawat bagus, museum-museum, rumah-rumah kapal yang indah di pinggir kanal, dan pemandangan lainnya. Ehm…menarik bukan?

amsterdam1
images

Menurut berita yang beredar, kanal-kanal di Amsterdam ini akan masuk sebagai daftar warisan dunia UNESCO pada Juli mendatang. Kishore Rao, wakil direktur pusat warisan dunia UNESCO di Paris mengatakan hal itu dalam penunjukkan resmi Lauy Wadden sebagai warisan dunia. Radio Nederland Wereldomproep (RND) melaporkan sejak tahun 2006 Amsterdam telah berusaha mempromosikan jantung kota yang bercorak abad ke 17 ini sebagai warisan dunia. Dan menariknya lagi lokasi yang tercantum dalam daftar warisan dunia bisa memperoleh dana dari UNESCO untuk pemeliharaan atau perbaikan kerusakan disebabkan alam atau manusia. Wah…fantastis bukan? Amsterdam is really good city.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s